Sore itu di puncak Arupadatu Borobudur gerimis mulai reda. Sinta tampak anggun memakai rok satin dan T-Shirt putih. Tanpa telepon-teleponan lebih dulu. Tanpa SMS-an, dan watsap-an lebih dulu. Tahu-tahu ketemu. Tahu-tahu kenalan. Tahu-tahu Rahwana sudah relaks ngobrol panjang lebar dengan Sinta.
Sementara itu, pegunungan tengah Pulau Jawa -jalur darat trans-kesultanan tanah jawa mulai dari Demak sampai Banten- menyembunyikan kisah lain. Saat malam mulai menyelimuti jalur Dieng-Paninggaran hujan sudah rampung mereda. Bau humus tanah tercium dan hewan malam mulai bersimponi.
"Kamu masih ingat kan apa yang kamu sampaikan pada sebuah malam di pinggir tebing di bawah guyuran bintang itu? Mungkin kau lupa; saat itu kamu cuma menanyakan hal kalut hatimu. Sementara teman-teman tak memahami persoalanmu dengan baik. Bahkan, aku yang cuma cengengesan di pinggir tebing terjatuh ke jurang. Kamu tak salah, teman-teman juga, hanya saja malam memang seperti itu. Gelap dan menyimpan banyak misteri."
Saat semua terdiam, diam-diam aku dibawa moksa gelembung Rahwana setelah sesorean beliaunya di Borobudur untuk mengunjungi Majnun yang katanya mau sowan ke ndalem Imam Bilfaqih. Sekelebatan saja, ujug-ujug sampai di Yaman negeri moyangnya Bib Ismail Fajri yang nyarahi kitab Al-Rashafat Imam 'Abd al-Rahman bin Abdallah Bilfaqih Ba 'Alawi.
Sesudah haha hihi kita berdua ditemani Majnun jalan jongkok memasuki ndalem. Ketika sudah salim dan duduk seperti tasyahud dengan tangan kanan seolah-olah menyangga badan serta kepala yang tertunduk, Imam Abdurrahman mung ngasih beberapa bait syair menasehati;
"Wahai malam, di antara mereka di atas bukit.
Menyenangkan hati meski tanpa kawan dan penjaga.
Mereka peroleh dambaan dari hadirat Sang Kekasih,
Nikmat kedekatan dan perhimpunan". (Al-Rashafat, 31)Syair itu menjadi penutup perjumpaan dengan Sang Imam, wong sekelebatan saja ujug-ujug Majnun sudah gila lagi di depan gerbang rumah Layla.
...
#romancuk#ramayana#rahvayana#11
KAMU SEDANG MEMBACA
Kitab Romancuk
Fanfictionkalian pernah mencintai seseorang? Bagaimana kisahnya? Kalau Rahwana yang pernah kutemui, ketika jatuh cinta ia begitu kasmaran. bagi kisahmu ya, di kolom komentar siapa tahu kita berjodoh. ... Superb Rahwanaku