24. Obrolan Dini Hari (Part III)

14 0 0
                                    

Aku menghela napas sebentar, lalu bertanya kepada Mbak Lin.
"Emangnya apa yang lu tau tentang sakit itu?"

"Semuanya."
Mbak Lin menjawab dengan cepat.

"Iya apa?"

"Ya semua, mulai dari bohong lu apa, gimana lu ngelakuinnya, dan alesan kenapa lu berbohong. Lu ngebuka tentang kenyataan kalo lu sakit. Tapi lu buat seolah-olah itu bohong hingga akhirnya mereka percaya kalo itu bohong dan ninggalin lu."

"Bisa gitu ya? Gimana caranya?"

"Lu share tentang sakit lu, tentang perawatan lu, tentang lu yang bolak-balik ke rumah sakit secara terang-terangan. Lu bagikan, lu upload ke Facebook, Line, WhatsApp, Twitter, ke semua social media yang lu punya."

"Dih ngapain juga gue ngelakuin itu?"

"Lu lakuin karna lu tau dengan begitu semua orang yang kenal lu bakal bertanya-tanya apa sakit lu itu benar? Dan bukan percaya tapi mereka malah semakin ragu."

"Oh...."
Jawabku singkat. Lalu kudengarkan kembali penjelasan panjangnya. Sangat panjang.

"Lalu lu ngasih tau kalo lu sedang dirawat. Lu share foto atau yang lainnya kalo lu dirawat. Orang-orang yang gak percaya pasti datang ke rumah lu dulu untuk mastiin bener gaknya. Pas mereka dateng, lu ada di rumah dalam keadaan biasa aja ga keliatan sakit. Mereka tentu langsung ga percaya dan marah pada lu, lalu ninggalin lu. Karna mereka nyangkanya telah dibohongi."

Aku terheran bagaimana bisa Mbak Lin berkata seperti itu. Darimana dia bisa ngomong seperti itu.
"Oy mbak lu terlalu lebay. Gimana mungkin gue ngelakuin itu. Lu mah ngarang aja. Kebanyakan nonton drama."

"Ngarang lu bilang hah!! Lu tau gue samperin mereka semua. Awalnya gue marah gimana bisa mereka ninggalin lu saat lu sakit. Gue minta penjelasan mereka. Gue denger cerita mereka semua. Dan akhirnya gue ngerti!!"

Terdengar suaranya mulai meninggi. Apa dia marah? Cuma hal kecil begini tak perlu marah kan.

"Ngerti?"
Aku menanyakan apa maksudnya.

"Ngerti apa yang dah lu lakuin Ham. Setelah denger cerita mereka, gue cari tau semua. Mulai dari kapan pertama kali lu dirawat, kabar dirawat yang lu share, gue cocokin dengan cerita mereka. Dan ya gue tau!!"

"Tau?"

"Kalo kabar tentang sakit yang lu kasih tau ke mereka itu kabar beberapa hari sebelumnya. Jadi lu share kabar saat lu sakit, lu share belakangan. Lu share pas lu dah di rumah, pas lu dah gak dirawat lagi."

Jawabnya panjang lalu terdiam sebentar. Sepertinya dia sedang mengatur emosinya. Beberapa detik kemudian dia melanjutkan kembali penjelasannya.

"Jelas aja pas mereka ke rumah lu, mereka nemu lu lagi baik-baik aja. Mereka ga pernah tau kalo sebelumnya lu dirawat, lu berjuang ngelawan sakit. Lu nutupin sakit lu. Lu ngebuat kenyataan kalo lu sakit dan dirawat itu jadi kebohongan!"

Mbak Lin terdengar semakin marah.

"Padahal sakit lu itu asli. Cuma dengan ngubah waktu, lu ngebuat kenyataan yang asli jadi kebohongan. Itu kan yang lu lakuin?!"

Aku diam sambil mencoba mengerti semua ucapannya.

"Oy bener kan?!"
Dia mempertegas kembali pertanyaannya.

Aku masih diam sambil membayangkan saat-saat itu kembali.

"OY ANJING CEPET JAWAB JANGAN DIEM AJA!! MULUT LU TIBA-TIBA ILANG APA!!"
Dia sudah tak bisa menahan lagi emosinya. Aku tersadar dari lamunanku karna suara tinggi dari Mbak Lin. Marahnya lebih seram dari lelaki.

"Oy biasa aja ga usah ngegas. Kalo bener emang nya kenapa hah?" Kataku coba menenangkan dia.

Tapi tampaknya itu tak berhasil.

"KALO BENER? UDAH PASTI BENER. MASIH GA MAU NGAKU LU NJING!!"

Aku diam sebentar lalu menjawab pertanyaannya.
"Heh mbak biasa aja! Kalo lu masih ngomel terus mending tutup aja telponnya. Gue ga mau denger bacotan anjing dari mulut lu!!"

Aku menjadi sedikit marah. Dan suasana pun menjadi diam sesaat.

Dia mulai bersuara kembali.
"Tutup?! Lu mau kabur? Kenapa lu ga mau ngaku juga? Pengecut!!"

Suaranya merendah. Terdengar ada sedikit isak tangis di sana.

Aku menghela napas sambil memikirkan semua yang sudah terjadi.
"Iya gue pengecut."

"Pengecut!! Dasar pengecut."

"Iya pengecut iya."

"Mau sampe kapan lu jadi pengecut. Lari dari orang lain. Bawa masalah lu sendirian. Ga ngasih tau ke siapapun."

Semakin terdengar suara isak tangisnya. Apa dia benar-benar menangis. Tadi marah, sekarang nangis, mau nya apa?

Lalu dia melanjutkan kembali.
"Bahkan keluarga pun gak lu kasih tau. Ke gue juga. Apa gue bukan keluarga lu? Apa gue bukan orang baik?"

"Lu baik mbak. Lu bahkan lebih baik dari keluarga asli gue."

"Lalu kenapa?! Kenapa lu gak mau cerita ke gue?! Kenapa lu gak mau ngaku juga ke gue?!"

"..........."
Aku diam tak tau harus menjawab apa. Aku perlu berpikir sebentar.

"Kenapa Ham? Kenapa?"
Dia terus saja bertanya. Semakin terdengar keras suara isak tangisnya.

Aku menghela napas untuk kesekian kalinya. Aku tidak kuat mendengar suara tangis seseorang, apa lagi wanita, terlebih karna ku. Aku gagal menjadi lelaki karena membuat seorang wanita menangis. Dan wanita itu lebih baik dari keluargaku, Mbak Lin.

"Iya iya gue ngaku. Itu bener. Udah lah jangan nangis. Ga perlu ditangisi juga kan."

"Gak perlu lu bilang...."

"Ya bener kan. Toh karna kebohongan itu ga ada yang dirugikan. Gue juga udah ga dirawat lagi. Mereka juga ga perlu susah-susah jenguk gue. Ga perlu buang waktu, buang tenaga, ataupun buang uang kan."

"Dasar bodoh. Bego. Apa lu pikir semua orang seperti itu?"

"Ya."

"Kenapa?"

"Entahlah."

"Entahlah? Lu susah payah ngelakuin itu semua tapi lu masih jawab entahlah? Apa lu masih mau bohong? Lu pasti punya alesannya kan."

Aku tersenyum mendengar ucapannya. Mbak Lin masih seperti biasanya. Orang yang banyak ikut campur dengan masalahku. Aku pun hanya bisa pasrah.
"Dasar sial... Gue ga bisa nutupin apapun dari lu mbak."

"Tentu aja. Gue lebih pintar dari lu. Dah buruan jawab."
Kembali dia memaksa. Suaranya sudah terdengar kembali seperti biasa. Tidak menangis, tidak marah.

"Bukannya lu dah tau jawabannya?!"
Aku masih berkeras tak ingin menjawab.

"Gue mau denger dari lu langsung!!"
Dan dia masih berkeras ingin mendengar langsung dariku.

Aku hanya tersenyum mendengar nya. Dasar curang. Kalau sudah tau buat apa lagi nanya. Sampai dia marah, lalu nangis, lalu lembut lagi. Aku benar-benar tak mengerti.

Baiklah akan ku ceritakan alasanku.
Kenapa aku melakukan itu.

Ya mau gak mau kuceritakan juga. Dasar sial....

Sepertinya kesialan mulai mendatangiku kembali....

Behel Woman, Beauty SmileTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang