15-06-1794
Pelabuhan merak, banten.
Pagi Hari ini suasana pelabuhan merak menjadi sangat ramai sebab kesultanan sunda baru secara diam-diam telah membangun 4 kapal baja bermesin uap yang telah diuji kualitasnya.
Keempat kapal itu adalah KKS siliwangi, KKS walangsungsang, KKS surasowan, dan KKS Surawisesa yang dengan gagah mengapung diatas laut dan sulit dipercaya bagi orang-orang.
(kks=kapal kesultanan sunda)(gambar bukan miliku)
Dengan 4 mesin uap terbaru rancangan(copy-an) sultan muhammad jalal akbar dan dibuat secara rahasia di bengkel istana membuat keempat kapal ini menjadi menjadi kapal terbesar diseluruh nusantara.
Berikut spesifikasinya.
_____________________________
Panjang :173 m
lebar 23 m
Tinggi: 9
Berat:17.250 ton
Berat penuh:26.000 ton
Kecepatan maksimal: 25.5 knot
Maksimal jelajah:5,720 kmPersenjataan:
-4 batteri meriam utama berlaras ganda kaliber 305 mm.-12 meriam sekunder berlaras tunggal kaliber 155mm
-16 meriam berlaras tunggal kaliber 105mm.
_____________________________Disuatu kedai, nampak 2 orang eropa sedang berbincang sambil melihat ke jendela.
Di kedai itu mereka nampak membicarakan mengenai kapal baru milik kesultanan sunda.
"Schauen Sie sich dieses riesige Stahlschiff an, es ist erstaunlich, dass diese asiatische Nation uns Europäer übertrifft"
(lihat kapal baja raksasa itu, sungguh luar biasa bangsa asia ini melampaui kita bangsa eropa)
"Richtig, sie stellen auch Dampfmaschinen her, die viel fortschrittlicher sind als unser Land"
(Benar, mereka juga membuat mesin uap yang jauh lebih maju dari negara kita)
"Oh ja, ich habe gehört, dass das Sunda-Königreich auch die Schlacht von Jakarta gewonnen hat, ich habe gehört, dass der König der Niederlande und die Funktionäre der ostindischen Gewerkschaft ebenfalls Gefangene waren"
(oh ya, kudengar juga kerajaan sunda berhasil menang dalam pertempuran jakarta, kudengar juga raja belanda dan petinggi serikat dagang hindia timur juga menjadi tawanan)
"Nicht nur das, alle beschlagnahmten Schiffe der niederländischen königlichen Flotte werden als ihre Schiffe verwendet. Ganz zu schweigen davon, dass sie jedem Schiff, das aus der Schlacht gestohlen wurde, eine Panzerung hinzufügen."
(bukan itu saja, seluruh kapal armada kerajaan belanda sudah dirampas dan dijadikan kapal mereka. Belum lagi mereka menambah lapisan baja pada setiap kapal hasil jarahan dari pertempuran itu)
Diluar kedai ada ibu² sedang berjalan setelah berbelanja kebutuhan di pasar utama bersama putranya.
"bu lihat! Kapal raksasa itu punya sultan!"
KAMU SEDANG MEMBACA
Be A Sultane In Another World
Historical FictionMengisahkan seorang remaja SMA yang secara tidak sengaja menemukan sebuah pintu rahasia dikamarnya sendiri, ketika dia membuka pintu tersebut dia berada disebuah kamar mewah dengan banyak pernak pernik emas. Beberapa saat setelah masuk kedalam pintu...