Tadi ada temanku yang bertanya kepadaku, katanya "gimana sih cara kita mengetahui bahwa jalan yang sedang kita Titi itu benar-bebar jalan yang Allah beri?"Pertanyaan nya sangat bagus, meskipun awalnya aku dibuat bingung, beberapa menit aku berpikir lalu mencoba menjawabnya dari hati ke hati. Aku bilang sama dia. "Misal nih, Setelah kita berusaha, setelah kita berjuang, setelah ngerasain gagal, dan tiba-tiba di hujung perjalanan kita sampai di titik keberhasilan, itulah jalan yang Allah beri, kenapa Kita di uji dengan kegagalan di awal, kenapa kita harus berurai air mata, berarti itu bukan yang terbaik untuk Kita, Allah kepengen Kita berjuang lagi, berusaha lebih banyak lagi.
ketika Kita sudah sampai di waktu yang pas maka Allah akan kasih Kita sesuatu yang Kita pinta Selama ini bahkan Allah kasih melebihi apa yang Kita pinta. Kuncinya sabar, berdoa, & terus berusaha. Jangan lupa pasang niat yang Baek (untuk membahagiakan hati orgtua, dll) kalau niat Kita Baek insyaallah Allah akan tuntun jalan Kita.
Untuk Kito tahu kalau jalan yg Kita Titi itu benar: yang pasti bukan jalan maksiat, Kita berada di jalan yang diridhoi oleh Allah, Kita cari nafkah dengan jalan yang halal bukan jalan haram, Kita dapat uang dari hasil kerja keras alias dari keringet Kita sendiri, dll.
Lalau dia bertanya lagi, "ketika kita ingin melangkah apakah kita pantas meminta petunjuk sama Allah?".
Langsung aku menjawab dengan spontan. "Kenapa tidak pantas?, Bahkan sebelum kita melangkah, alangkah lebih baiknya Kalaun kita istihoro dulu, minta petunjuk sama Allah, sharing sama Allah, curhat Sama Allah. Nanti seiring berjalanny waktu Allah bakalan kasih Kita jalan melalui perantara orang-orang baik, terkadang juga Allah kasih jalan yang tidak pernah Kita duga2.
Akhirnya dia pun terdiam, terkadang orang-orang seperti ini dibalik pertanyaannya tersimpan rasa bimbang, rasa ragu yang membuat dia berada di posisi frustasi, juga tidak percaya dengan dirinya sendiri karena pemikiran-pemikiran negatif yang dia punya, menurutku selagi itu baik, juga tidak merugikan orang lain, yaa gapapa, tidak ada masalah, kita harus percaya sama diri kita sendiri, kalau bukan diri kita yang memberi semangat, lalu siapa lagi.
22-05-22
KAMU SEDANG MEMBACA
Magic Shop
ContoMagic Shop adalah sebuah pintu khusus sekaligus tempat untuk orang-orang yang patah, rapuh, bahkan hancur, disini juga ada kata-kata yang bisa memotivasi sekaligus kisah perjuangan yang tidaklah mudah untuk dilalui tapi karena keyakinan dari dalam d...