9. Support

1.2K 141 5
                                    

Hari ini adalah hari terakhir nyonya dan tuan Wiratama di rumah mereka. Esok pagi mereka sudah harus kembali untuk urusan kerjaan mereka.

Dari saat pulang sekolah, Rain terus menempel sang mama. Membujuk supaya mereka mau tinggal lebih lama didekatnya. Ia bahkan belum berganti baju sejak tadi, berbeda dengan Sabiru yang langsung masuk ke kamarnya untuk bersih-bersih diri.

"Dek ganti dulu sana, abangmu aja langsung naik", suruh papanya pada Rain.

"Nanti aja, mau sama mama", tolaknya.

"Maaa, tambah seminggu lagi plisss, masa bentaran doang", rengeknya pada sang mama.

"Ngga bisa, kasian papamu kalo sendirian disana nanti. Janji kita bakal cepet selesain urusannya kok, biar nanti kita ngga perlu pisah gini lagi. Setelah urusannya selesai, mama sama papa bakal terus disini, ngga akan kemana-mana lagi", ucapnya pada Rain.

"Emang mama ngga kasian juga sama Rain ? Ditinggal terus sama mama, kan Rain mau juga deketan terus sama mama. Rain juga sering dirumah sendiri, mama ngga kasian ? Mama ngga sayang Rain ya ?", ucapnya.

Tingkah Rain yang seperti ini membuat dirinya merasa sedih. Tapi mau bagaimana lagi ? Ia tak tega sebenarnya jauh dari anak-anaknya, tapi semua ini ia lakukan juga untuk kebaikan mereka. Lebih cepat selesai urusannya, akan lebih cepat juga ia akan kembali dan terus tinggal berdekatan dengan anak-anaknya.

"Kok gitu sih sama mamanya dek ? Tentu mama sayang sama kamu, ngga cuma mama, papa juga. Kita juga sebenernya ngga tega ninggalin kalian semua, maunya juga kita terus sama-sama. Tapi nanti, ada waktunya. Kalo urusan kita udah selesai, kita janji ngga akan ninggalin kalian kaya gini lagi", ucap papanya dengan sedikit keras membuat Rain semakin merapatkan tubuhnya pada sang mama.

"Kenapa ngga sekarang aja ? Kenapa mesti nanti ?", papanya berniat kembali menyahut, tapi lebih dulu dipotong oleh sang mama.

"Dek, mandi dulu sana. Abis itu bantuin mama masak ya ? Nyiapin buat makan malem, mau ngga ? Kalo ngga nanti mama nyuruh abangmu aja", ucapnya pada Rain.

"Ih jangan, sama Rain aja, jangan sama bang Acil. Pokoknya mama cuma boleh sama Rain, yang lain ngga boleh", ucapnya posesif.

"Rain, ja-

papanya hendak kembali menginterupsi namun kembali dipotong oleh sang mama.

"Yaudah, buruan sana mandi. Kalo lama nanti mama nyuruh abang aja", godanya pada Rain.

"Ihh, dibilang jangan. Ini Rain cepet, tunggu ya ma !! Jangan manggil bang acil", ucapnya yang lantas berlari menuju kamarnya meninggalkan kedua orang tuanya di ruang keluarga.

"Jangan terlalu sering dimanja gitu, Rain juga sekali-kali mesti dikasih pengertian biar jangan terlalu manja", ucap Wira pada istrinya.

"Kapan aku manjain dia ? Waktuku malah lebih sedikit ke dia dari pada yang lain. Dia malah lebih banyak diasuh sama kakak-kakaknya ketimbang sama aku sendiri. Selagi masih di batas wajar, ngga papa aku manjain dia.

Aku ngga mau sampe nanti aku ngga bisa deket sama anak-anakku. Waktu yang kita punya buat deket sama anak-anak cuma sedikit, kita jarang kumpul bareng sama mereka, dan aku ngga mau nyia-nyiain waktu itu dengan berbuat yang ngga seharusnya ke mereka.

Ngga semua hal harus dikerasin, kalo masih bisa diobrolin baik-baik, di omongin dengan pelan, ya aku bakal coba. Tegas itu soal gimana cara kamu ngasih tau mereka soal batasan-batasan yang harus mereka tau. Tegas ngga selalu soal keras mas, kalo masih bisa pake cara lembut kenapa harus dikerasin ?", ucap istrinya yang lantas membuat dirinya kagum sekaligus merasa bersalah.

"Aku ngga mau sampe anak-anakku nanti nasibnya sama kaya aku. Segan sama orang tua sendiri. Aku mau jadi mama yang bisa memposisikan diri sebagai orang tua sekaligus temen buat mereka. Jadi mereka bisa terbuka tapi tetap tau batasan untuk bisa menghargai dan menghormati aku sebagai orang tua", lanjutnya.

Rain(coat) Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang