—🐾
Banyak yang mengatakan kalau Elena masih belum bisa melupakan mantannya, Sagara. Ya, memang sih Elena masih sering terbayang-bayang kebersamaan mereka dulu, karena Sagara selalu tahu cara membuat Elena tak bisa melupakan kebersamaan mereka. Sikap manis dan rayuan Sagara yang terkesan begitu indah seperti membuai Elena agar terus-menerus mencintai pemuda itu sampai bahkan rela menjadi tameng terdepan Sagara. Makanya, Elvano sering menyebut Elena bucin gila yang tak punya otak.
Saat ini, Elena sedang pergi bersama Ibunya berdua untuk membeli baju di Mall. Ibunya baru pulang tiga hari yang lalu dan begitu pulang, ia langsung mengajak anak semata wayangnya ini untuk menghabiskan waktu bersama-sama sebagai bayaran ditinggalkan kemarin. Ibunya Elena sangat menyayangi Elena, Ibu mana sih yang tak menyayangi anaknya? Ayo, sini kasih tau Ibunya Elena. Kalau ada, biar diceramahi sama dia.
“Ini bagus enggak, sayang?” tanya wanita itu pada anaknya. Elena berbinar begitu melihat Ibunya memegang sebuah baju yang menurutnya sangat cantik. “Cantik banget!” serunya. Wanita itu tersenyum manis dan mengusap pipi Elena, “kamu mau?” Elena mengangguk cepat, “oke, karena princess cantik Mama suka, Mama beliin.”
Elena langsung memeluk Ibunya, “makasih, Ma.” Wanita itu mengusap punggung anaknya, “apapun buat anak cantiknya, Mama.”
Wanita itu melepaskan pelukan mereka dan kemudian berpamitan untuk pergi ke toilet sejenak. Meninggalkan Elena yang masih sibuk memilih baju-baju yang ia suka. Saat sedang asyik sendiri, tiba-tiba saja seorang pria dengan setelan jas biru tua menghampirinya. Si Mas Mantan, Sagara.
“Hai, El? Lo sendirian aja? Enggak bareng Arsen? Biasanya bareng dia,” ucap Sagara ramah.
Elena mendelik tajam dan mencoba mengacuhkan Sagara, walaupun di dalam hati ia menjerit betapa tampannya Sagara dengan pakaian kerjanya. Pria yang telah dua tahun terakhir bekerja sebagai pengacara itu sangatlah tampan bahkan lebih tampan daripada saat masih kuliah. Apakah karena sudah punya uang sendiri jadinya ada aura yang berbeda hingga ia terlihat begitu berbeda?
“Masih suka belanja baju, ya? Gue inget dulu lo suka banget beli baju-baju begini trus cuma lo pake sekali dan setelahnya enggak lo pake lagi. Kurang-kurangin boroslah, El. Mending uangnya lo tabung, siapa tau butuh di masa depan,” ucap Sagara. Niatnya sih baik, tapi entah kenapa Elena merasa kalau ucapan Sagara terkesan menyebalkan.
“Duit-duit gue juga, ngapain lo yang repot. Mau gue miskin ntar juga gue enggak minta makan sama lo!” ucap Elena ketus. Sagara tersenyum maklum, “iya sih. Gue cuma ngasih tau aja. Apalagi lo udah semester akhir. Lagi skripsian, 'kan? Enggak ada salahnya duitnya lo simpen buat keperluan ngeprint, fotokopi atau beli buku-buku buat penelitian.” Sagara mengungkapkan.
Elena kepalang kesal, “bacot banget sih jadi cowok! Mending lo diem deh. Udah putus juga, masih sok banget perhatian sama gue. Ngaca, babi! Cara lo mutusin gue waktu itu tuh pengecut banget! Mana playing victim pula! Heran gue, kenapa gue sempet suka sama lo!”
Sagara menarik napas panjang, “gue enggak playing victim. Memang lo pengen putus, ’kan? Bahkan temen-temen lo aja enggak suka sama hubungan kita. Gue tau itu. El, pertemanan sama lawan jenis tuh enggak akan bisa tanpa ada yang baper.”
Elena mengerang kesal, “apa sekarang lo ada tau kabar kalo di antara kita ada yang pacaran satu sama lain? Inka pacaran sama Altair, Elvano pacaran sama staf Rektorat yang baru lulus, gu—”
“Lo sama Arsen pacaran,” potong Sagara. Elena mendelik tajam, “dapet teori darimana kalo gue sama Arsen pacaran? Gue sama Arsen enggak pacaran! Kita sahabatan. Sahabatan!”
Sagara tersenyum kecil, “di mulut doang lo ngomong sahabat, El. Enggak tau aja dalem hati.”
Elena mengerang kesal, “ugh! Astaga, Tuhan! Capek gue ngomong sama lo. Memang lo aja yang kebanyakan percaya sama omongan orang. Iya, mungkin banyak persahabatan lawan jenis yang berakhir baper, tapi enggak semua. Enggak semua persahabatan lawan jenis tuh bakal berakhir baper.”
“Kalau sampe beneran kejadian gimana?” tanya Sagara.
“Tuhan, gimana bisa gue baper sama Arsen kalo gue aja masih belum bisa lupain lo, babi!” ungkap Elena kepalang kesal. Sagara terdiam dan kemudian menatapnya terkejut, “lo ... masih belum bisa lupain gue?”
Elena mendelik tajam dan kemudian berlalu pergi saat melihat Ibunya melangkah mendekat. Ia menarik Ibunya untuk pergi membayar. Ia ingin segera pergi dari tempat ini. Jauh dari Sagara.
—🐾
Malam harinya, Elena mengirimkan pesan kepada ketiga sahabatnya untuk berkumpul di sebuah kafe. Ia benar-benar butuh sahabat-sahabatnya. Elena perlu ceramahan Elvano, butuh pengertian Inka dan butuh Arsen yang takkan ikut-ikutan menyudutkannya.
“Tuhan! El, bisa-bisanya lo malah ngomong gitu sama Sagara,” ucap Elvano pusing ketika Elena selesai menceritakan apa yang terjadi tadi siang.
“Ya, mikirlah! Dikira ngelupain mantan terindah tuh gampang!” balas Elena sewot.
“Iya, indah. Indah banget sampe lo kayak bego saking bucinnya ke Sagara. Lagian lo kenapa sih? Kalo belum bisa ngelupain dia tuh ya gosah deket-deket sama dia gitu biar lancar prosesnya. Biar enggak kebayang dia lagi gitu. Ini malah ketemu mulu,” ucap Elvano.
“Gue juga enggak pengen, ya. Gue juga enggak pengen ketemu dia mulu, tapi memang dianya aja yang nongol mulu kalo gue sendirian atau lagi sama Arsen. Makanya dia bilang gue sama Arsen pacaran. Memang bego plus goblok tuh orang. Kerjaan doang yang jadi pengacara, tapi otaknya kosong!” ucap Elena.
“Ya, kalo ketemu dia tuh menghindar dong. Gitu aja repot,” balas Elvano.
“Ih, Vano. Gue tuh lagi curhat lo malah ngomelin gue! Sahabat gue bukan sih?” kesal Elena.
“Bukan! Gue Bapak lo!” balas Elvano tak kalah kesal.
“Mana sudi gue punya Bapak modelan kayak lo!” ucap Elena.
“Gue juga enggak sudi punya anak kayak lo. Badung minta ampun, bego minta ampun.” Elvano membalas.
“IHH, VANO!”
“Udah, jangan berantem mulu. Enggak malu diliatin orang?” lerai Inka. Arsen hanya diam mendengarkan karena ia tahu pasti Inka akan segera melerai dua orang yang selalu bertengkar itu.
Memang Elvano dan Elena tuh sudah seperti kakak-beradik yang tak pernah berhenti ribut setiap kali bertemu. Makanya kadang ia heran, kalo ada gosip yang bilang Elena dan Elvano berpacaran, apakah mereka tak bisa melihat bagaimana kelakuan mereka kalau bersama-sama? Inka juga lebih terkesan seperti saudara perempuan yang super pengertian di antara mereka sedangkan Arsen lebih seperti saudara laki-laki yang kalau minta dibelikan apa-apa akan mengiyakannya saja. Kira-kira itulah gambaran kalau mereka menjadi saudara sesungguhnya.
“Vano duluan, In!” adu Elena.
“Enak aja! Lo tuh yang ngeselin!” bantah Elvano.
“Pokoknya lo ngeselin!” ucap Elena.
“Lo lebih ngeselin!” balas Elvano.
“Lo berdua ngeselin,” ucap Inka pada akhirnya.
—🐾
Mini theater 🎭
Elvano : Gue sih ogah ya punya adek kayak Elena.
Elena : Gue juga ogah punya kakak kayak lo!
Inka : Mulai lagi.
Penulis : Biarin aja. Ntar capek sendiri.
KAMU SEDANG MEMBACA
[END] Strike up a Friendship
Ficção Adolescente[ B E L U M R E V I S I ] Kata siapa sahabatan sama lawan jenis tuh sering baper? Jangankan mikirin buat naksir temen sendiri, mikirin masalah mereka aja kadang rasanya pengen lompat dari atas gedung tapi karena takut masuk neraka aja mereka masih e...