pasal 104

62 3 0
                                    

Al-Hikam Pasal 104

Referensi kitab 📚
🍂 Asy-Syaikh Ahmad Ibnu Muhammad Ibnu Atho'illah As-Sakandari 🍂

Memahami Rahasia Pemberian Dan Penolakan Allah

اِنَّمَا يوُءَلِّمكَ المَنْعُ لِعَدَمِ فَهْمِكَ عَنِ اللهِ فيهِ

"Sesungguhnya sebab terasa pedihnya penolakan Allah kepadamu itu, karena engkau tidak mengerti hikmah rahmat Allah dalam penolakan (tidak memberikan keinginan/harapanmu)itu”.

Syarah .

Sebagian dari tanda memahami penolakan (tidak mengabulkan do’a) dari Allah yaitu:

1. Kita bisa memahami Bahwasannya Allah menghendaki kita menghadap kepadaNya, selalu bergantung kepadaNya, dan tanda dikasihi Allah, karena apabila Allah mencintai hambanya maka hamba itu akan di jaga dari kesenangan dunia.

2. Kita bisa memahami Bahwasannya Allah akan menapakkan kita kejalan orang-orang yang dekat dengan Allah. Seperti kata Syeih al-Fudhail dalam munajatnya : Ya Tuhanku, Engkau memberi lapar padaku dan keluargaku, dan Engkau tidak memberi pakean pada ku dan keluargaku, yang itu semua biasanya diperuntukkan orang-orang pilihan, lalu kenapa aku bisa mendapatkan kedudukan yang seperti itu?.

3. Kita bisa memahami Bahwasannya dunia itu rusak, hina dan akan musnah, dan kita merasa senang dengan simpana untuk kita besok di akhirat.

Dengan memahami itu semua akan membuka hati kita. Dan apabila hati kita telah terbuka maka kita bisa memahami bahwa penolakan dari Allah itu lebih menyenangkan. Jadi Allah tidak memberi itulah Hakikatnya pemberian Allah.

Tiada sempurna Iman dan keyakinan seseorang kepada Allah sebelum ia memiliki dua sifat:

1. Percaya penuh kepada Allah, yakni bersandar dan berharap hanya kepada Allah .

2. Bersyukur kepada Allah karena dihindarkan dari padanya apa yang di ujikan pada orang lain yaitu berupa kekayaan dunia.

Juga tidak sempurna iman keyakinan hamba sebelum ia mengerti bahwa pemberian Allah sesuatu yang manfaat. Dan penolakan Allah itu karena madhorot/bahaya.

Penerjemah📝
🌺Asy-Syaikh Al-Habib Shohibul Faroji Azmatkhan🌺

KITAB Santri AL-HIKAM (Lengkap)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang