20. Ikan Lele

2.8K 446 110
                                    

Hi,

~*~

“Kak, bangun.” Baekhyun guncang bahu Chanyeol beberapa kali, “Kak, ditungguin Chandra tuh. Katanya janjian mau mancing.” sambungnya.

Chanyeol masih anteng, gak keganggu sama sekali tidurnya atas guncangan istrinya. Baekhyun ngedecak kesel, pengen deh rasanya ngambil panci sama sutil terus ditabuhin di deket kuping suaminya. Tapi dia gak mau ngambil resiko kena sembur.

“Kak Haris, Chandra udah nungguin dari tadi tuh,” ulang Baekhyun, guncangan di bahu suaminya makin kenceng, “Kak Haris, leh!”

Si Papih ngulet lalu nguap dilanjut garuk-garuk punggungnya yang dihinggapi beberapa debu sama serpihan kertas bekas main anak-anaknya. Dia tidur gak pake baju, terus tidurnya di lantai gak pake alas.

“Apa sih, Dek? Masih pagi loh.” kata Chanyeol sambil mau balik tidur lagi.

Baekhyun muter bola matanya males, “Pagi, pagi! Matahari udah naik di atas kepala dikata pagi. Aku udah pulang dari pasar loh ini. Cepet bangun, sholat Dhuhur terus temuin Chandra. Kasihan udah nungguin kamu dari tadi.”

Decakan pelan lolos dari mulut Chanyeol. Dia masih ngantuk banget loh ini, perasaan baru merem.

“Emangnya aku sama Chandra mau ngapain toh?” tanya dia sambil bangun dari acara tidurannya. Dia garuk pipinya yang nyetak bantal. Matanya masih setengah merem.

“Katanya kamu janjiin Chandra mancing ikan lele sama mujaer di jublang.” jawab Baekhyun.

Chanyeol gak langsung nanggapin, keningnya ngerut nyoba inget-inget kapan dia ngasih janji ke Chandra.

Sekarang giliran Baekhyun yang ngedecak. Dia tepuk kening suaminya biar sadaran dikit.

“Kapan toh aku janjiinnya?” tanya si Papih lagi.

“Ck, kemaren pas pulang teraweh! Perasaan belum tua-tua amat tapi kok udah pikun.”

Setelah beberapa detik berusaha buat inget-inget kapan dia ngasih janji Chandra, akhirnya dia inget juga. Kekehannya keluar, wajahnya kelihatan bodoh banget. Sekali lagi dia garuk pipinya kemudian bangkit berdiri buat nyamperin Chandra di ruang tamu.

“Chandra,” panggil Chanyeol sambil masang cengirannya.

Pria tinggi yang lagi duduk sambil main hp itu noleh ke arah Chanyeol kemudian senyum, “Pak,” balesnya.

“Maaf ya, tadi saya sempet lupa. Saya sholat dulu.”

Chandra manggut, “Iya, Pak santai aja. Saya gak buru-buru kok.”

Si tuan rumah ngacungin jempol habis itu masuk lagi, jalan ke kamar mandi mau ambil wudhu.

“Aku lama gak ketemu sama Yuni, Ndra. Sehat kan?” tanya Baekhyun kemudian duduk di kursi yang lain. Nemenin tamunya biar gak kelam kelom sendirian.

Yang ditanya nyengir, kelihatan agak salah tingkah.

“Lagi isi, Kak Hyun, jadi jarang keluar. Sering lemes.” jawabnya, ngundang bolahan bibir serta binar mata dari Baekhyun.

“Walaah, Alhamdulillah kalau gitu. Pantesan jarang kelihatan, biasanya masih ketemu di pasar.” kekeh Baekhyun.

Chandra nyengir sambil manggut.

Dua orang itu ngobrol ringan sembari nunggu Chanyeol selesai sholat. Baekhyun tadinya mau nanya Chandra mudik atau enggak, tapi keinget ibunya Chandra baru aja meninggal, dia jadi ngurungin niatnya. Takut menyinggung gitu.

Gak lama Chanyeol selesai sholat. Udah seger wajahnya, cetakan bantal di pipi juga udah gak ada.

“Ayo, Ndra.” seru Chanyeol.

RAMADHAN KELUARGA PAK CHANYEOL [Jilid 3] ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang