eps O4 ; dek doyoung

1.9K 455 222
                                    

kalo ditanya siapa yang paling papa byoung khawatirin dari ketiga anaknya, byoung gon pasti menjawab doyoung.

dek doyoung ini nggak kaya jihoon yang hobi ngoceh 25/7 dan temannya dimana-mana. nggak kaya yedam yang punya banyak temen karena suaranya yang bagus. nggak, doyoung nggak begitu.

disaat kedua kakaknya anarkis dan berulah sampe ngebuat papa byoung pusing, dek doyoung cuma jadi pendukung keramaian.  dek doyoung ini cenderung pasif dan punya cara tersendiri buat temenan.

doyoung nggak bisa langsung deket sama orang kaya jihoon atau yedam. dia cenderung takut sama orang asing.

dari itu semua, sebenernya dek doyoung adalah anak yang paling kehilangan figur seorang ibu. umur baru satu tahun, ibunya udah dipanggil Tuhan ke surga. dek doyoung itu turunan mendiang mama banget. nggak banyak tingkah dan lucu.

tapi hari ini dek doyoung sedikit bertingkah aneh. doyoung yang biasanya ayem mendadak jadi rewel dan susah diatur. bahkan tadi papa byoung terpaksa menggendong doyoung dari rumah papa hyunsuk.

iya, tadi doyoung sempet kabur selama lima menit ke rumah papa hyunsuk yang tepat di depan rumahnya. doyoung sembunyi di kamar haruto, si anak dengan level kepedean tiga kali lipat diatas seunghoon.

"dinosaurus menangkap doyoung!" papa byoung nurunin doyoung di sofa keluarga.

lalu dengan segera memeluk doyoung sebelum anak itu kabur lagi dan membuat papa hyunsuk ingin menculiknya lagi.

soalnya tadi papa hyunsuk bilang gini, "doyoung, kalo nggak betah sama papa byoung ke sini aja. jadi anaknya papa hyunsuk. biar keita sama haruto punya adek" yang mana papa hyunsuk lalu digeplak sama papa byoung karena telah mencuci otak doyoung.

hadeh, si bapak, padahal seunghoon juga sering nyuci otak doyoung;(
doyoung nggak lucu lagi salahin seunghoon sama hyunsuk aja.

"aAaAa papa jaaaaat:("

doyoung megangin baju papanya dengan erat ketika lagi-lagi papanya itu gendong dia. mana pake diayun-ayun lagi, untung nggak jatuh.

"huwaaaa papa byoung."

byoung gon langsung berhenti mainin anaknya ketika suara isakan kecil itu keluar. dengan cepet byoung gon mangku doyoung sambil ditenangin. dielus-elus sama dicium-cium.

bapaak, saya juga mau dicium, eh.

"hiks, hiks, papa jaat:("

byoung gon ngebiarin doyoung selesai nangis, tanpa berhenti ngelus kepalanya.

setelah di rasa udah reda tangisannya, papa byoung mulai deh ngedeketin doyoung.

"dek oyong."

"hiks, papa byoung."

"dek oyong."

"papaaaa:("

ini kenapa sih pak-_-

"dek oyong, kenapa nangis?"

"ma-mama.. hiks... mama.. oyong kangen mama.. hiks..."

duh, hati papa byoung serasa dicubit-cubit begitu ngedenger doyoung kangen emaknya.

"dek oyong kangen mama?"

doyoung mengangguk. "mama..."

papa byoung ciumin wajah sama kepala doyoung biar nggak nangis lagi. soalnya kalo ketauan yedam bisa bahaya, malah tanding nangis ntar.

"oyong katanya ndak punya mama... oyong sedih:("

"siapa yang bilang?" papa byoung berusaha tenang, bapak mana yang bisa tenang kalo ada yang bilang begitu? terlebih mereka gatau apa-apa tentang keluarganya.

"temen." kata dek doyoung sambil ngusap ingusnya.

papa byoung rasanya mau unyel-unyel pipi doyoung yang lagi mode ngambek uwu ini. "dek oyong, tunggu sini ya. papa byoung mau ambil hadiah."

"hadiah! hadiah! oyong dapet hadiah!"

yah setidaknya ucapan papa byoung membuat dek doyoung melupakan acara nangisnya.

nggak lama papa byoung dateng dengan ngebawa beberapa tumpukan buku foto yang tebel-tebel. setebel bacotannya om seunghoon di mix jihoon feat papa hyunsuk di tambah dek jeongwoo. iya setebel itu. tapi nggak deh, boong :D

"nah, ini foto dek oyong sama mama." tunjuk papa byoung di lembar pertama buku foto itu.

disitu ada foto dek doyoung lagi digendong mamanya. keliatan sangat uwu soalnya pipi dek doyoung masih tembem.

"mama oyong!" kata dek doyoung dengan ceria sambil bantuin papa byoung bolak-balikin buku fotonya. "abang jiun! abang edam! mama!"

papa byoung ketawa liatin dek doyoung yang keliatan seratus kali lebih bersemangat saat ngeliatin kenangan mereka dulu.

disitu ada foto mama mereka lagi gendong doyoung waktu bayi. terus disebelah kanan kirinya ada jihoon sama yedam yang lagi tiduran. jihoon pegang empeng terus yedam nya lagi tidur.

JANGAN DIBAYANGIN HUHUHU
LUCU BANGEEET:((

ocehan dek doyoung sama papa byoung terus berlanjut sampe akhirnya ke buku satu nya. sebenernya papa byoung gamau buka buku itu, buku sampul warna merah terang yang beda sendiri dari lainnya. di mana buku itu cuma berisi beberapa foto.

"dek oyong, ini mama. lagi tidur." jelas papa byoung sambil nunjuk foto istrinya yang ada di peti.

"mama nggak bangun, pa." dek doyoung mulai sedih lagi.

"dek oyong jangan sedih, mama liat adek dari atas lho. mau adek liat mama sedih di sana?"

"mama dimana, pa?"

"mama udah sama Tuhan, sayang. udah di langit, nah dek oyong nggak boleh sedih nanti mama nangis di sana."

"berarti ujan itu mama lagi nangis, pa?"

papa byoung cuma senyum terus cium pipi gembulnya doyoung. "dek oyong seneng?"

"iyAA PAPA." doyoung tepuk tangan dengan heboh terus cium papa byoung. "oyong punya mama! punya papa!"

"pinter anak papa!"

terus obrolan mereka masih berlanjut ke foto-foto masa kecil jihoon dan yedam.

"ini foto bang jihoon, yong. lagi belajar naik sepeda. abang jihoon pernah nabrak tiang karna takut."

"ini abang yedam lagi nyanyi."

"ini anak papa lagi makan bubur sama nenek."

dan masih banyak lagi celotehan papa byoung jelasin ke doyoung. sebelum suara setan menghancurkan suasana ayem antara papa dan anak ini.

"DEK DOYOUNG, MAIN YUK SAMA PAPA HYUNSUK!!"

papa | ygtb ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang