—🐾
Hari ini, seperti hari-hari sebelumnya, Elvano ingin melakukan bimbingan skripsi. Saat akan menuju Kantor dosen pembimbing satunya, ia tak sengaja bertemu dengan perempuan yang dulunya menjadi asisten dosen yang membantunya memperbaiki judul skripsinya. Sekarang perempuan itu telah menjadi staf di Gedung Rektorat.
“Kak?” panggil Elvano. Perempuan itu menoleh dan menatap Elvano bingung, “iya? Ada perlu apa, ya?” tanya perempuan itu.
Elvano tersenyum tipis, “masih inget gue? Taun lalu lo bantuin gue benerin draf skripsi gue. Deket Kantor Program Studi,” ucap Elvano.
Perempuan itu berpikir sejenak kemudian mengangguk, “oh, iya. Gimana? Sudah seminar proposal?” tanya perempuan itu. Elvano mengangguk, “udah kok. Bulan lalu, sekarang gue lagi penelitian trus sambil bimbingan bab empat,” ucap Elvano.
”Wah, terbilang cepet lho,” ucap perempuan itu. Elvano mengangguk, “berkat lo juga, Kak. Kalo lo enggak bantuin, mungkin judul gue ditolak dan gue masih luntang-lantung mikirin judul sampe sekarang. Oh, ya. Kita belum kenalan, gue Elvano. Biasa dipanggil Vano,” ucapnya. Perempuan itu mengangguk dan membalas, “Naya.”
Elvano mengangguk, ”akhirnya setelah sekian lama gue tau nama lo. Gue bertanya-tanya lho, pengen ngedoain kakak tingkat baik yang bantuin gue tapi lupa nanyain namanya. Sekarang gue udah tau nama lo, jadi gue bisa doain lo,” ucapnya. Perempuan itu, Naya hanya bisa terkekeh kecil, “itu tuh berkat kerja keras lo sendiri. Ngejar wisuda taun ini, ya?” tanyanya.
“Kalo bisa sih, yang taun ini. Udah capek jadi mahasiswa,” ucap Elvano. Naya mengangguk, “semangat deh pokoknya buat lo. Siapa pembimbingnya?” tanya perempuan itu lagi.
“Pak Danu sama Bu Rosita. Dosen legend semua,” jawab Elvano lesu. Naya mengangguk paham, “kalo mau ngadepin Bu Rosita tuh sambil bawa bolu pisang. Dijamin, luluh. Kalo sama Pak Danu, ya harus banyak sabar aja sih. Dia bisa banget selalu nyari kesalahan mahasiswa di manapun itu,” nasehat Naya.
“Lo dulu bimbingan sama Bu Rosita juga, Kak?” tanya Elvano. Naya mengangguk, “iya. Sampe dua minggu gue enggak direspon tau. Trus Kaprodi ngusulin coba kalo ketemu beliau bawa bolu pisang. Setelah gue ikutin, bimbingan gue lancar sama dia,” jawabnya.
Elvano mengangguk, “gitu. Makasih lho, sarannya. Bener-bener penyelamat gue, Kak. Eh, boleh tukeran nomer WA enggak? Kalo enggak boleh juga gapapa.” Naya tersenyum geli, “boleh kok. Sini HP lo. Gue masukin nomer gue,” ucap Naya yang dibalas Elvano dengan menyodorkan ponselnya.
Saat Naya sedang mengetikkan nomornya di sana, tiba-tiba Elvano bertanya, “kalo gue ngechat, ada yang marah enggak nih?”
“Bokap gue kali.” Elvano menatap Naya kesal. Naya yang melihat itu hanya bisa tertawa kecil, “becanda. Gak ada kok. Lo kali yang kalo chatting sama cewek ada yang marah ntar,” ucap Naya.
“Dih, mana ada. Gue jomblo tau.” Elvano menjawab. Naya menatapnya bingung, “lho? Gue kira cewek-cewek yang suka ngumpul sama lo bareng satu cowok itu pacar lo. Gue kira kalian double date gitu. Sering keliatan berempat mulu,” ucap Naya.
Elvano mengangguk paham, “salah paham lo, Kak. Itu sahabat gue. Kita udah temenan cukup lama. Kita berempat tuh udah kayak bestie gitu, yang pacaran tuh cuma satu tapi sama cowok dari Program Studi Matematika,” ucap Elvano. Naya mengangguk paham, “lucu dong. Jarang tau ada orang yang sahabatan sama lawan jenis tapi tetap langgeng sahabat. Biasanya tuh pada baper trus saling naksir,” ucap Naya.
“Banyak kok yang suka bilang gitu. Katanya kita bakal saling suka gitu, tapi sampe sekarang enggak tuh? Malah kayak sodara jadinya. Udah saling berbagi aib,” ucap Elvano. Naya tersenyum geli, “pasti seru, ya. Gue dulu juga pengen punya sahabat gitu, tapi ya namanya juga perkuliahan. Temen di bangku kuliah tuh beda sama teman waktu SMA. Kadang ada temen yang cuma pura-pura doang tapi mau ngejatohin. Ada yang saling dukung tapi sebenarnya dia ngiri. Gitu deh. Lo beruntung banget bisa dapet temen gitu, pertahankan. Enggak gampang dapet temen kayak gitu,” ucap Naya.
Elvano mengangguk, “benee banget. Lo tenang aja. Kalo mau temenan sama mereka, ngomong aja ke gue. Ntar gue ajak kalo kita nongkrong. Pasti lo bakal cocok banget sama Inka sama Elena. Apalagi si Elena, duh! Mulutnya kadang enggak bisa berenti ngomong, kalo si Inka tuh dia agak dewasa makanya pacarnya yang dari Matematika itu udah kayak anaknya daripada pacarnya.” Naya terkekeh kecil, “oh, ya? Seru dong.”
Elvano mengangguk semangat, “betul. Gue suka banget jailin Elena soalnya dia kalo kesel tuh lucu. Kalo Inka diajak becanda agak susah soalnya dia anaknya peka gitu, tapi kalo ada masalah enak curhat ke Inka. Dia bakal jadi pendengar yang baik. Satu lagi, si Arsen. Dia anaknya pendiam tapi kalo kita lagi ada masalah dia enggak bakal memihak manapun. Dia bahkan enggak nuntut harus cerita semuanya ke dia, kalo lo lagi ada masalah dan enggak mau cerita ke siapapun, dia bakal ngedukung lo dengan afeksi dia yang cuma bakal ada di samping lo. Menurut gue itu bener-bener ngebantu saat gue lagi banyak masalah. Dia juga pinter banget padahal dari Manajemen Bisnis. Sering bantuin revisian gue,“ ucap Elvano.
Naya hanya tersenyum sambil mendengarkan bagaimana bersemangatnya Elvano bercerita padanya. Entah kenapa Elvano bisa seterbuka itu pada orang lain selain sahabat dan orang terdekatnya.
Elvano yang sadar kalau ia terlalu banyak bicara pun langsung terdiam malu. Melihat itu, Naya hanya bisa tersenyum tipis. “Kenapa berenti? Lanjutin aja. Gapapa,” ucapnya. Elvano menggeleng cepat, “lo pasti sibuk. Harusnya gue enggak ngambil waktu lo buat ngoceh enggak jelas gitu,” ucapnya menyesal.
Naya menggeleng, “gapapa. Gue kebetulan agak senggang. Bukannya lo yang buru-buru? Mau bimbingan sama Pak Danu, 'kan?” Elvano langsung menepuk keningnya, “Astaga! Gue lupa! Eum, kita ngobrol nanti lagi, ya? Kalo lo free, kabarin gue aja. Biar gue traktir. Sekalian sebagai ucapan terima kasih gue buat draft judul. Gue enggak nerima penolakan lho, Kak,” ucap Elvano saat Naya akan menolak.
Naya hanya bisa mengangguk, “kontak aja gue. Nanti kita bahas di sana. Yodah, lo ke Pak Danu gih. Semangat revisinya, ya? Semoga cepet wisuda,” ucap Naya.
Elvano mengangguk cepat dan kemudian melambaikan tangannya ke arah Naya baru setelahnya berlari menuju Kantor dosen pembimbing satunya. Naya yang melihat itu hanya bisa terkekeh kecil, “manis banget sih. Masih kayak waktu pertama ketemu.” Naya bergumam kecil. Sedetik kemudian, ia menggeleng dan tertawa kecil. “Astaga, gue mikir apaan sih?” gumamnya lagi.
—🐾
Mini theater 🎭
Penulis : Gue baik lho, gue kasih lo pasangan.
Elvano : ಠ_ʖಠ
Elena : Ciye, Vano! Ekhem!
KAMU SEDANG MEMBACA
[END] Strike up a Friendship
Fiksi Remaja[ B E L U M R E V I S I ] Kata siapa sahabatan sama lawan jenis tuh sering baper? Jangankan mikirin buat naksir temen sendiri, mikirin masalah mereka aja kadang rasanya pengen lompat dari atas gedung tapi karena takut masuk neraka aja mereka masih e...