14. Pertahanan

2.4K 450 117
                                    

Masih 6 tahun lalu

~*~

Dyo baru aja nutup mata dan kesadarannya hampir ditarik ke alam mimpi, tapi suara bantingan benda yang asalnya dari depan kamarnya bikin dia bangun lagi dengan degup jantung bergemuruh.

“Aku minta maaf, aku salah, Kak. Aku sadar aku salah. Tolong maafin aku hiks.”

Kantuk Dyo langsung ilang waktu denger isakan penuh permohonan itu. Suara Baekhyun.

Suara benturan dia denger sesaat kemudian, entah apa yang kebentur tapi setelahnya dia denger ringisan dicampur suara isakan yang sama.

“Kak--

“Kamu itu bodoh. Ini suamimu, kurang sabar apa lagi aku selama ini?”

Ini suara ayahnya, Chanyeol. Dyo mejamin mata, keinget masalah kedua orang tuanya. Kepalanya yang sejak tadi udah pusing sekarang nambah pusing.

“Iya aku bodoh. Aku minta maaf, Kak…”

“Aku udah peringatin kamu berkali-kali, tapi kamu bilang ‘gak ngapa-ngapain’ terus. Kamu inget aku ini masih suamimu kan? Kamu masih punya hormat buat suamimu kan? Kamu itu--

“Pih!”

Dyo udah gak kuat, dia buka pintu kamarnya dan berseru ke kedua orang tuanya yang lagi bersitegang. Chanyeol noleh ke anaknya yang natap dia datar. Dyo jalan nyamperin Baekhyun yang duduk di lantai, bersimpuh di depan suaminya yang duduk di kursi meja makan, sama kaya adegan sore tadi.

Dyo ngepalin tangannya samar-samar kemudian duduk di sebelah ibunya dan meluk lelaki penuh urai air mata yang masih sesenggukan sambil terus memohon maaf.

Chanyeol buang muka dan diem ketika Dyo natap dia. Perasaan Dyo campur aduk. Dia gak kepikiran kalau bakal jadi kaya gini masalahnya. Tapi Dyo gak mau bela siapapun di sini, dia bener-bener gak mau menyuarakan apapun, entah kenapa isi kepalanya seolah kosong, yang dia lakuin cuma meluk ibunya dan dengerin sosok itu nangis.

“Umam itu udah punya istri, udah punya anak juga. Apa pantes orang yang udah beristri tanya hal-hal remeh, bahkan deketin istri orang? Kamu itu goblok! Apa-apa dianggep biasa. Apa kamu juga bakal nganggep biasa kalau Eli chat aku malem-malem, nanya aku ini itu, bilang habis makan ini makan itu, nanya pendapat bajunya cocok atau gak? Apa kamu sadar kalau kamu udah jadi orang jahat buat Eli? Masalah kaya gini aja kamu gak sadar, Hyun!”

Tangan Chanyeol mau nyentuh kepala Baekhyun, tapi Dyo buru-buru ngehalangin niatan ayahnya dengan nutupin kepala ibunya. Dyo tatap mata merah Chanyeol sambil gelengin kepala pelan, bilang lewat tatapan matanya kalau jangan main tangan. Tangan Chanyeol turun dengan agak gemetar. Sadar dengan kesalahannya.

Isakan Baekhyun makin kenceng, tubuhnya meringkuk bak janin dalam pelukan Dyo. Bibirnya ngeracauin permintaan maaf, dia gak bisa ngasih pembelaan apapun karena dia sadar dia yang salah.

Mata Dyo mengedar dan terpaku ke salah satu genangan di sebelah lemari sama beling yang bertebaran. Benda itu yang bikin dia bangun. Pasti Chanyeol habis banting gelas gak bersalah itu buat ngelampiasin amarahnya yang gak bisa dia salurin ke Baekhyun. Posisi meja makan berikut kursinya udah melenceng gak sesuai tatanan awal.

“Mas, kamu udah dewasa sekarang, Papih sebenernya malu karena nunjukin pertengkaran ini di depan kamu. Tapi kamu harus tau apa yang nyebabin Papih marah. Maaf kalau kamu lihat Papih kasar ke Mamih lagi. Menurut kamu, Papih pantes gak marah kalau lihat istri Papih dipegang orang lain? Dideketin orang lain? Apa Papih salah kalau Papih marah dan gak nyaman?” Chanyeol ngambil jeda beberapa saat.

Dyo gak nyelah sama sekali, dia dengerin ayahnya dengan baik, dia juga pengen denger penjelasan dari sisi Chanyeol. Dia gak mau ngambil kesimpulan dari satu sisi aja, dia gak mau salah ambil tindakan, gak mau menyalahkan orang yang gak seharusnya disalahkan, atau membenarkan orang yang gak pantes dibenarkan.

RAMADHAN KELUARGA PAK CHANYEOL [Jilid 3] ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang