Hai para pembaca sekalian! Hygea disini. 🙋
Kasus pertama sudah terpecahkan. Tapi kayaknya masih banyak pertanyaan—seperti, mati karna keracunan? Bahaya ya minum obat+minuman keras? Kok bisa sampai segitunya? Aku masih engga ngerti kasusnya...
Ok, ok ... santai semuanya ... santai. Aku akan berusaha membantu kalian untuk mengupas kulit-kulit dari kasus sebelumnya. Lalu menyajikan buah manis dari kesimpulan kasus tersebut agar kalian lebih paham. Jadi, mohon perhatiannya para penyidik sekalian. 😎
Aku mau kasih tau bahwa pada sesi ini digunakan sebagai sarana edukasi dan juga sebagai pengingat buat semua pembaca maupun orang-orang di sekitar kalian. Untuk selalu bijak dalam menggunakan obat dalam kehidupan sehari-hari.
Bila ada kata-kata sulit yang digunakan, mohon dimengerti. Aku udah berusaha membuat Pharma.con menggunakan kata-kata yang paliiiiing mudah dipahami oleh orang awam. 😅
Kecuali, kalian mau masuk ke jurusan farmasi. 😎 Silahkan pahami setiap kata, baris dan paragraf. Muahahaha ....
💊💊💊
Dalam part ini, aku akan menjelaskan kasus pertamaku, hehehe ....
Ok, langsung yuk dikupas. Dikira bawang ya, wkwkwkw.1. Apa itu interaction/interaksi?
Interaksi adalah suatu proses dimana terjadinya reaksi antara suatu wujud (misal, makanan, minuman, obat dll) dengan wujud yang lainnya, terjadi di dalam tubuh dan menyebabkan suatu efek (bisa baik, bisa buruk tapi kebanyakan engga baik). Interaksi itu banyak banget jenisnya. Interaksi obat dengan obat (bisa juga jamu/obat herbal atau vitamin ya), interaksi obat dengan makanan/minuman dan interaksi makanan/minuman dan sesamanya.
Contohnya:
Siapa suka makan udang? Kalau aku paling suka udangnya di goreng krispi. Wuenak banar! 😆Saat kamu enak-enaknya makan udang atau seafood jenis lain, sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya dengan minuman bersoda! Kenapa? Karena udang mengandung protein tinggi dan kandungan mineral yang banyak. Sedangkan soda memiliki kandungan gula yang tinggi, tambah lagi karbonasinya yang sangat asam. Kebayangkan tubuh mau respon kayak apa?
Keduanya bakalan saling berlomba-lomba di serap sama tubuh, plus adanya interaksi kimia di dalamnya. Hasilnya, bakalan lemes dan bikin orang pingsan! (Jujur, ini pengalaman pribadiku. Sudah aku rasakan sendiri, sampai-sampai trauma makan di restoran seafood😰) Hal ini juga sama dengan kombinasi udang dan vitamin C. Tolong, hindari itu kalau kalian sayang dengan tubuh kalian.
Nah... begitu pula dengan interaksi antara obat dan minuman keras. Tau kan minuman keras itu sifatnya asam buanget! Salah satu resikonya adalah rusaknya organ hati dan lambung. Gimana tuh ... kalau hati dan lambungmu terkikis sedikit demi sedikit? Hiiii! Ngeri!
Lalu obat pereda rasa sakit misal, parasetamol dan kawan-kawannya. Mereka memiliki sifat yang asam pula. Deh ... asam ketemu asam, gimana tuh kabarnya lambung dan hati.Efeknya; bisa mual, muntah, pusing, kejang-kejang dan yang paling parah kematian.
So... hati-hati ya guys makan dan minum apapun yang masuk dalam tubuh.
Saran, jangan asal pesan makanan dan minuman di tempat makan. Walau kalian anggap itu kombinasi yang nyaman banar. Hati-hati, sekarang kamu baik-baik aja, bisa nanti, besok, atau tahun yang kedepannya baru terasa efeknya. Lebih baik mencegah daripada mengobati!
2. Berapa lama sih obat bisa bereaksi dalam tubuh?
Pertanyaan ini sebenarnya sudah pernah kujawab (di wall/percakapan). Btw, makasih udah bertanya hehehe.
Aku akan berusaha menjelaskan dengan bahasa yang semudah-mudahnya dapat dipahami semua orang, okay?
Pertama, obat itu macam-macam loh wujudnya. Bisa cair kayak sirup simplex atau obat sirup anak yang manis itu, padat kayak tablet, dan gas kayak tabung oksigen (bukan tabung LPG. Loe hisap, loe pingsan, wkwkwkw). Semakin kecil bentuknya dalam artian molekulnya, maka semakin cepat pula terserap dalam tubuh.
Contoh:
Coba deh bandingkan orang yang di suntik obat pereda sakit dengan yang minum dalam bentuk tablet. Bedakan? Pasti yang disuntik lebih cepat bilang hilang rasa sakitnya dibanding yang minum tablet.Ok, kita coba hubungkan dengan poin pertama dengan kasus kematian Vini. Kan Vini minum tuh obat sakit kepala, bentuknya padat. Artinya obat sakit kepala belum terserap seluruhnya di dalam tubuh. Lalu, berselang beberapa menit, minumlah wine atau minuman keras. Ingat! Wine bentuknya cair, artinya dia bakalan yang pertama di serap sama tubuh. Tentu saja, obatnya engga mau kalah. Dia bakalan terlarut bersamaan dengan wine, maka terjadilah reaksi bombastis di tubuh Vini. Well, yang dia dapat ya ... wassalam.
Ingat! Tubuhmu juga punya perasaan. Mereka juga butuh istirahat atau jeda saat menyerap semua yang kalian masukkan dalam tubuh. So, jangan jadi Hitler buat tubuh loe sendiri! Engga berperi ketubuhan #Apaan.
3. Kenapa Aris (pada part 2) memasukkan sapu tangan Tifa ke mulut Ana?
Tentu saja untuk mengecek apa yang baru saja Vini konsumsi. Bau wine itu khas, biasanya bisa nempel lama di mulut tanpa disadari. (Sama kamu yang makan jengkol, hmm ... aroma kematian di mulutmu)
4. Farmasi itu apa?
Aduh ... masih banyak yang engga tau tentang farmasi ya. Agak sedih juga, tapi kalian sebenernya tau tapi dengan nama yang lain. Yaitu, apoteker atau bahasa kasarnya penjual obat.
Singkatnya, farmasi itu adalah sebuah ilmu yang mempelajari pembuatan, pelayanan hingga pendistribusian obat hingga ke tangan pasien dengan informasi yang tepat.
Pasti ada yang bilang,
Eh, enak dong cuman jualan obat. Sama aja kayak SPG di mall.Please ... rasanya gue mau tapok orang yang bilang gitu. SPG itu lulusan SMA mah, udah bisa kerja. Kami? Woiii kuliah 3-4 tahun kayak lagi di jajah sama Jepang, disuruh kerja paksa ala Romusha! Belum lagi lanjut kuliah profesi supaya dapat title apt. di belakang nama. Kami hampir sama dengan jurusan kedokteran dan perawat. Belajar kayak nangis darah, tubuh dan otak harus tahan banting. Belum lagi biaya kuliah yang bikin kena kanker (kantong kering) #kok malah curhat ya hahaha.
.
.
.Okay, sekian penjelasan singkat dari detektif Hygea, Wkwkwkwk. Maaf masih banyak yang belum bisa aku jelaskan secara rinci, takutnya keluar semua jampi-jampiku atau mantra yang bikin sakit kepala dan bakalan timbul pertanyaan baru hahahaha.
Untuk teman-teman sekalian yang mau nanya juga seputar farmasi atau kasus, jangan malu-malu. Aku akan berusaha menjawabnya. 😁
Terakhir, sayangi tubuh kalian, jangan asal-asalan makan dan minum dan perbanyak minum air putih, ya. Sampai jumpa di kasus berikutnya!
KAMU SEDANG MEMBACA
Pharma.con ✔
Mystery / Thriller[TAMAT - Revisi 1 Done] Di gedung kantor sebuah perusahaan finansial, sekretaris bernama Vini meninggal akibat sesak napas serta tidak ditemukan adanya tanda-tanda perlawanan. Ada lima orang yang dicurigai dalam kasus tersebut. Tifa, seorang mahasis...