Judulnya rada tai.
~*~
Sehun sama Alif nagih bapaknya buat mancing di ladang. Udah dari kapan coba mereka nagihin Papih buat diajak mancing, tapi sampe sekarang belum berangkat juga. Ada aja alasannya pokoknya. Dan sekarang mereka gak mau dikasih janji-janji palsu lagi, pokoknya hari ini mereka harus berangkat mancing sebelum ikan-ikannya pada ilang dimakan biawak berkaki dua.
Jadilah sehabis Ashar tet si Papih sama tiga krucilnya berangkat ke ladang sambil bawa perlengkapan buat mancing ikan lele sama mujaer.
“Pentolnya ndak kurang banyak, Papih Haris?” tanya Alif sambil lihatin pentol di dalem plastik putih yang tadi siang dibeliin Mamih di pasar.
Beli pentol bukannya dimakan sendiri malah dipake buat ngumpan ikan.
“Udah cukup itu, keenakan ikannya dikasih umpan pentol. Orangnya sendiri aja puasa.” jawab Chanyeol tanpa noleh ke si dedek yang jalan di belakangnya.
“Ya biar ikannya seneng, Papih Haris, biar banyak yang dateng, nanti kita dapet ikan banyak juga.”
Si Papih cuma geleng kepala, suka-suka anaknya aja deh, kalo dia jawab dengan jawaban yang berseberangan pasti si dedek bakalan ngebales dengan jawaban yang lebih berlawanan lagi.
“Harusnya sih umpannya bukan pentol.” sambung Alif.
“Terus apa kalau bukan pentol? Emang Alif berani ambil cacing?” sahut Sehun yang jalan di barisan paling belakang, di depannya ada Didi Aca.
“Ih ih ih siapa yang bilang umpannya cacing.” Alif noleh ke belakang dan natap sengit abangnya.
“Terus apa?”
“Gimbal tempe sama ote-ote lah. Kalau gak gitu gimbal jagung. Pasti ikannya banyak yang dateng terus kemeruyuk karna umpannya enak hehehehe.”
Chanyeol ketawa, dia berhenti jalan lalu balik badan dan nyentil kening anaknya yang banyak omong ini.
“Kalau gitu ikannya Alif, kan Alif yang suka gimbal tempe, gimbal jagung sama ote-ote.” kekehnya dilanjut ngusak rambut si Dedek.
Alif cengengesan, “Bener kan, Papih Haris, kalau umpannya enak pasti ikannya banyak yang dateng.”
“Hahaha iya terserah Alif aja deh.”
Sehun no komen, terserah si Alif aja mau ngomong apa. Sedangkan Aca dari tadi cuma diem, gak tau juga abang-abangnya lagi bahas apaan, dia sendiri sibuk mainin rumput-rumput yang tumbuh sepanjang jalan.
Sampe di gubug Alif langsung ngambil ember yang biasa dipake buat nampung hasil pancingan. Sehun gak mau kalah, dia ambil ember yang paling besar yang tempatnya lumayan tinggi jadi Alif gak bisa ambil.
“Kalau Aa dapet besar, Aa sendiri yang makan, Alif sama Papih ndak boleh makan.” Sehun ngejulurin lidah.
“Kalau Aca boleh, Aa?” tanya si mungil, mata buletnya yang cemerlang berbinar penuh harap.
Sehun nyengir, dia cubit gemes pipi tembem adek lucunya terus jawab, “Ya boleh dong. Nanti ikannya kita maem berdua aja, Papih sama Kakak Alif jangan dikasih.”
“YEEEEAY!” Aca teriak kegirangan lalu meluk pinggang Sehun.
Alif ngelirik sinis abangnya kemudian mentungin gagang pancingnya yang terbuat dari bambu muda ke kepala Sehun.
“Ndak boleh sombong dulu, kata Pak Guru kalau sombong nanti dapet ikannya kecil.” katanya sengit.
“Dih, dih, dih kata Pak Guru siapa gitu?” Sehun bales natap adeknya lebih sengit.
KAMU SEDANG MEMBACA
RAMADHAN KELUARGA PAK CHANYEOL [Jilid 3] ✔
FanficIni adalah seri ke-tiga dari 'Ramadhan Keluarga Pak Chanyeol' Menceritakan tentang keseharian keluarga Haris Chanyeol selama bulan Ramadhan. Bertambahnya anggota keluarga membuat rumah sederhana itu kian ramai, apalagi ketika si sulung pulang dan me...