25. Playboy

3K 472 121
                                    

Sini yang katanya kangen.

~*~

Rumahnya Mbah Min rame hari ini. Jelas soalnya keluarganya pada kumpul semua. Sebenernya sebelumnya juga udah pada ngumpul sih, tapi kurang keluarganya Dyo aja yang gak ada karena orangnya melancong jauh sendiri.

Para istri lagi pada nyiapin bumbu di ruang tengah sedang para suami lagi motong sama bersihin ayam. Sebenernya si Hanbin request buat nyembelih kambing, tapi ditanya sama Pak Minho,

‘Kambingmu yang disembelih mau?’

Habis itu Hanbin bales,

‘Gak jadi, ayam aja. Kambingku nanti jadi janda, anak-anaknya jadi yatim.’

Rada kampret emang.

Luhan sama Kaaffah berangkat ke toko buat beli bumbu yang kurang sama beli buah. Niatnya mau bikin es buah gitu sesuai requesan terbanyak. Tadinya bapak-bapak pengen es campur, tapi ibu-ibu pengennya es buah. Para bocil manut aja asal seger.

“Di sana lo pernah buka bareng kaya gini, Zar? Sama temen atau siapa gitu?” tanya Hanbin, tangannya telaten nyabutin bulu ayam yang basah karena sebelumnya direndem air hangat biar lebih gampang dicabutinnya.

“Pernah, Paklek. Dua hari sebelum pulang saya sama tetangga ngadain buka bersama.” jawab Jongin, dia lagi iris-iris daging ayam yang udah dibersihin bulunya sama Hanbin.

“Tetangga yang mana? Yang kaya setan itu?”

Jongin geleng sambil ketawa, “Bukan. Yang kaya setan udah gak pernah dateng lagi. Ini tetangga baru, Paklek. Orangnya baik-baik, temen deketnya Dyo kalau saya tinggal kerja.”

Hanbin manggut-manggut. Lega deh dia kalau Dyo di sana punya temen ngobrol pas ditinggal kerja sama Jongin. Soalnya yang dia tahu, Dyo selalu kesepian tiap kali Jongin kerja. Kerjaannya di rumah paling goleran sambil nemenin anaknya main. Kadang juga garap tulisannya, itupun kalau anaknya gak rewel. Dyo jarang keluar rumah kalau gak sama Jongin. Mau keluar pun palingan ke pasar atau ke mini market terdekat aja.

“Masih lama ini ayamnya?” tanya Chanyeol, kedua tangannya disimpan di pinggang sambil lihatin ipar sama mantunya.

“Masih segitu tuh,” jawab Hanbin, ngendikin dagunya ke arah dua ekor ayam di dalem ember besar yang belum dicabutin bulunya. Uap dari air panas yang dipake buat ngerendem ayamnya mengepul, suam-suam bau amis menguar.

“Sini dibantuin.” kata Chanyeol, ngambil sebongkah bata nganggur yang dihinggapi lumut kemudian dipake buat duduk.

Tadi Chanyeol ada keperluan sebentar, jadi gak ikut nyembelih ayamnya dan baru dateng sekarang.

“Bapak sama Mas Dae ke mana?” tanya si Papih, dia nyabutin bulu ayamnya dengan telaten, sesekali berjengit waktu kulitnya ngerasa panas.

“Lagi bakar areng di belakang.” jawab Jongin, dia masukin daging ayam yang udah dia potong ke dalem baskom.

“Katanya mau dibikin apa aja nih ayam-ayamnya?” tanya Chanyeol lagi, di kepalanya lagi nampilin ayam bakar dengan sambal kecap kacang yang mantap, lumer, maknyus.

“Kata Ibuk sih mau dibakar, dikare, sama dibumbu bali, Mas. Tapi tadi bocil-bocil minta dikecapin juga.” jawab Hanbin sambil nyerahin ayam yang udah dia babat bersih bulunya ke Jongin.

“Ngabisin apa ya enam ekor begini?” kekeh yang paling tua, dia bersit keringat yang ngalir di keningnya pake lengan kemejanya.

Hanbin nyenggol bahu kakak iparnya.

“Ya habis lah, Mas. Itung dari keluarga sampean ada berapa, terus dari keluargaku sendiri, Bapak, Ibuk, terus keluarganya Pentol, belum lagi kalo Bang Afi’ sama Mbak Fina dateng. Berapa hayo? Terus itu, biasanya Bapak ngasih tetangga juga. Pastinya habis lah, Mas.” jelasnya, “Malah Bapak juga ngundang Pak Yun sama Mak Jae.”

RAMADHAN KELUARGA PAK CHANYEOL [Jilid 3] ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang