kebahagiaan yang harganya murah

9 3 0
                                    

Kamu punya kalkulator di dalam dirimu dan menghitung berapa kebahagiaan yang bisa kamu dapatkan dari selembar uang dua puluh ribu.

Kamu terus mengkalkulasi hidupmu.

Kebahagiaan yang harganya murah tidak akan membuatmu khawatir. Jajanan pinggir jalan mudah didapatkan dengan selembar uang dua puluh ribu rupiah. Bahkan, uang itu bisa kamu gunakan untuk kalkulasi biaya makan satu hari. Tapi, untuk membeli kebahagiaan, uang itu tidak akan terlalu membuat dompet dan kalkulasimu khawatir berlebihan.

Kopi instan adalah kebahagiaan yang harganya murah. Dibandingkan harus duduk dan memesan kopi di kedai yang punya barista. Terkadang, kebahagiaanmu mudah digoyahkan hanya karena selembar uang dua puluh ribu. Minum segelas americano tidak membuatmu langsung jatuh miskin, tapi kamu akan mengkalkulasi sekali lagi uang yang tersisa di dompetmu.

Sekali lagi, kamu terus mengkalkulasi hidupmu.

Memakai baju, tas, dan sepatu yang sama di acara yang berbeda-beda mungkin lebih baik daripada melihat kembali isi dompet dan tagihan hidupmu yang lain. Kebahagiaan yang harganya murah hanya kamu perlihatkan pada gantungan kunci di tas selempangmu dan buku catatan baru.

Seseorang mengatakan padamu bahwa tidak penting baju, tas, atau sepatu apa yang kamu pakai, tapi yang terpenting adalah tempat yang kamu datangi. Kamu bisa mendapat kebahagiaan yang harganya murah dari perkataan hangat orang lain.

Untuk hal itu, kamu tidak mengkalkulasi hidupmu.

Kebahagiaan yang harganya murah bisa didapat dengan mudah tanpa mengkalkulasi selembar uang dua puluh ribu. Kebahagiaan yang harganya murah adalah rasa terima kasih pada dirimu sendiri. Kamu tidak perli mengkalkulasi sebanyak apa yang harus kamu keluarkan untuk sebuab kebahagiaan. Menjadi tenang dan bersyukur adalah kebahagiaan yang harganya murah.

CAUSE, YOU JUST HATE YOURSELFTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang