The last,
~*~
Masuk ke rumah Mbah Min tanpa ngerusuh tuh itungannya kurang afdhal kalau bagi Dyo sama adek-adeknya. Biarpun udah bersuami dan berbuntut satu, tapi kalau berkunjung ke rumah kakek neneknya, dia masih kaya bocah. Salim dan meluk Mbah Min sama Mbah Sri dengan riang gembira, sama kaya adek-adeknya yang lain.
“Abil, Alif, Rizfan, maem sana. Jekikreknya udah dimasak sama Mbah Sri. Dek Awa sama Mas Dian juga lagi maem.” kata Pak Minho sehabis salam-salaman sama para cucu yang baru dateng.
“Dyo gak ditawarin gitu, Mbah?” tanya Dyo, bibirnya cemberut karena merasa diasingkan.
Pak Minho noleh ke cucunya yang paling besar ini. Dia samperin si Mamas kemudian nunduk dikit buat nyamain tinggi badan mereka.
“Loh, emangnya cucu Mbah Min yang satu ini masih kecil? Masih suka maem jekikrek?” tanyanya.
Bibir Dyo makin melengkung, “Ya masih.”
“Mending jekikreknya buat Arvenda bukan buat aminya yang nakal ini.”
“AIH MBAH MIN LOOOOH!”
Pak Minho ketawa sambil ngacak rambut cucunya.
“Sana ikut makan. Semuanya boleh makan, ajak suamimu juga loh.”
“Hehehehe siap, Mbah!”
Tanpa minta persetujuan, Dyo langsung nyeret suaminya ke dapur buat gabung sama adek-adeknya yang udah rusuh duluan. Arvenda ikut sama Chanyeol, duduk anteng di ruang tamu sambil makan jelly.
“Udah dari mana aja tadi?” tanya Buk Asri sambil ngambil duduk di sebelah Baekhyun. Di sana juga ada Minseok yang lagi goleran mumpung gak ada tamu yang dateng. Jongdae duduk di kursi bareng Chanyeol sama Pak Minho, “Udah ke rumah emak sama bapakmu, Ris?”
“Udah, Buk. Barusan banget dari sana terus ke sini.” jawab Chanyeol, tangannya lagi bukain jelly buat Arvenda.
“Bang Afi’ udah ke sini?” Baekhyun yang nanya.
“Belum.” ini Minseok yang jawab, dia bangun dari acara golerannya lalu nyedot teh gelasan di depannya, “Palingan nanti sore.” lanjutnya.
“Ita semalem ngirim chat.” Jinan masuk obrolan, duduk di sebelah Minseok sama Baekhyun.
“Ngechat gimana, Nan?” tanya Pak Minho.
Jinan nyandarin punggungnya terus ngambil segelas teh di depannya, “Katanya ibunya mau ikutan dateng ke sini. Ita mau minta izin dulu, boleh gak dia bawa ibunya ke sini. Kalau gak boleh, ya gak jadi ikut.”
“Mau apa?” ini Jongdae yang nanya, matanya memicing tajam. Tiba-tiba dia keinget malem-malem dia ngebut di jalan sambil bawa adek ipar sama keponakannya yang berlumuran darah ke rumah sakit.
“Mau silaturahmi, Mas Dae. Mau apa lagi emangnya?” Jinan natap kakak iparnya yang barusan bersuara dan sekarang lagi ngehempasin punggungnya.
“Siapa tau mau nyantet lagi.”
Minseok langsung ngelemparin kacang polong ke arah suaminya dan telak kena jidat.
“Mulutmu!”
Jongdae hendik bahu, “Siapa yang tau pikiran orang lain?”
Diem, gak ada yang bersuara. Chanyeol sama Baekhyun juga mendadak diem.
Udah lama mereka gak ketemu sama Dzalika. Sejak wanita itu udah resmi gak punya hubungan lagi sama Syafii dan kondisinya mulai membaik, keluarga Minho gak ada yang nengok, paling sesekali denger kabarnya dari orang-orang. Chanyeol maupun Baekhyun juga bisa dibilang gak mau tau, buat apa gitu peduli sama orang yang hampir bunuh anak mereka. Bodo amat dikata jahat dan gak peduli sama nasib orang, tapi bukannya lebih jahat apa yang dilakukan Dzalika? Ngungkit masa lalu? Emangnya ada orang yang bisa benar-benar menyimpan rapat kenangan buruk masa lalu? Ada sih pastinya, tapi Chanyeol sama Baekhyun bukan dari bagian orang-orang hebat itu.
KAMU SEDANG MEMBACA
RAMADHAN KELUARGA PAK CHANYEOL [Jilid 3] ✔
FanfictionIni adalah seri ke-tiga dari 'Ramadhan Keluarga Pak Chanyeol' Menceritakan tentang keseharian keluarga Haris Chanyeol selama bulan Ramadhan. Bertambahnya anggota keluarga membuat rumah sederhana itu kian ramai, apalagi ketika si sulung pulang dan me...