Dua Puluh Dua : Ini Aku

51 38 48
                                    

Siang sudah berganti malam. Matahari sudah tenggelam sejak dua jam lalu. Anin saat ini tengah menulis jurnal tentang hal-hal baik yang telah ia lakukan hari ini. Sebelumnya dia selalu menuliskan hal-hal menyedihkan yang membuat dirinya terperangkap dalam moment menyedihkan itu.

Hari ini aku udah mulai bisa berdamai dengan diri aku sendiri
Hari ini aku udah mau mengakui kalau aku sakit dan aku mau sembuh
Hari ini telah menjalani hari dengan baik
Good job Anindita!
Terima kasih telah bertahan sejauh ini!
Terima kasih telah memilih untuk sembuh!
Anindita, mari buat hari esok lebih baik dari hari ini!
Kamu keren

Rasanya begitu melegakan. Ketika kita mencoba mengapresiasi hal-hal baik yang kita lakukan hari ini. Seserdehana kalimat kamu sudah melakukan yang terbaik hari ini itu membuat hari-hari kita begitu tenang. Dokter Anin berkata jika kamu menuliskan diary tentang kesedihan maka kamu akan terjebak dalam kesedihan itu seumur hidup. Jadi, mulailah menulis diary tentang hal-hal baik karena ibarat kata buang kesedihan kamu dan abadikan tiap tawa kamu.

"Ternyata semelegakan berdamai dengan diri sendiri, ya" Monolog Anin sambil meminum jus buah naganya.

"Nona Anin, keluarga nona ingin menjenguk nona" Seorang perawat menghampirinya sambil memberi informasi bahwa ayah bundanya ingin bertemu dengannya. Ini adalah pertemuan mereka setelah Anin masuk rumah sakit.

Anin mengangguk kemudian gadis itu turun dan memasuki ruang kunjungan. Di sana ada bundanya yang merasa gugup dan ayahnya yang mencoba menenangkan bundanya. Anin duduk di kursi di depan mereka.

"Anin"

"Ngga papa bunda. Anin udah ngga papa" Dinda mengangguk sambil membawakan buah yang sudah siap makan di dalam kotak makan.

"Maaf, ya. Bunda ngga tau kamu suka apa jadi bunda bawa semua buahnya" Anin hanya tersenyum kemudian memgambil strawberry yang menggoda di matanya.

"Bunda, Anin suka strawberry. Anin juga ngga suka coklat dan Anin sukanya keju. Anin ngga suka rendang. Anin sukanya sama ayam asam manis. Anin suka makanan yang berbau mie dan makanan yang pedas. Anin juga ngga suka terlalu manis" Dinda menyatat semua hal yang putrinya suka di notes ponselnya. Hal itu membuat Anin tersenyum terharu.

"Anin" Fokusnya teralihkan ketika sang ayah memanggil dirinya.

"Anin, maafin ayah, ya. Ayah ngga bermaksud untuk bilang kaya waktu itu. Ayah cuma lagi emosi waktu itu"  Rama meminta maaf pada putrinya sambil memegang tangan putrinya. Anin mengelus punggung tangan ayahnya dengan lembut.

"Ngga papa, yah. Anin ngerti kok. Maafin Anin juga kalau ucapan Anin waktu itu buat kalian sakit hati. Tapi Anin boleh minta sesuatu ngga?"

"Tentu saja boleh. Anin mau minta apa? Ayah bakalan kabulin semua permintaan Anin"

"Anin, em... Anin mau hidup sesuai keinginan Anin, boleh?"

"Anin memang mau hidup yang gimana? Anin suka apa sebenarnya?" Nada Rama begitu lembut pada Anin. Seolah dia sedang mencoba mengerti dirinya.

"Boleh ngga Anin berhenti ngejar kedokteran? Anin mau mencoba buat mencintai prodi yang sekarang Anin jalanin meskipun Anin juga ngga suka. Tapi Anin mencoba buat tetep bertahan di prodi itu dan Anin pengin ikut les melukis" Anin mencoba mengungkapkan keinginannya dan berharap kedua orang tuanya menyetujui hal itu.

"Kamu suka melukis"

"Suka yah. Suka banget. Dari kecil Anin suka banget melukis, yah"

"Anin, kamu boleh melakukan apapun yang kamu mau sekarang. Mau kamu berhenti ngejar kedokteran, mau kamu ngelukis, ngga papa lakukan hal yang kamu suka. Ayah sama bunda dukung kamu. Nanti kalo ada waktu bunda bakalan temenin kamu ngelukis. Maafin ayah sama bunda ya. Sebenarnya kami ingin yang terbaik buat kamu. Tapi ternyata kami salah. Kami malah yang buat kamu jadi di sini"

"Ngga papa bun, yah. Anin udah ngga papa kok. Anin udah baik-baik aja. Makasih ya yah, bun udah ngizinin Anin ngelukis" Anin beranjak dari tempat duduknya dan memeluk kedua orang tuanya. Ternyata semelegakan itu ya. Harusnya Anin sedari awal jujur tentang perasaannya. Seharusnya sedari dulu berbicara tentang keinginannya karena nyatanya semelegakan itu. Anin merasa bahwa hidupnya begitu ringan ketika dirinya mengutarakan isi hatinya. Dan memang seharusnya juga dia lebih memikirkan perasaan dirinya sendiri dibandingkan dengan perasaan orang lain.

"Anin, punya teman dekat kan di kuliah?" Kali ini Rama mencoba untuk mendekatkan diri dengan Anin. Ia merasa jauh sekali dari putrinya itu. Dia tak tahu apa saja yang dilakukan putrinya saat kuliah. Siapa saja temannya atau apakah dia baik-baik saja saat kuliah.

"Punya. Anin bahkan punya teman yang buat Anin punya kakak lagi. Walaupun Kak Megan tetap di hati tapi sekarang Anin jadi punya sosok kakak yang mau mendengarkan keluh kesah Anin. Namanya Jeffri. Dia yang ngajarin Anin buat jujur sama perasaan Anin. Dia yang buat Anin bisa ngomong segala tentang Anin sekarang. Ada juga temen Anin yang selalu buat Anin ketawa. Yang buat Anin sadar kalau ngga cuma Anin yang menderita di dunia. Dia yang buat Anin bersyukur kalau Anin punya bunda sama ayah. Namanya Januari tapi lahirnya Juli, hehehe. Dan ada juga teman Anin yang buat Anin ingin selalu melindungi dia. Dia dibully sejak kecil dan buat Anin punya kewajiban buat melindungi dia. Anin pengin jadi tempat curhat dia. Namanya Anugrah, adiknya Kak Jeffri. Dia mengingatkan Anin sama Kak Megan. Dia itu tuli sebelah, yah, bun. Itu yang buat dia selalu dibully. Anin pengin dia tetap hidup sebagai tebusan karena Anin gagal melindungi Kak Megan"

"Temenmu cowok semua? ngga ada yang cewek?"

"Ada. Namanya Mala. Tapi kita sekedar akrab. Ngga kaya aku sama Kak Jeff, Janu, atau An. Padahal aku lebih kenal dulu sama Mala. Aneh emang" Rama mengelus puncuk kepala Anin sambil tersenyum. Ternyata putrinya sudah sebesar ini. Dia ternyata banyak melewatkan pertumbuhan putrinya itu.

"Oh, ya. Bunda mau ambil pesenan ayam asam manis kesukaan kamu di lobby. Tadi bunda pesen online. Maafin bunda ya, ngga bisa masakin Anin. Bunda janji besok bunda bakalan ke sini lagi sambil bawa ayam asam manis kesukaan Anin buatan bunda" Anin mengangguk dengan semangat. Nyatanya keluarga yang seperti ini yang dia inginkan. Dinda meninggalkan suami dan putrinya di ruang kunjungan berdua. Sepertinya Anin dan Rama sekarang sedikit canggung.

"Anin, maafin ayah sekali lagi ya. Ayah maksa kamu buat masuk kedokteran tanpa tau kamu suka apa. Maaf kalau ayah buat kamu sampai berfikir mau mengakhiri hidup kamu. Maafin ayah, ya. Ayah sayang banget sama Anin. Ayah berharap Anin selalu bahagia dimanapun dan kapanpun. Maafin ayah, yah yang ngga menemani Anin tumbuh sampai sebesar ini. Ayah sayang anak ayah" Anin memeluk ayahnya. Anin juga sangat menyanyangi ayahnya. Air mata Anin mengalir begitu saja tanpa disuruh. Anin saat ini benar-benar butuh dukungan ayah bundanya untuk sembuh.

"Makasih ya, yah. Udah mau mendengarkan Anin dan berubah buat Anin. Anin juga sayang sama ayah. Dalam hati Anin, Anin ingin membanggakan ayah sama bunda. Tapi ternyata Anin ngga bisa. Maafin Anin, ya"

"Ngga papa. Anin ngga perlu sempurna buat disayang ayah. Ayah bakalan tetep sayang sekalipun Anin banyak kurang. Ayah sayang Anin karena itu Anin. Anin putri kesayangan ayah"

Nyatanya hidup begitu indah ketika kita bisa menikmatinya. Ketika kita bisa berdamai dengan keadaan, dengan diri kita sendiri maka kita akan menemukan makna hidup itu sendiri.

Hallo guys welcome to back
gimana kabar kalian?
btw satu per satu mulai selesai ya permasalahnya
tinggal nunggu janu sama anugrah ya nanti bakalan selesai maybe ada 3 chap lagi heheh
jangan lupa vote and komen ya
kritik saran juseyooo
-salam cinta dari author

Lengkara di Ujung Senja (Segera Terbit)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang