04╭⁠☞ Dulu vs Sekarang

5 4 0
                                    


Syukuri apapun yang terjadi saat ini, karena kita tak bisa mengulang waktu, sesuai takdir yang kita inginkan.
_curahan otak ntin_

*****

Novelia adalah anak pertama dan satu-satunya di keluarganya. Dari dulu dia tak pernah dituntut ini itu. Dia itu anaknya gak terlalu dikekang atau harus jadi apa. Malahan kadang dia bingung sendiri, nanti itu mau jadi apa sih?

Dulu waktu SMP, Novelia itu pernah menjadi anak yang suka melanggar aturan, tapi semenjak SMK kelakuan itu sudah tak ingin ia kukut lagi. Makanya sekarang hidupnya tuh datar-datar aja. Tak ada kenakalan seperti bolos ataupun pacaran seperti jaman SMP dulu.

Semenjak dua tahun lalu dia putus dengan mantannya, hidupnya tuh bagai terombang-ambing ngalir gitu aja. Bukan gamon tapi sejak diputuskan tanpa alasan dia jadi lebih agak menutup diri dari cowok. Tak terkecuali Samuel, teman sekelasnya. Karena cowok itu beda agama jadi tak ada secercah harapan atau bayangan jika cowok itu akan menyukainya.

“Vel kamu pernah pacaran gak sih?” tanya Thiksana kepo.

“Ya pernah dong, emang situ,” jawabnya sarkas agak membuat Thiksana merenggut kesal.

“Ih berarti aku sama  kamu aja Sis yang belum pernah pacaran? Haduh ini tuh gak tau harus bersyukur atau gimana deh."

“Iya bersyukur dong, kita mah stay halal,” imbuh Siska.

“Halah, halal tai munding,” ketus Grisca.

“Ih kamu teh gak boleh gitu, Ca,” beritahu Siska.

Mereka sempat terdiam sesat hingga suara Thiksana membuka topik baru membuat ke empat cewek itu menatap Thiksana yang berbicara seraya mencorat-coret abstrak dikertas selembar.

“Eh kalian sekarang masih punya cita-cita gak sih? Kadang aku bingung deh kalau ditanya apa sih cita-cita ku? Kalau dulu sih aku jawab dengan percaya diri mau jadi guru, terus mau jadi dokter bahkan artis. Tapi kalau sekarang jujur aku bingung banget mau jadi apa nanti setelah keluar sekolah tuh?”

“Nah iya bener, sekarang mah serasa ngalir aja, gak tahu pengen jadi apa,” balas Novelia.

“Bener banget, kadang suka bilang cita-cita pengen jadi ini padahal mah enggak, makin sini tuh makin gak ada kemauan," sahut Habibah.

“Saya juga dulu sering mikir masuk jurusan ini tuh entar mau jadi apa sih? Karena kadang sekarang aja masih difase ngikutin arus aja, karena awalnya juga saya pengen masuk jurusan OTKP, karena gak keterima jadi masuk RPL deh,” ujar Siska.

“Iya gue juga tadinya pengen masuk BDP.”

“Wih gue juga, tapi sayang gak keterima.”

“Jalur buangan nih bos!”

“Aneh banget deh RPL tuh kan mencakup semua jurusan kaya perkantorannya ada, akutansinya ada pemasarannya ada, komputer kan udah jelas ya mencakup segala jurusan dari tiga itu, tapi kok RPL jadi kaya buangan gitu gak sih? Padahal RPL paling susah, mana ngoding lagi.”

“Nah itu yang aneh.”

“Mana anak RPL pada introvert lagi berani dikandang doang.”

“Udah tradisinya kali.”

“Eh, Thik. Anda mah pilihan pertamanya emang RPL kan?”

“Wih aneh si Thiksana mah, AKL dijadikan pilihan kedua.”

“Kan disuruh ngambil jurusan komputer, awalnya aku juga pengen ngambil akutansi cuma gak jadi. Lagian bakalan lanjut SMK aja gak ada dipikiran sama sekali, makanya masuk mana aja dijalani. Harapan keluarga nih bos, senggol dong! Tapi, aku bingung deh nantinya kira-kira bisa gak sesuai harapan orang tua? Mau jadi  apasih ini tuh sebenernya?”
“Hahaha… Nah, makanya Na, Ica mah kalau ditanya sama orang suka bingung. Kalian pernah gak sih dijadiin satu-satunya harapan orang tua? Jujur menurut gue tuh, ini kok kayak berasa beban banget ya jadi ke kitanya tuh terasa berat banget ngejalaninya. Kadang kalau dinasehati tuh pengen nangis aja bawaannya.”

“Bener ih Ca, kadang kalau lagi ngomong serius Emak Bapak sama keluarga suka bilang ‘kamu tuh harapan satu-satunya kita untuk sukses’ emang sih itu cuma sekedar kata-kata biasa tapi serasa terkesan menuntut untuk kita yang masih sering mengeluh.”

“Sama ih apalagi gue anak satu-satunya coba, Ca, mau kuliah juga tapi masalahnya gue udah gak mau lagi belajar anjir, SMK aja udah pusing apalagi kuliah.”

Thiksana mengangguk mengerti, “bener kadang merasa capek, tapi wajar juga mereka kan orangtua kita, dan kita mungkin harapan mereka.”

“Kadang pengen banget balik lagi ke masa kecil dimana kita gak mikirin apapun, taunya makan sama jajan doang.”

“Iya bener, kalau dulu nangis ada yang ngebujuk biar kita gak nangis lagi, tapi kalau sekarang nangis ya pendem sendiri dikamar.”

“Terus selain itu kata gue mah makin gede makin banyak pengeluaran dan pemasukan sedikit.”

“Asli saya banget,” ujar Siska seraya mengangkat kedua jempolnya.

“Waktu kecil pengen apa-apa tinggal minta sambil nangis, tapi kalau udah gede itu banyak banget pertimbangannya.”

"Kenapa kita gak nabung aja sedari kecil ya? Mungkin kalo kepikiran kita sekarang udah kaya, menikmati hasil tabungan masa kecil," ujar Habibah tertawa ngakak yang sialnya tawa itu nular pada Thiksana dan Siska.

“Kalau ngomongin waktu kecil, aku  jadi kangen permainan masa kecil deh. Karena anak kecil jaman sekarang mah taunya cuma hp dan permainan game aja sampai lupa melestarikan permainan tradisional jaman dulu.”

“Iya jaman sekarang tuh permaiann jaman dulu udah gak dipakai lagi.”

“Padahal seru abis, beda sama jaman sekarang misal nih ya, kita ngumpul nih, tapi fokus kita terbagi menjadi dua dengan hp, nih contohnya aku ngomong dan si Ica bisa-bisanya ngedengerin sambal terus ngelihat hp mulu.”

“Gak heran sih kalau jaman sekarang, emang kebanyakan pada begitu. Sopan santun aja kadang agak kurang gara-gara hp.”

“Itulah hp, setan terberat bagi manusia.”

WELSTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang