Aku sibuk membuka kolom lowongan di sebuah koran ternama di Indonesia, mencari satu persatu pekerjaan yang sekiranya cocok dengan background pendidikan saat di bangku kuliah. Akuntansi.Tak hanya koran, di internetpun kujabani. Pokoknya dimana ada lowongan pekerjaan, disitu ada aku. Bukan karna apa-apa, sampai hari ini genap lima bulan semenjak resmi menyandang gelar sarjana ekonomi, namun statusku masih saja jadi pengangguran.
Ternyata susah banget ya cari kerjaan!
By the way, let me introduce my self. Namaku adalah Galexia Andromeda. Cukup unik memang, itu karna Papaku adalah seseorang yang sangat mengagumi dunia antariksa. Bahkan beliau dulu sangat bercita-cita menjadi seorang astronom, tapi karna terbentur ekonomi ketika masih muda jadi beliau hanya bisa mentok jadi pengusaha bebek goreng. Well, sekarang sih usaha bebek gorengnya bisa dibilang sukses dan punya lebih dari tiga puluh cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, bahkan sebentar lagi akan ekspansi ke negara tetangga.
Rasanya cukup sekian penjelasan singkat mengenai profilku.
Masih sibuk memelototi deretan huruf-huruf kecil yang terpampang di koran, ponselku berbunyi nyaring.
"Yowww..."
"Woi, Xia. Lagi dimana lo?" tanya suara di seberang yang tak lain dan tak bukan adalah sahabatku senasib sepenanggungan. Lala Alamanda.
"Biasa. Dimana lagi kalo bukan di rumah, melototin lowongan sampe mabok." jawabku malas.
"Eh, udah tau belom, si Donna yang terkenal lemot itu? Doi udah kerja loh sekarang, gue liat dia posting kayak lagi di kantor gitu. Anjirrrr, kok kita bisa kesalip sih sama yang lemot begitu?!" jelas Lala panjang kali lebar penuh berapi-api.
"Seriusan? Aduh makin ngenes aja nasib gue. Kok dia bisa sih dapet kerjaan? Perusahaan mana yang bego mau terima doi?"
"Kayaknya perusahaan ecek-ecek deh, kalo perusahaan bagus mah udah mental pasti."
"Tapi at least dia udah lepas dari status pengangguran kan." jawabku mendesah lesu.
"Eh, lo kenapa nggak kerja di perusahaan bokap lo aja sih? Lumayan kan bantu-bantu di warung bebek. Wkwkwkwkk..."
"Sialan warung bebek, restoran woi!" teriakku. "Lagian nggak ah, gue pengen dapet kerjaan dengan hasil usaha gue sendiri bukan nebeng usaha bokap."
"Bagus sih prinsip lo, tapi kalo gue jadi lo ya daripada gue nganggur mendingan gue bantuin usaha bokap dulu sementara."
"Gue nggak punya jiwa bisnis, tjoy! Gue itu cocoknya jadi wanita kantoran."
"Emang lo nya aja yang nggak mau keliatan jadi pelayan kan. Malu kalo ketauan temen-temen."
Emang dasar nih si Lala tebakannya bener mulu, jujur saja aku sudah sering disuruh Mama untuk ikut bantu-bantu usaha Papa, tapi ya itu, jadi pelayan.
Lah mau ditaruh dimana muka gue kalo ketemu temen-temen kampus? Bukannya kerja kantoran eh malah mentok jadi pelayan restoran. Pasti diketawain lah gue. Fiuh!
"Hello, lo masih disitu kan, Xi? Ngapain lo, pasti lagi ngelamun ye?" suara Lala memanggil-manggil.
"Ah, apaan? Kagak! Eh, udah dulu ye, gue dipanggil nyokap nih." Aku langsung mematikan sambungan telpon yang pasti dalam beberapa detik kemudian langsung disemprot Lala di chat.
Tringgg! Bunyi pesan masuk.
Lala Alay : Kampret! Maen mati-matiin telpon aja lo! 👊🏼
KAMU SEDANG MEMBACA
INTERVIEW (END) - revised
Chick-LitBagi sebagian orang, mungkin proses interview melamar pekerjaan merupakan sesuatu yang menyenangkan. Tapi tidak bagiku, aku yang kadar paniknya suka melebihi rata-rata, menganggap interview adalah sebuah momok yang menakutkan. Bagaimana kita berinte...