Aku membuka laptopku setibanya dikosan, mencari-cari informasi mengenai kerjaan majapahit untuk melengkapi tugasku untuk Pak Hardi.
awal mula kerajaan majapahit
Kerajaan Majapahit merupakan salah satu kerajaan yang disebut sebut sebagai kerajaan terbesar di dalam sejarah Indonesia. Sejarah kerajaan Majapahit sendiri dimulai dari berdirinya sekitar tahun 1293 M hingga tahun 1500 M. Dimana tumbuhnya kerajaan tersebut dimulai akibat dari runtuhnya kerajaan Singasari serta gugurnya Kertanegara.
semua hal yang kutemukan di internet mengenai Majapahit tak lain adalah cerita cerita yang sudah kudengar sebelumnya dipelajaran sejarah, maka aku memutuskan untuk kembali ke perpustakaan kampus untuk mencari buku mengenai kitab negarakertagama.
Sayang kamu dimana? pop up notifikasi WA yang aku sambungkan di laptopku muncul, siapa lagi kalau bukan Seno hehe.
Aku dikosan, tapi mau ke kampus untuk riset tugasku.. kamu dimana?
depan kosanmu, ayuk aku temenin
maka nikmat tuhan mana lagi yang kau dustakan? sudah ganteng, baik, badannya aduhai, sekarang ada didepan kosan tanpa diminta! aku mengenakan kembali sweater dan sepatuku bergegas kebawah
Seno terlihat berdiri membukakan pagar untukku, hari ini dia mengenakan longsleeve berwarna abu abu muda, dengan jeans dan sepatu kets... aku bisa mencium wanginya yang khas dari depan pintu. lalu dia mencium keningku dan mempersilahkanku masuk ke dalam mobil.
"kamu udah makan?" Seno memberikan satu kotak coklat cadburry black forest lalu menyalakan mesin mobil.
"yeaaay makasih! belum sempet makan siang tadi langsung balik kekosan eh ada kamu hehe"
"kamu nih kalau nggak aku ingetin makan terlambat terus... nanti kamu sakit lambung lagi loh"
Seno mengerutkan keningnya
"kok tau aku pernah sakit lambung? perasaan gapernah cerita"
"kan aku detektif, udah makan dulu coklatnya buat ganjel perut kamu"
*****************************************
Perpustakaan pusat dikampusku adalah perpustakaan terbesar dijakarta, menempati lahan 2,5 hektare dengan luas bangunan 33.000 meter persegi maka semua pengetahuan yang ingin aku cari sudah pasti aku dapatkan disini.
Setelah menukarkan ID mahasiswa kami memasuki section history untuk mencari fakta lebih lanjut mengenai Majapahit, aku memulai perjalananku dengan mencari pokok pembahasan kitab negarakertagama yang tidak lain adalah buku sejarah turun temurun kerajaan Majapahit.
"yes dapet!" aku melompat memperlihatkan buku makalah mengenai kitab negarakertagama pada Seno, Seno tersenyum melambaikan tangannya mengisyaratkan aku untuk duduk disebelahnya.
kami memilih tempat duduk yang paling sepi di ujung sudut, kemudian Seno membantuku menyalakan laptop dan mengeluarkan buku catatanku dari tas.
"apa yang kamu cari dari kerajaan majapahit? kamu bisa tanya aku" Seno mencondongkan wajahnya seakan dia ingin menciumku.
aku bisa merasakan hembusan nafasnya lalu mencium bibirnya secepat kilat dan mundur.
"sok tau, aku harus cari fakta mengenai sejarah majapahit yang gak semua orang tau"
"hmm, kamu tau nggak siapa siapa aja raja majapahit?
"hmm... Raden wijaya, Jaya negara, Tribuanatunggadewi dan hayam wuruk?" aku mengangkat kepalaku menerawang ke langit langit perpustakaan berusaha mengingat nama nama itu.
"nice, kok kamu pinter sih? terus apa lagi yang kamu tau soal itu semua?"
"hmm Ratu Tribuanatunggadewi itu adek nya Jaya negara karna dia gak punya anak laki laki, lalu hayam wuruk adalah raja terakhir sebelum runtuhnya kerajaan maja pahit karena sepeninggalannya kerajaan Majapahit semakin lemah"
"tapi kamu tau nggak, siapa dibalik terbentuknya kerajaan Majapahit?"
Aku terdiam, berusaha mengingat kembali apa yang terjadi pada Raja Raden Wijaya sebelum Majapahit terbentuk.
"Raden Wijaya yang menghianati Jayakatwang setelah gugurnya Kertanegara?"
"okay, kamu udah tau dasarnya sekarang biar aku kasih tau kamu apa yang terjadi pada penghianatan itu" Seno mendekatkan Wajahnya ketelingaku berbisik.
"Raden Wijaya, setelah pelariannya menuju madura dan menemui JayaKatwang mencoba untuk membangun kekuatannya sendiri... Dia memulai taktiknya dengan cara menyembah satu pohon besar di Jasun Wungkal yang sekarang disebut kota Pasuruan.
dipohon itu tinggal pangeran dari raja raja genderuwo, bernama Abdi Ararya Balakosa dahulu masyarakat kejawen mempercayai bahwa dengan meminta kepada penunggu dipohon itu maka bangsa dan keluarganya akan selalu aman dari ancaman apapun termasuk militer cina yang saat itu datang ke tanah air"
Seno menghentikan ucapannya, matanya terlihat berbinar binar semangat. aku mendengarkan dengan seksama lupa akan notes yang seharusnya aku catat.
"ah... aku rasa kamu gak perlu jadiin ini bahan risetmu" Seno membetulkan posisi duduknya lalu membelai pipiku
"Ah! kalau cerita jangan setengah setengah dong!" aku meninggikan nada bicaraku hingga beberapa orang yang duduk didekat kami menoleh.
"ssst, oke oke aku ceritain"
KAMU SEDANG MEMBACA
bercinta kepada malam
Storie d'amoreKarnika baru saja tiba di jakarta berniat untuk melanjutkan pendidikan nya, namun dia tidak mengira bahwa ada sosok lain yang mengagguminya sejak lama, memaksanya masuk ke kehidupan yang lain, kehidupan yang dirasa lebih mudah untuk dijalani.