Kita bisa berencana, namun tetap Tuhan yang menakdirkan.
_pikir Ntin_*****
Novelia, Thiksana dan Reva sedari tadi bolak balik dari lantai atas ke bawah untuk menonton acara dangutan yang ada dilapangan. Karena lorong arah lapangan sepi dan strategis untuk menonton. Novelia menyuruh Thiksana membantu menggusur kursi panjang yang ada dipinggir lapang.
Cuaca hari ini sangat panas. Tapi tak melenyapkan semangat anak-anak untuk joged dangdut. Contohnya Habibah dan Grisca yang ikut-ikutan nyempil joged-joged bersama teman-temannya yang lain.
Kaki dan tangan Novelia sudah gatal ingin ikut joged hanya saja ia terlalu malas untuk ikut nyempil diantara banyaknya kerumunan murid-murid yang lain. Sementara Thiksana dan Reva mereka sangat malas ikut-ikutan seperti itu. Lebih ke malu aja, apalagi mereka ciri manusia introvert.
“Thik, ini ada WA dari grup katanya yang nanti pkl di UPI disuruh kumpul di kelas kosong dekat ruang studio kasih tahu yang lain.”
“Wah ada kah? Mana lihat?”
“Ya udah atuh telpon si Ibah sama yang lain!”
“Kan mereka gak bawa hp.”
“Oh iya, ya udah gini aja. Kita samperin ayok kalo bisa tarik paksa aja kalo mereka gak denger.”
“Yuk!”
Setelah menarik Habibah, Grisca, Dhinie, dan Novi dengan susah payah mereka langsung ke lab. Tak lupa Thiksana menelpon Siska yang sedang memotret kegiatan acara ini, agar segera menyusul ke kelas kosong dekat ruang studio berada.
“Assalamu’alaikum anak-anak, gimana kabarnya?”
“Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh, baik bu.”
“Jadi ini hanya segini yang akan PKL dikampus UPI? Sudah masuk semua?”
“Ada yang belum Bu bentar lagi nyusul katanya.”
“Oh ya sudah kalau begitu kita tunggu dulu ya sampai kumpul semua!”
Akhirnya Siska dan beberapa murid dari kelas yang lain pun cepat datang. Tapi hanya saja Aulia yang dari jurusan RPL 3 belum juga datang. Dengan terpaksa Thiksana pun menelpon cewek itu, untungnya mereka sudah sekontak sehingga tidak terlalu lama untuk Aulia mengangkat telponnya dan cewek itu bilang akan segera OTW.
“Jadi gini anak-anak, katanya yang PKL di UPI tuh akan dibagi dua tempat. Yang satu di kampus Sumedang, yang satu dikampus Cimalaka. Nah jadi Ibu sama Bapak butuh data rumah kalian untuk membagi tempatnya.”
“Nah jadi sekarang Bapak absen satu persatu ya.”
“Iya pak.”
Disisi lain, Thiksana merenggut kesal mendengarnya. Pasalnya pasti keempat sahabatnya akan memilih PKL dikampus 2, karena itu termasuk wilayah terdekat tempat tinggal mereka.
“Guys diantara kalian kan ada 2 orang yang punya laptop, salah satu dong sama kita. Soalnya nanti kita gimana ngerjain tugas webnya kalo gak ada yang punya laptop,” ujar Dhinie.
“Tapi saya kan lebih deket ke kampus 2, Din,” jawab Siska.
“Apalagi gue, gue lebih deket ke daerah situ Din,” timpal Novelia.
“Ih terus kita gimana nanti, Thik?” tanya Novi.
“Gak tahu anjir, kita mah pasti udah jelas bakal PKL yang dikampus 1 gak sih?” keluh Thiksana.
“Thik mending elu ikut kita aja biar bisa bareng-bareng,” ajak Habibah.
“Tapi Bah aku kalo PKL di kampus 2 otomatis naik angkot 4 kali, belum lagi naik ojek kan?” tanya Thiksana.
“Udah Thik lu PKL sama kita aja dikampus 1 ngapain ikut yang jauh,” ujar Dhinie.
“Tapi Thik kalo kamu PKL dikampus 2 kita nginep aja dirumah si Bibah,” ujar Siska.
“Iya nginep aja dirumah gue, paling bawa bekel sama beras aja dari rumah,” timpal Habibah.
“Iya Thik bareng kita aja hayu lah biar bareng-bareng, nanti nginep dirumah si Bibah itung-itung ngekos,” ucap Grisca.
“Gak tahu ah bingung aku, ikut kalian jauh dari rumah pasti gak dibolehin nginep. PKL dikampus 1 gak punya laptop buat nanti ngerjain web sama laporan,” keluh Thiksana.
“Mending lu omongin dulu sama orangtua deh Thik, siapa tahu dibolehin,” ujar Habibah.
“Iya Thik coba lu kasih tahu ke orangtua lu mau nginep dirumah si Bibah gitu, pasti dibolehin,” saran Novelia.
“Iya bener siapa tahu dibolehin kalo dirumah si Bibah mah,” ujar Grisca.
“Aaaaaa… pusing deh. Kok jadi gini sih? Padahal niat ngambil PKL yang disini tuh biar bisa bareng kalian. Ini malah tetep dipisahin,” ujar Thiksana frustasi.
“Iya anjir gue kira juga awalnya kampus UPI di Sumedang tuh Cuma ada satu, eh ternyata ada dua tempat,” ujar Habibah.
“Itu mah terserah lu aja sih Thik mau ikut kita apa yang disini aja,” ujar Novelia.
*****
Sepulang dari sekolah. Thiksana langsung badmood parah. Disela-sela kesempatan dia berbicara perihal PKL itu kepada Bapaknya.
“Pak katanya PKL dikampus UPI tuh dibagi 2, ada yang di Sumedang ada juga yang di Cimalaka,” ujar Thiksana.
“Terus gimana?” tanya Bapak.
“Temen-temen deketku mereka ngambil yang ditempatin dikampus 2, nah mereka ngajak Eneng buat ikut yang disana juga. Katanya kalo biar gak boros ongkos mah nginep aja dirumah si Bibah sama si Siska. Soalnya Eneng kalo ngambil yang disini gak punya laptop buat nanti ngerjain tugas web sama laporannya.”
“Malu-maluin nginep dirumah orang, kita kan gak tahu orang rumah dia gimana. Sehari dua hari mungkin masih biasa aja kalo selama 4 bulan disana kan takutnya ngerepotin atau jadi masalah. Udahlah mending PKL yang disini aja, soal laptop gimana nanti aja.”
“Orang mah pengen PKL dikota, lu malah pengen yang dikampung. Udahlah disini aja sama aja juga, emang gak ada temen banget gitu?” celetuk Randi.
“Ada cuma Eneng gak terlalu deket,” jawab Thiksana dengan mata berkaca-kaca.
“Ya udah sih ngambil yang dekat aja ngapain yang jauh-jauh,” ujar Bapak.
Thiksana hanya mengangguk pasrah, lalu berlalu ke kamar. Didalam kamar, Thiksana menangis terisak, kenangan tentang kebersamaan dengan keempat sahabatnya itu bagaikan kaset yang diputar kembali. Air matanya tak henti-hentinya keluar seakan-akan mereka akan berpisah selamanya saja. Padahal cuma empat bulan, masih bisa ketemu lagi.
KAMU SEDANG MEMBACA
WELS
Teen FictionIni bukan cerita tentang eskrim wols apalagi trend barudak well, tapi ini cerita wels. Wacana Elit Laksana Sulit. Tentang jatuh bangun percintaan lima persahabatan yang sering bergosip ria disertai adu nasib. Cekidot.....!