"Cieeee yang semalem ngerepeat lagu galau yang sama terus menerus udah bangun. Galau kenapa sih, Kak? Cowok?"
"Ih, nguping." Kataku sambil duduk di kursi meja makan tepat di depan Mama. "Lagunya bagus aja, Ma. Bukan didengerin karena galau." Lanjutku yang tentu saja bohong karena aku dengerin lagu itu sambil bayangin adegan ciuman yang mungkin aja berkesan buat Kevin.
Guess what? aku bahkan semalem sampe ngeriset seberapa banyak aktor dan aktris yang cinta lokasi setelah shooting drama/film. Beberapa yang akhirnya menikah — kayak Hyun Bin dan Son Yejin bikin aku nangis tersedu-sedu lebay.
"Yah, kirain udah ada cowok yang ngobrak-abrik hati kakak."
Aku geleng sambil berdecak. "Ini ibu ibu liat anaknya galau bukannya nggak terima malah seneng."
"Ya kamu sih, Kak, udah lama banget nggak pernah bawa atau sekedar cerita masalah gandengan. Tau nggak tante Vera yang ada jambulnya itu? Masa dia sampe nyeletuk jangan-jangan kamu sukanya sama sesama jenis. Katanya di Facebook lagi ngetrend gosip kaya begitu."
"Astaga Tante Vera kalo ngomong. Enggak lah, Ma. Udah pokoknya Mama gak usah khawatir. Nothing wrong kok sama aku. Aku masih normal, aku juga ada pandangan buat nikah. Tapi jangan ditanyain mulu kapan, karena aku juga nggak tau. Pasti ntar kalo udah saatnya juga nikah.
"Terus sekarang tujuan kamu tuh apa, Kak? Kamu disuruh ambil bagian di perusahaan gak mau, ditanyain sama Papa mau memulai bisnis apa biar disokong juga belum ngasih jawaban. Mau S2? Mau nyoba tinggal di luar negri? Atau apa?"
Aku diem. Aku punya alasanku sendiri soal ini dan aku rasa lebih baik keep sendiri aja daripada nggak di support, ya kan?
"Oh ya, kalo nggak ada acara, dateng ya besok ke acara amal. Semua sepupu sepupu kamu juga dateng."
Aku cuman mgangguk.
"Kianna percakapan kita hari ini bukan berarti Mama mojokin kamu yang belum nemu tujuan hidup kamu, tapi Mama cuman—"
"Aku ngerti kok maksud Mama."
Nggak, sebenernya aku nggak ngerti. Aku merasa Mama mojokin aku barusan.
Dan aku sedih.
☁️
Aku cerita semuanya ke Kevin.
Iya, aku dateng ke apartemennya. Don't get me wrong, aku sama dia udah sering kaya gini dan nggak akan pernah kejadian hal yang enggak-enggak — walau jujur aku pernah berharap.
Kevin itu tipe cowok yang menghargai perempuan. Nggak mata keranjang dan nggak nyebelin. Dia sama aku dan Navya beneran baik. Makanya kita bisa temenan lama.
"Ya lagian lu emang gabisa ditebak, Ki. Mau lu apa sih sebenernya? Masa depan lu mau lu gimanain?"
"Kalo gue tau, menurut lu gue bakalan kayak gini nggak sekarang?" Kataku agak nyolot sambil natap Kevin sebel. Posisinya dia nggak liat aku, dia lagi fokus sama cup ramen instannya. Punyaku masih aku geletakkin di meja karena masih panas.
"Make sense." Responnya. Udah. Gitu aja.
"Kalo kerja di perusahaan keluarga lu aja kenapa emangnya? Lu kan pinter. Pasti dibimbing juga. Nggak mungkin kan kalo 'takut' jadi alesannya?"
"Emang bukan itu alesannya." Akhirnya aku ngeraih cup ramen instan itu dan duduk di lantai, duduk di sebelah Kevin. "Lu tau kan sepupu sepupu gue kayak gimana kelakuannya? Gue muak ada di dunia bisnis yang kaya gitu. Lu harus jaga muka, jaga reputasi, lu harus liat berbagai macam ketidak-adilan, intinya, ah lu tau lah, Vin, semakin besar bisnis, semakin lu kerja di tempat yang banyak uangnya, semakin banyak juga hal kotor yang lu liat? Nggak mungkin dunia entertain adem-adem aja, kan?"
KAMU SEDANG MEMBACA
Sunshine.
FanfictionMenikahi perempuan kaya raya nggak pernah ada di wishlist Rama karena sebagai laki-laki yang bertanggung jawab, tentunya dia ingin membahagiakan keluarga kecilnya dengan kemampuannya sendiri. Namun, bagaimana jika perempuan itu adalah Kianna? Model...