Kau tahu, jika Wiranggaleng memiliki Idayu? Dan mereka pernah bersama-sama nyantri pada Rama Cluring di Sumber Raja. Beliau seorang tokoh intelektual-religius Kadipaten Tuban yang menjelma menjadi pembaharu. Pewarta ajaran Sang Budha ini pernah nyabdo,"Berbahagialah kau yang bisa bersakit hati, pertanda masih ada hati, dan ada cinta di dalamnya. Tapi macam cinta apa kau kandung dalam hatimu? Cinta pada kebebalan adalah juga kebebalan."
Jangan dulu salah paham. Aku tidak memintamu membuat epos semegah Arus Balik. Begini, ada tokoh lain yang ahli pembukuan, mengelola perusahaan, cantik sekaligus memiliki hati yang tak kalah baik dengan Idayu. Ia adalah Annelis Millema kekasih sekaligus istri Mingke. Sepertinya kamu dan Annelis memiliki titik temu pada satu kesukaan; pada akuntansi.
Aku jadi sangat ingat saat Rahwana begitu tenang ngobrol sama keponakannya; Trijata, perempuan cantik yang ahli di bidang pengetahuan menuruni sifat Wibisana, bapaknya. Ia menjadi saksi saat pakdenya bilang,"Sinta, kepadamu aku lukiskan betapa surgawinya dirimu." Lantas dilanjutkan beberapa rayuan muda-mudi kelas dunia, macam Majenun, Romeo, Isolde sampai Eous.
Semuanya klise, semua rayuan klise. Kamu ingatkan ajian "nihil novou sub sole"? Engga ada yang gress di kolong matari. Beda halnya menurut Heraklitos "Kau tak dapat terjun ke sungai yang sama dua kali, sebab airnya selalu mengalir". Tak apa jika kamu lebih sreg sama yang pertama, pertanda kau memilili pemikiran model Parmenides.
Kau tak perlu salah paham meskipun sabda mereka berbeda sejatinya mereka tetap sahabatan. Wong nyatanya setiap malam jumat mereka suka haha hihi ngopi di warkopnya Max Havelaar. Sebenarnya sih, itu warkopnya Droogstoppel kawan sekaligus mitra bisnisnya Multatuli a.k.a Eduard Douwes Dekker a.k.a Max Havelaar.
Tokoh satu ini juga tak perlu kau ragukan cintanya pada Tine a.k.a Everdine Huberts a.k.a Baroness van Wynbergen, istrinya. Karena ia adalah seorang penyair, Havelaar merayu istrinya,"Segala kejayaan diletakkan penyair dengan hormat di kaki perempuan yang dicintainya secara sah."
"Klise... Rayuanmu klise, mas."
...
#romancuk#ramayana#rahvayana#8
KAMU SEDANG MEMBACA
Kitab Romancuk
Fanfictionkalian pernah mencintai seseorang? Bagaimana kisahnya? Kalau Rahwana yang pernah kutemui, ketika jatuh cinta ia begitu kasmaran. bagi kisahmu ya, di kolom komentar siapa tahu kita berjodoh. ... Superb Rahwanaku