Gue pikir, hari sabtu gue bisa bermalas-malasan di rumah. Bangun siang, mandi, dan kembali tidur. Gue pikir itu kegiatan gue hari ini. Gue 'kan cuma anak pemalas yang jarang disuruh bersih-bersih rumah. Beneran, gue itu emang jarang banget disuruh.
Jadi, gue ini benar-benar anak nolep yang mencintai rebahan. Karena itu, hari sabtu pun, gue mau menghabiskan waktu dengan istirahat.
Sayangnya sesuatu yang buruk terjadi.
Kemarin malam, Papa pulang waktu gue tidur.
Artinya pagi ini, gue harus kuat mental.
Gue bangun pagi, gue langsung mandi, gue rapihin kamar gue yang belum dirapihin sejak minggu lalu. Terus tepat setelah selesai semua itu, Papa manggil gue.
Seperti biasa, gue menyalami dengan hormat. Gue juga sarapan di depannya, di sebelah Kakak.
"Buku paket udah dibagi, 'kan?" tanya papa.
"Iya," jawab gue.
Sebentar lagi, pasti Papa bakal ngomong hal itu.
"Belajar. Kamu udah SMA. Kalau kamu males-malesan dan gak keterima kuliah, mau jadi apa kamu? Kalau kamu gagal lagi kayak masuk SMA kemarin, kamu tinggal aja sama nenekmu."
Sakit, bro.
Beneran.
Nyesek gimana gitu.
Apalagi mama cuma liatin gue seolah memang gue yang salah, terus Kakak juga cuek-cuek aja, dan adik gue malah nyerocos sok bener.
"Aku gak gitu, Pah. Kemarin aku dapet 93 ulangan IPA. Gak kayak kakak."
Gue pengen mencekik adik gue yang masih SD kelas 3 itu! Sok bener! Emang lo tau apa, hah!?
Oke, percuma gue kesel sama anak yang sekarang lagi menjulurkan lidahnya ke gue.
Ini gue anak tiri apa, ya?
"Iya," jawab gue malas.
Yah, tapi gue bandel, sih. Ngomongnya aja iya, tapi gue cuma baru nyelesaikan bab 2 bahasa Inggris dan Sosiologi.
Gue gak ngomong juga. Percuma. Keluarga gue gak begitu suka gue masuk IPS, karena mereka memang mantan anak IPA semua.
Tante gue yang dulu masuk bahasa aja, nyokap gue protes. Dan protesnya itu ke gue. Curhat gitu ceritanya. Lah, dikira gue nggak malah terbeban. Pfft—
"Bentar lagi Mama sama Papa mau pergi. Kakakmu juga mau ke sekolah. Kamu di rumah jaga adikmu."
Singkat, padat, jelas.
Beberapa menit kemudian, mereka udah pergi. Meninggalkan gue sendirian di rumah bareng adek yang cerewet.
Baru aja diomongin, dia udah minta pergi.
"Kak, aku mau ke Indoapril, terus main di taman."
Berhubung rumah gue ada di kompleks, jadi ada taman kompleks. Nah, kebetulan di depan taman ada indomaretnya.
Sebenernya gue males. Soalnya gue habis keramas, jadi males keluar. Ditambah gue emang lagi mager-magernya.
Tapi daripada adek gue ngadu, gue iyain aja.
Gue ngambil jaket abu-abu gue dan langsung jalan ke taman. Hari sabtu emang udaranya lagi sejuk.
Gue masuk ke dalam indomaret dan langsung disambut udara dingin AC yang bikin ngantuk. Gue menatap adek gue dengan pandangan sinis. "Udah, beli sana. Jangan banyak-banyak." Duit gue habis entar.
Selagi adek gue pilih-pilih makanan, gue memilih es krim yang cocok untuk pagi ini.
Keuntungan ditinggal pergi adalah, bebas mau makan apa aja.
KAMU SEDANG MEMBACA
About Zoe {END}
Teen FictionGue, Zoe Violetta. Seorang cewek yang berusaha menutup dirinya, menjauhi pandangan orang-orang, dan hanya ingin melewati masa SMA biasa. Gue gak berharap ada sesuatu menarik di hidup gue. Tapi gue selalu berharap, setidaknya gue gak sendirian. Kalau...