Part 17 : Apologizing to Altair is Very Difficult

60 9 0
                                    

—🐾

Berkat bantuan Arsen, Elvano bisa meminta maaf kepada Inka dengan cukup mudah walaupun harus ada perdebatan dengan Elena lebih dulu selama hampir satu jam lamanya, tapi akhirnya Inka mau memaafkan Elvano.

“Jadi, lo mau gue bantuin buat minta maaf ke Alta?” tanya Inka.

Setelah acara minta maaf tadi, keempat sahabat itu malah duduk bersantai di ruang tamu rumah Inka sambil memakan pizza dan ayam goreng KFC yang dibawa oleh Elvano. Elena sendiri sudah tak peduli tentang apa yang dibicarakan oleh Elvano, ia hanya asyik memakan ayam goreng hingga sesekali harus ditegur oleh Inka agar jangan terlalu rakus atau ia akan tersedak.

“Iya, lo ada ide?” tanya Elvano.

Inka menggeleng, “selama gue kenal Alta, dia tuh jarang banget maafin orang. Ya, lo semua bisa bilang dia pendendam, tapi memang selama ini hampir enggak ada orang yang dimaafin sama dia walaupun udah minta maaf bahkan sampe ngemis-ngemis maaf gitu,” jawabnya.

“Sadis bener cowok lo. Kok lo mau pacaran sama dia? Kalian kalo marahan gimana dong?” tanya Elena yang tiba-tiba tertarik.

“Waktu awal kenal juga gue udah tau dia orangnya enggak pemaaf. Dia bahkan susah dideketin dulu tuh, sampe kalo buat kerja satu kelompok sama dia aja, mungkin temen-temen sekelompoknya malah mending ngedepak dia dari kelompok dan dianya juga enggak peduli banget. Makanya banyak mata kuliah dia yang enggak lulus.” Inka kembali menjelaskan.

“Lo tau alasan dia gitu?” tanya Elvano. Inka menatapnya ragu, “enggak pasti sih, tapi dia pernah bilang kalo dia pernah maafin seseorang.”

“Nah, berarti dia pernah maafin orang!” ucap Elena semangat. Inka menggeleng pelan, “tapi orang itu malah bikin dia kecewa dan setelahnya dia enggak maafin tuh orang bahkan dia pernah ngomong sama gue di awal kita pacaran, kalo sampe gue bikin dia marah, ya berarti hubungan kita bakal berenti sampe situ aja. Dia bilang dia bakal minta maaf kalo dia yang salah mau sekecil apapun itu, tapi kalo sampe dia yang dibikin marah, dia lebih milih ngusir orang itu dari hidup dia daripada dia harus maafin tuh orang dan nerima dia di kehidupannya. Waktu gue mau tanya siapa, dia enggak mau jawab.”

“Serem amat. Kayak banyak beban hidup tuh orang,” ucap Elena.

“Trus gue harus gimana dong? Gue mau minta maaf sama dia.” Elvano pusing sendiri.

“Yodah, enggak usah minta maaf. Dia aja enggak bakal maafin lo kok. Lagian, lo juga enggak mesti minta maaf ke dia, dia juga temenan sama kita karena dia pacarnya Inka doang. Tanpa kita, gue rasa dia enggak punya temen yang lain deh,” ucap Elena.

“Enggak gitu, El. Walau gimanapun, dia niatnya tadi tuh baik. Dia niat ngelerai gue, tapi gue malah mancing emosi dia. Gue enggak mau, cuma gara-gara sikap gue yang enggak dewasa dan enggak minta maaf, hubungan Inka sama Altair jadi jelek. Bukannya gue ngedoainnya begitu, tapi pasti nanti dia enggak bakal mau nongkrong sama Inka kalo ada gue.” Elvano menjelaskan.

“Trus gimana dong? Repot amat sih si Alta juga ah!” keluh Elena.

“Lo coba aja pelan-pelan ngomong ke dia deh, ntar gue sambil bantu juga ngomong sama dia kalo gue berdua sama dia. Tadi siang waktu gue balik ke rumah, dia udah nungguin di depan teras rumah gue. Kita ngomongin banyak hal, dia juga ngomong kalo dia minta maaf udah bikin masalah ke gue,” ucap Inka.

“Dia nyogok lo pake seblak pasti, gue tebak,” ucap Elena. Inka hanya tersenyum dan mengangguk. “Cornetto juga,” ucap Inka.

Elena menggeleng kecil, “bisa gitu cuma dibujuk sama tuh dua makanan, lo luluh?”

“Namanya juga cinta, El. Lo dulu dielus dikit kepala lo ama Sagara juga luluh,” ucap Elvano.

Elena menatapnya galak, “siapa bilang gue luluh gitu aja?! Lagipula jangan omongin dia tau! Kesel gue!”

“Halah, dulu bucin banget!” ejek Inka.

“Inka! Belain gue dong!” rengek Elena.

Elvano dan Inka hanya bisa tertawa begitu melihat wajah kesal Elena, sedangkan Arsen hanya diam mendengarkan sambil memakan pizza.

—🐾

Keesokan harinya, Elvano bertemu dengan Inka dan Altair yang sedang berjalan menuju gedung Fakultasnya masing-masing. Begitu melihat Elvano, Altair langsung pamit ke kelas lebih dulu. Melihat kepergian Altair, Elvano hanya bisa menatapnya sedih dan Inka hanya bisa menatapnya kasihan.

Begitupun beberapa hari setelahnya. Setiap kali Elvano mencoba untuk meminta maaf kepada Altair, pemuda itu selalu melangkah pergi meninggalkan Elvano. Bahkan ketika Inka mencoba membujuk agar Altair duduk bersama mereka berempat di Kantin seperti biasanya, Altair lebih memilih pergi kemanapun di Kampus itu dibandingkan berada di satu tempat yang sama dengan sahabat pacarnya itu.

“Sudah hampir dua minggu dan si Alta masih aja songong enggak mau maafin Vano! Kurang ajar banget sih!” gerutu Elena.

Keempatnya saat ini sedang duduk di kafe terdekat di Kampus. Elvano hanya bisa diam sambil menatap ponselnya dengan tatapan sedih. Ia sedang menunggu pesannya dibalas oleh dosen pembimbing. Sudah tiga hari, pesannya diacuhkan saja.

“Gue juga bingung. Alta enggak mau diajak walaupun gue udah bujuk begimanapun. Bahkan gue bolehin dia mau bolos sampe UAS pun, dia enggak mau,” ucap Inka.

“Wah, tuh anak emang ngelunjak! Mana dia?! Biar gue bejek-bejek!” ucap Elena kesal.

“Udahlah, El. Lagian bukan lo juga yang mau minta maaf sama dia, 'kan gue yang mau minta maaf.” Elvano meletakkan ponselnya di atas meja.

“Ya, tapi enggak bisa gitu juga anjir! Lo tuh udah berusaha sampe dua minggu, hampir dua minggu ini mau minta maaf sama dia. Ngerasa artis gitu dia sampe nolak maaf lo?” ucap Elena.

“Apa gue ke rumahnya aja, ya? Minta maaf langsung?” tanya Elvano.

“Yakin lo? Ntar enggak dibukain pintu sama dia,” ucap Inka.

Elvano mengangguk, “enggak ada salahnya usaha,” balasnya.

“Yodah, malam ini. Kita datangin rumah dia. Malem jam sembilan, mungkin? Biar dia enggak ada alasan enggak ada di rumah. Trus Inka yang ngetuk pintu, jadi kalo ngeliat Inka awalnya pasti dia mau buka pintu. Jadi, pas dia udah buka pintu, kita semua masuk ke dalam. Dia pasti enggak bisa ngelak lagi,” ucap Elena bersemangat.

“Kalo dia ngusir gimana?” tanya Inka. Ia sedikit ragu dengan ide Elena.

“Kita iket aja dia di sofa. Biar dia enggak bisa macem-macem,” jawab Elena.

“El, itu anak manusia. Jangan aneh-aneh deh ide lo,” tegur Elvano.

“Lo mau dimaafin apa enggak?” tanya Elena.

“Ya, mau sih, tap—”

“Udah! Gosah tapi-tapian. Ikutin aja ide gue!”

Inka dan Elvano saling tatap. Agaknya keduanya sedikit ragu dengan ide Elena, tapi tak ada salahnya dicoba.

“Oke,” ucap Arsen yang sejak tadi diam. Elvano dan Inka menatap pemuda itu pasrah. Elena sendiri sudah senang bukan main karena jarang-jarang Arsen setuju dengan idenya ketika Inka dan Elvano ragu begini.

—🐾

Mini theater 🎭

Penulis   : Gue pengen bikin drama part depan.
Elvano    : Tolong, gue dimaafin dulu!
Penulis   : Ntar, kalo mood.
Elvano    : Astaga, Tuhan!

[END] Strike up a Friendship Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang