32. Berbagi Pengalaman

20 0 0
                                    

"Lo pada lagi nungguin gue ya? Biasa aja dong ngeliatnya jangan nafsuan gitu."

"Au ah bang. Udah segala tap an kayak lagi main petak umpet. Ditungguin malah ngejek sekarang." Ryan berkata sambil memainkan batangnya. Maksudnya batang rokok.

"Sensi amat Yan. Lu gak lagi kedatengan tamu bulanan kan. Gue curiga juga duduk lu gelisah daritadi."

"Tae lah. Aku gelisah nahan boker, lagi dipendem ini biar jangan keluar dulu."

"Orang mah mendem emas, lu malah mendem tae Yan."

"Sesukaku bang. Nanggung ninggalin obrolan lagi seru."

"Udah bang terusin yang tadi. Ditungguin ini. Biarin aja Ryan, paling juga udah cepirit dia."
Potong Rangga menyela pembicaraan kami.

"Anjrit kau Ngga. Kalau sampe ni tae keluar, kau orang pertama yang kukasih."

"Haha.. Udah udah. Jadi gini Ngga sebenernya jurusan T.i yang mana aja gajinya gede. Ya tergantung skill lu, semakin bagus skill semakin gede gaji. Sama juga sih kayak kerjaan lainnya, gak ada skill ya gak guna."

"Ooh.. Terus yang bagus yang mana bang?"
Sambil manggut-manggut dia kembali mengisap rokoknya.

"Ya tergantung lu juga maunya dimana. Kalo desain grafis lu harus kreatif dan pinter gambar. Kalo jaringan, lu kerja di lapangan, ngurusin jaringan, contohnya kayak jaringan Wifii atau jaringan di tower gitu. Jurusan program, ya lu kerja di dalem ruangan, tapi siap-siap stres diem aja sambil melototin komputer terus."

"Ooh gitu. Berarti kerjaan lu bang bikin program diem terus di kantor?"

"Gue kerja bagian Jaringan Ngga. Gak betah gue bikin program, kerja diem aja di kantor gitu."

"Kerjaannya gimana aja bang?"

"Gue dulu ngurus jaringan 4G. Tapi bukan bagian pemasangan. Gue engineer lebih ke config, kayak bikin program, tapi lebih simple. Dan menurut gue enaknya jaringan bisa kerja sambil jalan-jalan. Cocok ama hobi travelling gue."

Rangga terlihat berpikir sambil melihatku dan termanggut-manggut. Manggut-manggut terus mirip boneka di dashboard mobil. Coba ada yang jual boneka gitu pake muka Rangga, pasti gue beli. Buat nakutin kecoa di camp.

Lalu Rangga kembali berkata.
"Boleh juga ya. Emang dah jalan kemana aja bang?"

"Mm.. Jabodetabek udah. Terus Batam, di Medan ama Jambi sebentar, terakhir Kalimantan Timur, sampe ke Pulau Tarakan. Anjrit tuh di Tarakan, kekurangan air mandi ampe pake air galon haha..."

"Anjrit mandi aja air galon. Banyak juga ya daerah kerja lu bang. Boleh kayaknya nih jaringan."

"Tuh gue bilang apa Ngga, keliatan muda tapi banyak pengalaman."
Sambil menghembuskan asap rokoknya, Ryan ikut berbicara.

"Tapi gak enaknya Jaringan itu lebih capek. Kerja gak kenal waktu, sering dari pagi ketemu pagi. Muter sana sini. Pas liburan masih kerja. Belum lagi ngadepin ormas atau preman kampung yang minta duit keamanan,  sok-sok an jaga tower katanya. Padahal kalo ada yang ilang malah kabur. Pernah loh ampe ada yang dibunuh ama ormas karna gak ngasih duit keamanan."

Rangga terlihat mengernyitkan dahinya sambil kembali menghisap rokok Ryan.
"Ih ngeri juga ya. Jadi di antara jurusan itu yang kerjanya enak yang mana bang?"

"Kerja gak ada yang enak Ngga. Kalo mau enak gak usah kerja, tidur seharian."

"Setuju aku bang." Tambah Ryan.

"Haha.. Ya yang lebih enak dari yang gak enak bang?"

"Tergantung lu sukanya gimana. Kerja di kantor apa di lapangan. Ada enaknya dan gak enaknya masing-masing. Menurut gue kerjaan enak, belum tentu menurut lu enak."

Behel Woman, Beauty SmileTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang