anak sempol itu identik sama pantai. karena mereka semua udah pada baikan sama masalahnya, jadi mereka sekarang lagi ada di pantai bumi bersaksi, lagi duduk santai sambil gibah.
“gue kira bang mingi kemaren gabakal baikan sama kak yunho,” kata jongho. mingi sama yunho udah tau kalo anak sempol lain masang kamera di lab biologi tapi gaada yang berani protes karena itu idenya hongjoong.
“makanya jangan jungle orang sembarangan,” kata mingi.
“JUDGE MINGI!” teriak anak sempol barengan.
tiba-tiba wooyoung nunjukin hpnya ke mereka semua. “kalian mau ngapain kalo bumi ditabrak meteor?” tanya wooyoung. ada-ada aja emang kerandoman anak sempol.
“gampang. telfon pemadam kebakaran,” kata seonghwa. yunho sama wooyoung udah ngakak banget dengernya. “kalo gue mau numpang sepeda shiva aja,” opsinya mingi.
“gue bingung deh. kalian pernah ga sih pas lagi santai tiba-tiba lupa cara nafas?” tanya san.
“gue sih kalo ngaca. gue bingung, ini gue hidup ya?” pertanyaannya hongjoong random banget. jongho ngegeleng, “ga, lo lagi jadi dugong,”.
“katanya mimpi itu ada artinya kan ya? mimpi gue dinosaurus lagi terbang bareng hiu, artinya apa?” tanya yunho. bukannya malah jawab, anak sempol lain malah berbagi pengalamannya.
“gue tadi pagi mimpi jadi batok cas-an sumpah sama kemarin mimpi dikejar pocong yang lagi berenang,” kata seonghwa. tumben aja mimpinya aneh.
mingi keliatan lagi mikir, “gue malah mimpi ada buaya ungu lagi naik lamborgini,” semuanya ketawa denger mimpinya mingi. “trus kemaren gue mimpi dikejar om sule,” lanjut lagi dah itu ketawanya.
“mimpi kalian masih aman. masa gue dikejar tuyul gara-gara gue nyuri jajannya mana choki-choki,” ini mimpi punya jongho.
wooyoung cape banget ngetawain mimpi anak sempol. “gue mimpi dikejar bekicotnya lucinta luna,” kata wooyoung. ini mimpi terabsurd yang pernah dia alamin.
ditengah-tengah mereka cerita tentang mimpi, jongho ada aja pertanyaannya. “kak woo, hukum snelius di prisma itu asalnya gimana? kata guru gue ada rumus awalnya,”. anak sempol lain diem, biarin aja seonghwa, san, wooyoung atau yeosang yang jawab.
“oh prisma. jadi gini ho, di pembiasan prisma ada yang namanya sudut deviasi. letaknya ditengah-tengah sudut datang sama sudut bias kedua,”.
“kenapa kedua?” tanya jongho.
“prisma pembiasannya itu 2 kali. jadi kita punya 2 rumus. pertama, rumus deviasi minimum (δm) = 2i(1)-β. sekarang kalo kita cari i(1) rumusnya diubah jadi = δm+β/2. kedua, rumus beta (sudut puncak prismanya) = 2r(1),”.
“bentar, kok bisa 2r(1)?”.
“nah, kita balik lagi ke rumus beta sebelum ada sudut deviasi minimum. rumusnya itu = r(1) + i(2). sudut deviasi minimum itu ada kalo r(1) = i(2). artinya mereka itu sama kan? kalo digabung kan jadinya 2, makanya bisa 2r(1),”.
jongho serius banget dengerin calon kakak iparnya. “kalo kita cari r(1) rumusnya itu berubah jadi β/2. sekarang baru kita bicara tentang hukum snelius yang rumusnya itu kayak gini
n1 sin i = n2 sin r
n itu indeks bias. sekarang kita ganti i sama r jadi rumus yang tadi. jadinya kan n1 sin (δm+β/2) = n2 sin (β/2). itu asalnya, ngerti?”.
jongho ngangguk-ngangguk trus ngebiarin cerita yang tadi lanjut.
“gue mimpi jadi bajunya pak jarjit,” kata hongjoong. yeosang yang daritadi diem akhirnya ketawa juga cuma gara-gara denger nama pak jarjit.
KAMU SEDANG MEMBACA
olimpiaders✔
Fanfiction[an ateez's bxb fanfic] (sem•pol) : anak berprestasi yang punya standar humorisasi rendah. apa jadinya kalo 8 anak langganan olimpiade saling jatuh cinta? chaos. ini cerita tentang lika-liku kehidupan mereka yang dipenuhi humor dan konflik ringan. ❝...