pasal 60

145 6 0
                                    

Kitab Al-Hikam Pasal 60
Referensi kitab 📚
🍂 Asy-Syaikh Ahmad Ibnu Muhammad Ibnu Atho'illah As-Sakandari 🍂

لاصغيرة اذاقابلك عدله ولاكبيرة اذاواجهك فضله

"Tidak ada dosa kecil jika Allah menghadapi engkau dengan keadilan-Nya, dan tidak berarti dosa besar jika Allah menghadapimu dengan karunia-Nya."

Syarah

Yang dinamakan Adil yaitu: pelaksanaan hukum Allah didalam kerajan-Nya yang tidak ada yang menentangnya. Apabila sifat adilnya Allah itu dilaksanakan pada orang yang di benci Allah, maka batal semua kebaikannya, dan dosa kecilnya akan menjadi dosa besar.

Yang dinamakan Fadhol yaitu: pemberian Allah kepada hambanya yang tidak ada balasannya. Apabila sifat Fadholnya Allah diberikan pada hambanya yang dicintai-Nya, dosa dan kesalahan yang besar akan di anggap kecil oleh Allah .

Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tidak ada dosa besar jika disertai dengan istighfar [minta ampun], dan tidak dapat dianggap dosa kecil jika dikerjakan terus menerus."

Yahya bin Muadz radhiyallahu 'anhu dalam berdoa ia berkata: "Tuhanku, jika Engkau kasihan kepadaku, Engkau ampunkanlah semua dosaku, tetapi jika Engkau murka kepadaku, tidaklah Engkau terima amal kebaikanku.''

Syeih as-Syadzili ra. berkata dalam do’anya: Ya robbi,semoga amal jelekku engkau jadikan seperti amal jeleknya orang yang engkau cintai, dan amal kebaikanku jangan engkau jadikan seperti kebaikannya orang yang engkau benci.

Penerjemah📝
🌺Asy-Syaikh Al-Habib Shohibul Faroji Azmatkhan🌺

KITAB Santri AL-HIKAM (Lengkap)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang