27. Semak-semak

3.1K 465 66
                                    

He,

Flashback | 6 tahun lalu

~*~

Kalo ikut pondok Ramadhan tuh emang bawaannya pengen tidur terus, padahal kalo di rumah jarang tidur siang. Sekarang masih waktunya materi, tapi mata Sehun udah gak kuat buat diajak melek nyimak pak guru yang lagi ngasih penjelasan materi di depan.

“Abil mau ngapain?” tanya Joni sama Jeno hampir barengan waktu lihat sobat mereka tiba-tiba turun dari kursi. Mereka duduk bertiga jejeran satu bangku omong-omong.

“Ngantuk, mau tidul.” jawab si adek sambil nguap.

“Nanti ketahuan sama Pak Thoha dimarahin loh.” bales Jeno.

“Jeno thama Joni tutupin Thehun kalau gitu bial ndak kelihatan.”

Tiga bocah itu ngobrolnya sambil bisik-bisik biar gak kedengeran, lebih untung lagi tempat duduk mereka ada di belakang.

“Yaudah sana tidur, nanti kalau Pak Thoha ke sini aku bangunin.” kata Joni.

Sehun nyengir lalu ngacungin jempol ke dua sobatnya. Habis itu dia berbaring, pecinya dilepas dan dijadiin sebagai bantal. Ah, lega banget rasanya, mana lantainya dingin, angin dari kipas angin juga adem, ashoy lah buat bobok siang.

Gak butuh waktu lama Sehun udah bener-bener lelep tidurnya, saking ngantuknya dia sampe baru mejamin mata aja udah amblas. Joni sama Jeno lihatin Sehun beberapa detik habis itu balik ke depan lagi nyimak penjelasan Pak Thoha. Ini hari kedua pondok Ramadhan. Tahun ini pondok Ramadhannya diadain tiga hari tiga malem, ya sama aja sih kaya tahun-tahun sebelumnya.

Pak Thoha berdiri dari tempat duduknya kemudian berkeliling selagi para santri nyatet apa yang beliau tulis di papan. Santri-santri gak ada yang ngeh kalo guru mereka lagi patroli buat lihatin siapa aja yang nyatet dan siapa yang gak nyatet. Joni sama Jeno yang sibuk nyatet juga sampe gak notice.

Kening Pak Thoha ngerut waktu lihat ada kaki yang nongol dari balik bangku paling belakang. Karena penasaran, beliau langkahin kakinya ke arah kaki bocah cilik yang nongol dari sana. Dan seketika itu, barulah Joni sama Jeno sadar, mereka lupa gak bangunin Sehun.

Pak Thoha diem beberapa saat waktu lihat ternyata ada satu santrinya yang nyuri waktu tidur pas dia ngejelasin. Joni sama Jeno tepok jidat sambil saling sikut dan bisik-bisik tentang gimana nasib si adek kalau Pak Thoha sampe ngasih hukuman.

“Nyenyak banget ya tidurnya.” kata Pak Thoha, beliau udah jongkok di depan kaki Sehun sambil guncang pelan kaki santrinya yang anteng banget tidur.

Sehun ngerutin dahinya lalu mengerang pelan dan ganti posisi tidur jadi miring.

Para santri yang semula pada fokus ke catetan sekarang ngalihin fokus mereka ke arah Sehun sama Pak Thoha. Santriwati pada nahan tawa dengan nangkupin telapak tangan depan mulut, sedangkan santriwan terutama kakak kelas udah gemes banget pengen ngelemparin Sehun pake gulungan kertas.

“Wah, kayanya udah mimpi sampai Surabaya ini.” lanjut Pak Thoha, balik guncang kaki Sehun lagi.

Si adek ngedecak, hampir nendang tangan Pak Thoha yang bertengger di atas kakinya.

“Ck, apa thih? Thehun mathih ngantuk loooh.” si adek menggerutu, bibir merahnya yang agak pecah-pecah itu manyun karena tidur siangnya diganggu.

“Ya ndak apa-apa sih kalau mau tidur siang, tapi nanti aja kalau materinya sudah selesai.” jawab Pak Thoha.

Kerutan di dahi Sehun makin dalem, dia gak balesin Pak Thoha. Kayanya dia lagi mencoba buat narik kesadarannya.

Seluruh santri udah gak kuat buat terus-terusan nahan tawa, tapi ketua kamar anak cowok berdesis dan naruh telunjuk di depan bibir, ngisyaratin para santriwati yang udah siap meledakkan tawa itu buat nahan dulu.

RAMADHAN KELUARGA PAK CHANYEOL [Jilid 3] ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang