All the praises for the Lord!
Akhirnya, kita mencapai titik ini, bagian ujung cerita. Mengakhiri MESS merupakan sebuah prestasi bagiku secara pribadi. Sebuah novel, banyak komponen penting yang harus dicurahkan, lalu dirangkai agar bisa menjadi sebuah karya seni yang bisa dinikmati oleh para pembaca. Jujur, kutuangkan semua skenario yang melayang-layang di otak sejak aku masih berusia sebelas tahun. Dari rencana MESS akan tamat pada akhir Maret, bahkan mundur akhir April karena cuti yang kuambil, dengan izin Tuhan, aku menyelesaikannya akhir Februari! Ini terjadi ketika aku marathon delapan belas bab terakhir! Wow! Inilah hasilnya! Air mata dan senyuman.
Aku menyayangimu, MESS, bagai anak sendiri (ehm, familiar dengan iklan kecap). Namun, pencapaian ini tidak dihasilkan oleh satu kepala. Banyak kepala, mungkin tangan lebih tepatnya, yang membantu seorang author bernama rizkywahyufir. Karena itu, aku ingin mengucapkan deretan terima kasih pada bagian ini.
1. Tuhan Yang Maha Esa
Aku seorang muslim, so a big thanks for Allah subhanahuwata'ala. Segala ilham berupa ide-ide brilian terus Engkau curahkan untuk hambamu yang penuh dosa ini (mode dramatis).
2. Keluarga dan teman-teman
Tentu, kedua orang tua dan seorang kakak perempuan adalah orang-orang yang kutemui setiap hari, so mereka keluarga bagiku, keluarga ikatan darah dan keluarga atas kasing sayang (asek!). Selain itu, teman-teman in real life yang selalu menyuguhkan realitas hidup dan segala inspirasi, kalian adalah objek fantasiku (please, be positive~). Kalian adalah motivasiku! Kalian adalah salah satu alasanku hidup! A big thanks for y'all!
3. vinsinurlita
Vinsi adalah adik tingkatku yang unyaw dari prodi astronomi ITB'19. Dia adalah pengarang yang sudah berhasil menerbitkan sebuah novel! Gadis kelahiran Madura ini benar-benar menjadi pemantikku untuk menulis! You've inspired me, Vin.
4. serenade33
Panggil aja Ukhty (Bahasa Arab dari saudara perempuan), ini adalah panggilan akrabku untuk dia. Dia adalah sahabat pengarangku. Pertemuan kami sangat random, tapi takdir mempertahankan hubungan kita (gaperlu baper, dia udah ada yang punya). Ukhty ini sudah menemaniku dari "MESS" masih prolog sampai tamat. Selain itu, dia juga rela menemaniku ngobrol panjang lebar dari habis maghrib sampai mau adzan subuh. Wow! bener kayak lirik "can you stay up all night?" di salah satu lagu milik Ariana Grande. Really, you are the MVP sih bagiku. Anyway, dia lebih nge-pro dibanding dengan diriku, tapi Ukhty nggak pernah merendahkanku meskipun di awal tulisanku acak-kadut kayak ceker ayam. I owe you a respect!
5. Para beta-reader yang baik dan setia mengawal MESS
sinnera_ yang sudah membuatku memperhatikan sang deuteragonis, Taiga, dan banyak aspek mengenai roman, termasuk keseruan pertarungan. Nuzlahhhhh yang sudah membuatku memperhatikan sang protagonis, Makka, dan banyak aspek drama. Padahal, dia adalah seorang penulis roman, tapi rela-rela mau baca MESS dari awal sampe akhir! Apresiasi! rubahkun ini termasuk konco lanang yang sudah menemani MESS dari awal. holly_molly08 Wattpad hommies yang kutemuin saat event WIA readinglist! Rela maraton dong demi MESS hueee! pohonlatte meski telat datang, dia tak kalah meramaikan MESS hueee! samm_san temen cowok yang setia mengawal MESS tiap episode. Lemonn___ jugaaa! Abang ini dah banyak membantu kedewasaanku :'D termasuk krisis kepenulisan saat MESS tinggal tiga bab lagi! LOL! The last, but not least! MinaF28 dia kecil" cabe rawit! Membuat semangatku menggebu-gebu dengan komedi dan respons yang selalu ia torehkan. Apalagi, THANKS FOR THE FANART HUEEE!
KAMU SEDANG MEMBACA
MESS
Фэнтези[DAFTAR PENDEK WATTYS 2023] Setelah kiamat kedua, Makka---manusia berdarah campuran MESS---harus menemukan ibunya di sisi lain bumi-yang-baru sebelum keempat Kaisar memulai kiamat ketiga untuk membinasakan semua MESS dan manusia. *** MESS, Mortal En...