Flashback | 6 tahun lalu
~*~
Harusnya suasana musholah malam itu tenang damai dengan lantunan ayat Al-Qur’an menggema sebagai bacaan surat dalam sholat, tapi agaknya ketenangan itu kudu tersisih sejenak kalau anaknya Haris yang satu ini ikut.
Alif berdiri di antara abang sama bapaknya yang lagi sholat. Kedua tangannya terlipat depan dada, ya kaya orang lagi sholat pada umumnya. Kepalanya geleng kanan kiri, badannya goyang-goyang, terus bibirnya gerak-gerak seolah lagi baca doa-doa dalam sholat padahal yang keluar cuma bunyi ‘wesuwesuwesuwes’ sampe bibirnya basah karena ludahnya sendiri.
Kopiah putihnya rada miring karena tangannya gak mau diem, sajadah kecil turun-temurun dari abang-abangnya juga udah gak karuan bentuknya.
Mungkin karena bosen diem gak jalan ke mana-mana sedangkan kakinya gak pernah bisa diem, akhirnya dia milih buat balik badan dan ngedongak natap Sehun sama Chanyeol. Kalau Chanyeol masih bisa khusyuk dan ngabaiin cengiran konyolnya si dedek, beda lagi sama Sehun yang imannya gak sekuat bapaknya. Dia bales lirik adeknya yang sekarang nyengir lebar ke dia.
“Hayo Adin dodoh.” bisik Alif sambil masih nyengir, memperlihatkan gigi atasnya yang keropos karena kebanyakan makan cokelat sama susu.
Andai aja gak lagi sholat, pasti udah Sehun sentil itu bibir adeknya. Lemes banget ngatain orang bodoh. Sayangnya si adek cuma bisa melototin Alif tapi gak berpengaruh sama sekali.
Si bocil jalan-jalan di depan shaf para jamaah, sesekali berhenti buat ngedongak dan natap siapa orang yang dilewati.
“Hohooo, Hayoo Di Dae. Di Dae anteng.” katanya sambil cekikikan dan ngedip genit ke arah pakdhenya, Jongdae.
(Halo Dhe Dae. Dhe Dae ganteng.)
Jongdae gak terpengaruh, masih khusyuk, tapi tidak dengan Luhan yang nahan ketawa mati-matian. Habis itu Alif jalan lagi, ke selatan balik ke utara lagi, ke selatan lagi, ke utara lagi dan berhenti di depan salah satu jama’ah yang gak dia kenal siapa. Waktu rukuk Alif rada minggir biar gak kebentur kepala orang di depannya.
Dia celinguk kanan kiri bentar sebelum ngebungkuk di depan orang itu lalu nolehin wajahnya,
“Halo!”
Orang yang bersangkutan berjengit saking kagetnya ada muka bunder bocah lucu tiba-tiba nongol di depan wajahnya.
“Sami’allahu liman hamidah.”
Seru imam, para jama’ah bangkit dari rukuk, si Alif ikutan negakin badan dan nyengir lihat muka orang yang baru aja dia kagetin. Orang yang ada di sebelah korbannya Alif nangkup mulut dengan badan rada gemeter karna nahan ketawa, sementara si Alif dengan tanpa dosanya melenggang pergi, balik ke shaf abang sama bapaknya.
Dia sampe waktu sujud, dia ikutan sujud di atas sajadah kecilnya yang bentuknya udah gak karuan. Begitu bangkit berdiri, dia tetep di tempatnya, gak jalan-jalan lagi. Bibirnya terkulum sambil matanya ngelirik ke sana kemari. Dia mendekat ke kaki Chanyeol kemudian dipeluk dan diguncang-guncang dikit.
“Tapitoo tapitoo~” gerutunya sambil masih guncang kaki bapaknya.
Kemudian dia berhenti tanpa ngelepasin pelukannya di kaki Chanyeol. Pandangannya lurus mengarah ke anak kecil seumurannya yang lagi main di pembatas. Senyumnya terukir lagi begitu pandangan mereka bertemu, dengan genit dan gak tau malunya si Alif ngedipin matanya ke anak cewek itu sambil lambaiin tangan.
“Halooo…” katanya, suaranya pelan.
Si anak cewek tersipu kemudian sembunyi di balik pembatas, sesekali nyelingukin kepala buat lihat ke Alif.
KAMU SEDANG MEMBACA
RAMADHAN KELUARGA PAK CHANYEOL [Jilid 3] ✔
FanfictionIni adalah seri ke-tiga dari 'Ramadhan Keluarga Pak Chanyeol' Menceritakan tentang keseharian keluarga Haris Chanyeol selama bulan Ramadhan. Bertambahnya anggota keluarga membuat rumah sederhana itu kian ramai, apalagi ketika si sulung pulang dan me...