“Pekerjakan aku sebagai penasihat militermu…” Baili Jia Jue terus berkata dengan suara yang tenang dan magnetis.
Mata Helian Wei Wei berbinar. Idealnya jika Yang Mulia bisa menemaninya, tidak diragukan lagi dia memiliki lebih banyak pengalaman dalam politik daripada dia.
Namun...
"Apakah istana kekaisaran akan baik-baik saja tanpamu?" Helian Wei Wei prihatin dengan kondisi istana kekaisaran yang bergejolak saat ini.
Baili Jia Jue membalik cangkir teh di tangannya, berkata, “Pernahkah kamu melihatku tinggal di istana kekaisaran sepanjang hari? Kakek memegang benteng di Ibukota, itu akan baik-baik saja. Ada keuntungan jika aku transfer juga.”
"Apakah mereka?" Helian Wei Wei tidak tahu bagaimana hal ini bisa bermanfaat bagi Baili Jia Jue.
Dia berkata dengan tenang, “Aku pasti akan menjadi pangeran bupati di masa depan, oleh karena itu aku perlu mencapai beberapa prestasi sekarang agar kenaikanku pada akhirnya menjadi lebih persuasif. Beberapa orang mempunyai pengaruh yang tertanam kuat di Ibu Kota, mencabut mereka dari sini akan sangat sulit. Mungkin lebih mudah untuk menggali dari luar, lapis demi lapis.”
Helian Wei Wei tahu dengan jelas siapa yang dimaksud Baili Jia Jue, bahkan tanpa menyebutkan nama mereka.
Kalau dipikir-pikir, itu memang masuk akal. Jaringan koneksi dari empat keluarga berpengaruh terlalu luas, gelombang kecil saja akan memicu gelombang reaksi yang besar.
Akar mereka di Ibukota terlalu jauh di bawah tanah, mungkin akan lebih efektif untuk menelusuri kembali asal usul mereka, dari akar hubungan mereka dari luar Ibukota.
Helian Wei Wei menghilangkan satu-satunya kekhawatirannya pada pemikiran itu.
Keduanya efisien, sehingga mereka bertemu dengan Pensiunan Kaisar segera setelah kembali ke istana.
Setelah mendengarkan mereka dan merenungkannya, Pensiunan Kaisar berkata sambil tersenyum, “Aku terkesan bahwa kalian berdua memiliki pemikiran yang begitu mendalam. Jue Er, kamu benar, tapi lokasinya juga sangat penting. Wilayah Selatan terlalu jauh. Pertama, lingkaran politik di sana terlalu erat sehingga memasukinya akan sia-sia. Kedua, ini tidak nyaman untuk situasi darurat. Masyarakat menyatakan bahwa memberikan kontribusi dan ketenaran lebih mudah dilakukan di daerah miskin. Dengarkan aku, pergilah ke Fuping saja!”
“Fuping? Di dalam perbatasan Hebei? Tempatnya tidak terlalu jauh atau terlalu dekat dengan Ibu Kota, dan terkenal dengan pemandangannya yang indah.” Helian Wei Wei mengangkat alisnya, tidak yakin apakah itu tempat yang dia tahu.
Pensiunan Kaisar mengelus jenggotnya dan meyakinkannya, “Itulah tempatnya. Wei Wei, Jue Er, jangan meremehkan Kabupaten Fuping yang kecil dan bersahaja ini. Semakin kecil wilayahnya, semakin banyak pula pemilik tanahnya. Mereka tidak takut kepada Tuhan maupun Kaisar, dan melakukan tindakan tidak etis secara merajalela. Berada di istana kekaisaran, aku harus mempertimbangkan setiap aspek saat memerintah negara. Aku akan merasa nyaman jika aku dapat menyampaikan kepada kalian hal-hal yang tidak dapat aku lakukan untuk orang lain. Ada yang menjarah hasil kerja masyarakat demi keuntungan pribadi, namun masyarakat tidak bisa menyuarakan kesedihannya yang luar biasa. Entah itu pemerasan atau penipuan, orang-orang kejam ini telah melakukan semuanya. Kali ini, bantu aku menangkap pelakunya sebagai peringatan keras bagi orang lain! Jangan khawatir! Ketika saatnya tiba, aku akan menghukum mereka sesuai dengan itu, tidak peduli seberapa berpengaruhnya orang yang mendukung mereka!”
"Ya!" Helian Wei Wei tersenyum kecil dan memberi hormat dengan mengangkat tangannya di samping dahinya.
Pensiunan Kaisar bingung dengan tindakannya, tidak mengerti apa maksud dari isyarat itu. Kemudian, dia tertawa terbahak-bahak dan berkata, “Gadis bodoh ini.”
KAMU SEDANG MEMBACA
Permaisuri Anarkis - AC 3
FantasyDia, seorang ratu tentara bayaran abad ke-21, telah menyeberang ke tubuh sampah yang dikhianati secara tragis. Limbah? Dia akan menunjukkan kepada mereka apa artinya menjadi sia-sia! Dikhianati? Dengan Manual Kuno di tangannya, dia akan mengejutkan...