Pagi ini, lagi-lagi hanya ada tiga orang dimeja makan keluarga Wiratama. Hanya ada Rain, Andra, dan Sabiru. Jefran masih belum keluar dari kamarnya, entah masih tertidur atau ada hal lain yang tengah ia kerjakan.
"Bang, masa ya, kemaren Rain bawa bocil lagi ke rumah, mana emaknya sampe nyamperin kesini. Gue kira apa ya, tiba-tiba ibunya bilang mau nyari anaknya. Gue kira salah satu diantara kita itu anak pungut, ternyata ini ulah Rain yang nyulik anaknya ibu itu", lapor Sabiru disela-sela sarapan mereka.
"Ih mana ada nyulik sih, ngajak main doang", ucap Rain membela diri. Andra yang mendengar itu tertawa pelan.
"Lagi, Rain ? Seneng banget kayanya bawa pulang bocil. Awas dikira penculik loh sama ibunya", sahut Andra.
"Ya kan bang ? Masa katanya dia mau punya adek. Tingkahnya aja masih kaya bocil gini, masa punya adek. Kita ngga sih yang repot", lapor Sabiru lagi.
"Kan mau dipanggil kakak juga. Trus mau punya babu juga. Kalo punya adek kan bisa nyuruh-nyuruh. Kaya bang Acil yang suka nyuruh ini itu.
Rain buatin mie, Rain cuci piring, Rain pergi ke warung, cih. Udah kaya Raja aja nyuruh-nyuruh", keluhnya yang tentu didengar oleh keduanya, sedangkan Andra dan Biru hanya tertawa.
"Jadi mau punya adek biar ada yang disuruh-suruh ya ? Emangnya bisa jadi kakak ? Sanggup emang ?", tanya Andra.
"Sanggup lah, kan tugasnya tinggal nyuruh-nyuruh ? Tuh contohnya bang Acil", ucapnya lagi sedangkan Andra hanya menggeleng pelan.
"Jadi kakak itu ngga gampang, tugas kakak itu ngga cuma nyuruh-nyuruh. Mungkin emang keliatannya gitu, tapi aslinya tugas kakak tuh berat loh.
Mesti jagain adeknya, harus mastiin kalo gaada yang ganggu adeknya, mesti ngajarin adeknya, dan itu ngga gampang. Ada kalanya kita gagal, kaya misalnya waktu Rain sakit.
Kita ngrasa gagal, karena mama nitipin Rain ke kita itu buat dijaga. Kalau sampe Rain sakit, artinya kita belum becus ngejaganya, kita masih kecolongan. Dan itu rasanya ngga enak banget, rasa bersalah yang muncul itu rasanya ngga ngenakin banget.
Kalau tujuan Rain punya adek biar ada yang disuruh-suruh itu salah, karena tugas dan tanggung jawabnya sebagai kakak itu lebih besar dan lebih berat", ujarnya pada Rain, suasana menjadi sedikit serius setelahnya.
"Lagian mama udah tua Rain, ya walaupun masih cantik sih. Ntar kalo lo punya adek yang ada malah jadi kaya anak lo, jauh soalnya gapnya", sahut Sabiru berniat kembali mencairkan suasana.
"Tapi ya Rain, lo ngga cocok tau jadi kakak. Mana ada kakak yang tingkahnya kaya bocil gitu", satu pukulan kecil Biru dapatkan setelah menyelesaikan ucapannya.
"Bukan bocil ish !! Udah SMA ini, mana ada bocil masuk SMA ?", protesnya.
"Ada, nih buktinya depan gue", wajah Rain semakin masam mendengar semua penuturan Sabiru.
"Udah ngga usah aneh-aneh. Kalo lo punya adek nanti uang jajan lo bakal berkurang, soalnya nanti lo mesti jajanin dia, mesti adek lo nanti malakin lo kaya yang biasa lo lakuin ke gue. Ngrampok mulu kerjaan lo, ntah es krim lah, ntah top up genshin, adaaa aja kebutuhan lo yang tiba-tiba itu. Mau emang lo ?", tanya Sabiru sedangkan Rain hanya menggeleng.
"Nah itu, makanya ngga usah aneh-aneh. Kalo lo mau jadi kakak, yaudah abis ini kita panggil lo kakak, biar sama kaya Kaje", Andra menggeleng pelan mendengar percakapan kedua adiknya.
"Tapi aneh njir, anak sekecil lo dipanggil kakak", protes Biru atas ucapannya sendiri.
"GUE NGGAK KECIL, orang tinggi gue aja udah hampir sama kaya Kaje, mungkin taun depan gue udah lebih tinggi dari lo", ucapnya percaya diri.
KAMU SEDANG MEMBACA
Rain(coat)
Fiksi PenggemarTentang Rain- Selayaknya jas hujan yang melindungi pemakainya dari terpaan hujan yang begitu derasnya, begitupun seharusnya peran keluarga yang menjadi pelindung bagi semua anggotanya. Kalian ngeselin !! Tapi gue bersyukur punya kalian, jadi tolong...