A Bad News Called Aurel

2.7K 99 15
                                    

Sebelum beralih ke cerita utama, gue ngerasa mesti ngejelasin satu hal ini. Ya, ngejelasin masa-masa begajulan dulu. Masa-masa absurd, ketika game online merajalela, bikin gue jadi penghuni tetap warnet. Bikin gue mindahin alat mandi berikut baju, celana, beserta dalemannya ke loker warnet. Dan untuk orang-orang yang pernah ketagihan internetan dan game onlen di warnet, kayak gue ini, masa-masa itu bisa di bilang sebagai salah satu masa tersuram dalam hidup kami.

Semacam jaman kegelapan, dimana kami menyembah berhala elektronik berbentuk seperangkat personal computer minus printer; mengagung-agungkan game online; mengundi asmara lewat dunia maya.

Anjirrr, bahasa gue keren loh di bagian itu.

Tapi serius. Game online adalah salah satu faktor krusial penyebab adanya transisi hidup gue dari cowok biasa aja jadi cowok jarang pulang, mesum, dan berandalan. Intinya, gue jadi salah satu dari sekian banyak orang yang kecanduan game online dan internet chatting pada masa itu.

Semua ini berawal pas gue mulai kenal sama Nexia; dedengkot game online yang bikin gue masuk ke lingkaran setan per-gaming-an Indo. Nexia itu game epik (pake 'K' biar Indonesianis), grafis setara Nintendo jadul yang pake layout 2D, leveling yang susah, batasan ini-itu dimana-mana, dan berbayar. Ya, berbayar. Udah mesti bayar bill warnet, kita juga mesti bayar voucher yang di keluarin sama developer game online-nya untuk mainin game tersebut untuk kurun waktu sekian jam. Lah, tekor kan? Oyajelas. Kecanduan game online pada masa itu jauh lebih berbahaya dari kecanduan narkoba. Pedih. Ada duit dikit bawaannya pengen ke warnet. Bisa maen berjam-jam, bahkan seharian. Bahkan gue jadi sering cabut sekolah biar bisa maen Nexia di jam-jam server lagi sepi. Ngehindarin lag, ceritanya.

Aaahh... ancur lah pokoknya.

Nah, terus dari semua kerugian itu, apa yang masih bikin gue getol maen game-nya? Kelebihan game online itu, yang paling penting, cuma satu: bisa ngobrol sama user lain yang online. Kalo sekarang, orang-orang bisa ngeledek gue norak, tapi percaya deh, di jaman 2004 itu tuh, ngobrol sama orang lain secara jarak jauh dan terkoneksi internet yang istilah gaulnya disebut chatting, itu sesuatu banget. Jadi kalo pun di masa itu kita disebut norak, at least kita ga sendirian, bro. Ga ada yang lebih asik dari norak berjamaah.

Lepas dari Nexia –dan mesti say farewell sama temen-temen seperjuangan di sanague bisa sedikit nafas lega. Ngg... bukan gue sih, tapi dompet gue lebih tepatnya. Iya, ga lama itu juga. Abis itu kedamaian pelajar-pelajar unyu seumuran kami digempur oleh game-game online lain. Sebut saja Mawar, 16 tahun (nama disamarkan). Ups, salah. Sebut aje Redmoon, Laghaim, Gunbound, dll, dst, dsb. Tapi itu ga cukup, soalnya ga terlalu ngasih efek parah. Game-game itu bagus, bagus banget, but not addictive enough.

Ini dia, game kampret pertama yang bikin gue nganggep warnet itu adalah rumah kedua.

Meet Ragnarok Online, game bergrafis 2D untuk layout karakter dan 3D buat desain dunianya. Nah, ini dia biang keroknya. Fitur-fitur di game ini emang jempolan bener, paling bisa bikin nagih. Fitur dari game macemnya: Leveling, ngumpulin equipment; armor dan weapon langka, sistem kartu, segala macem monster dari yang unyu kayak poring sampe yang beringas kayak baphomet, bikin guild, War of Emperium, job class character, chatting, bikin room chat..., sampe fitur ilegal alias kesepakatan sendiri-sendiri antar user kayak punya couple, mojok, chatting mesum, pesta rusuh di kota, ngeledek char-char nubi, whoaaah..., pokoknya banyak deh! Hampir semua fitur sejenis dari Nexia ada di Ragnarok Online (disingkat RO). Berikut fitur-fitur baru yang manjain pemainnya. Ibarat cewek, RO adalah definisi sempurna dari semua tipe yang cowok mau dari seorang cewek.

Dari game ini juga, makin memperkuat istilah LDR (Long *fucking* Distance Relationship) dan pacaran di dunia maya--game online, khususnya. Para LDR-ers ga cukup chatting di mIRC, merambah ke Ragnarok Online –disingkat RO, sekedar ngingetin aja kali-kali aja situ lupa singkatannya– dan mulai bikin lapak buat mojok disana. Hunt bareng, chat bareng, ke kota bareng, leveling bareng, semua serba bareng. Mungkin gue bisa asumsiin jangan-jangan mereka makan bareng, pipis bareng, sampe boker bareng.

The MAD TripTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang