10-06-1796
Diistana saint james, aula tahta.
Raja george ketiga sedang mengadakan pertemuan dengan pejabat sipil, militer, serta para bangsawan dalam menanggapi denda dan kerugian yang diberikan akibat perang melawan kesultanan sunda sebelumnya dan hal itu menjadi tamparan paling memalukan dalam sejarah britania yang mana menjadi bangsa penjelajah paling sukses saat ini.
"yang mulia, duke wales datang menghadap"
"baik, biarkan dia masuk"
Duke wales pun masuk dan berlutut ada raja george 3, sang raja pun mengangguk menanggapi kedatangannya.
"jadi sepupuku...apa yang sebenarnya kesultanan sunda miliki sehingga kita kalah dengan banyak kerugian termasuk kehilangan wilayah semenanjung malaya dan membuat nama kerajaan kita yang agung menjadi ternodai"
"yang mulia, dengan segala hormat saya akan jujur jika kesultanan sunda punya kapal baja dengan teknologi yang belum bisa kita jangkau saat ini"
"dan kenapa menurutmu begitu"
"meriam utama, meriam sekunder, mesin kapal, pelatihan kru, persenjataan pendukung, logistik dan masih banyak lagi yang jauh melebihi kemampuan kita"
Brak!
Raja george 3 hanya bisa menggebrak kursi tahtanya setelah mendengar perkataan sepupunya itu.
"lalu apakah memungkinkan jika kita menyerang mereka?"
"saya dengan sangat memohon agar yang mulia tidak pernah melakukan itu, kesultanan ottoman saja sudah menjadi lebih kuat berkat 3 kapal terbaru yang dibeli dari kesultanan sunda dan teknologinya juga mirip menurut staf kementrian luar negri ottoman dan sunda"
"...baiklah, namun untuk saat ini apa pilihan terbaik menurutmu?"
"jika yang mulia meminta pendapat saya maka...lebih baik kita bekerjasama dengan sunda, kemampuan teknisi dan juga ilmu teknologi mereka berada jauh didepan kita, mereka bisa membangun kapal baja sepanjang ratusan meter kurang dari 5 tahun dan lagi mesin yang digunakan sanggup membuat kapal-kapal raksasa tersebut mampu bergerak dilautan dengan kecepatan maksimal 30 knot belum lagi jangkauan jelajahnya yang sangat luar biasa"
"saya juga sempat bertanya pada beberapa ahli ottoman yang terkenal dan mereka bilang butuh paling tidak 50 tahun untuk mempelajari setiap detail dari kapal kesultanan sunda"
"ini sangat mengejutkanku, jika hal ini tidak terjadi dengan saksi para pemimpin dunia maka pasti perutku sudah sakit"
"bayangkan saja, negara yang baru terbebas dari penjajahan berhasil memukul mundur negara yang jauh lebih besar dan kuat dari penjajahnya"
""hahahaha""
Semua yang hadir disana setuju dengan komentar raja george 3, karena memang terdengar sangat mustahil negara yang baru merdeka mempermalukan salah satu negara adidaya diwilayah koloninya.
"baiklah, sepupuku duke wales. Dengan ini aku menugaskanmu sebagai perwakilan britania dalam membentuk hubungan baik dengan sunda, ottoman, persia, maupun mughal. negara-negara itu bukanlah tipe agresor namun spanyol, dan portugal akan menjadi fokus utama kita, sebab mereka sedang menumpuk pasukan diperbatasan koloni kita"
"kau boleh pergi dan kuharap yang terbaik darimu"
"baik yang mulia"
Duke wales pun pergi meninggalkan ruang tahta.
"baik kita lanjut, bagaimana dengan persiapan perang kita di benua amerika utara?"
Panglima royal british army, sir hannek pun maju dan berlutut dihadapan raja, raja pun mengangguk seperti sebelumnya.
KAMU SEDANG MEMBACA
Be A Sultane In Another World
Historical FictionMengisahkan seorang remaja SMA yang secara tidak sengaja menemukan sebuah pintu rahasia dikamarnya sendiri, ketika dia membuka pintu tersebut dia berada disebuah kamar mewah dengan banyak pernak pernik emas. Beberapa saat setelah masuk kedalam pintu...