Special Lebaran (1)

3.2K 447 86
                                    

Cie,

~*~

Dari sebelum Subuh rumah Chanyeol udah rame. Chanyeol, Baekhyun, Jongin, sama Dyo udah bangun. Nyisa empat bocil aja yang masih merem karena gak ngapa-ngapain. Chanyeol bolak balik dari rumah mertuanya buat nemenin Minho sama Bu Asri masak ketupat. Kan banyak tuh ya ketupatnya, sampe butuh dua pawon atau tungku buat masaknya.

Sedangkan Dyo sama Jongin  bantuin Baekhyun masak. Hari ini masak banyak karena tiap lebaran rumahnya selalu rame, mau open house gitu loh ceritanya. Dulu, sejak Chanyeol terpilih jadi kepala desa, tiap lebaran rumahnya pasti rame, orang yang dulu gak pernah dateng buat bertamu pada dateng semua. Ya Chanyeol sama Baekhyun gak keberatan sih, asal mereka datengnya karena ikhlas mau silaturahmi ke rumah pemimpin desa, bukan punya niat jahat atau sejenisnya.

“Ambil balungan di kulkas lagi, Zar. Kurang itu kayanya.” kata Baekhyun waktu lihat balungan sapi yang dipotongin Jongin masih kelihatan sedikit.

Jongin manggut kemudian bangkit buat ngambil balungan di kulkas. Itu balungin beli kemaren siang di temennya Baekhyun yang tiap lebaran pasti nyembelih dua sapi buat dijual dagingnya sama dibagi ke tetangga yang kurang mampu. Baekhyun selalu beli banyak, selain karena anggota keluarganya nambah, juga karena tadi, yang berkunjung ke rumahnya juga banyak. Belum lagi kalo sahabat-sahabatnya Dyo sama Sehun dateng.

“Ambil yang mana, Mih?” seru Jongin.

“Yang di baskom biru kamu bawa. Sekalian ambilin daun bawang.” Baekhyun bales berseru.

“Siap.”

Dia turuti deh apa yang diminta sama mertuanya. Dia bawa sebaskom tanggung balungan yang masih dalam potongan besar-besar sama seikat daun bawang. Dia balik ke dapur ngasihin daun bawang ke mertuanya kemudian duduk ke tempatnya semula lalu motongin balungan tadi ke potongan yang lebih kecil.

Jongin ngalihin perhatiannya sebentar waktu denger suara desah lelah dari sebelahnya. Dia lihat istrinya nyandarin punggung ke dinding sambil gerak-gerakin jarinya yang dihiasi parutan kelapa.

“Kaku lagi ya?” tanya dia, suaranya pelan biar gak kedengeran Mamih yang lagi ngaduk kuah opor ayam.

Dyo manggut, dia perlihatin tangannya yang rada gemeteran dan jarinya agak kaku susah digerakin.

“Sini,”

Dyo arahin tangannya ke suaminya. Sebelumnya Jongin udah nyuci tangannya jadi dia gak perlu khawatir tangan Dyo bakalan amis atau kotor karena kena bekas daging. Jongin pijit pelan tangan yang lebih kecil itu, diurut-urut jemarinya biar lebih lemes.

Jongin udah gak kaget, Dyo selalu gini. Suka tiba-tiba gemeter tangannya dan kaku jari-jarinya kalau habis dipake marut kelapa terlalu banyak, atau bawa barang berat. Pasti jarinya yang dipake buat nekuk dengan tenaga kuat itu susah buat balik, mau dibalikin paksa pun rasanya sakit. Kata dia sih palingan capek aja. Tapi dia pernah denger orang-orang tua kalau itu namanya ‘likaten’ atau ‘kram’. Ya bisa jadi dia kram.

Sekitar satu menit dipijit, tangan Dyo berhenti gemeter dan jarinya lemes bisa gerak kaya biasa lagi.

“Diem aja dulu, meresnya nanti lagi.” kata Jongin lagi dan diiyain sama Dyo.

Masih capek dia habis marut satu buah kelapa utuh. Dia lihatin suaminya yang balik motongin balungan. Pipinya rada merah waktu lihat urat-urat yang menonjol dari lengan suaminya yang lumayan keker itu. Keinget saat-saat lengan itu ngerengkuh tubuhnya tiap tidur, tiap main, tiap saat.

Aduh anjir, pikiran jadi kotor dah nih. Gak boleh, gak boleh, masa waktunya lebaran otak udah main tercemar aja.

Akhirnya dia palingin wajahnya dan lihat Mamih lagi lihatin dia dengan tatapan tak terbaca.

RAMADHAN KELUARGA PAK CHANYEOL [Jilid 3] ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang