Apa yang lebih baik dari duduk beralas tiker, di pinggir pantai sambil nikmatin suara debur ombak, ngelilingin api unggun yang hangatnya sanggup mengusir dinginnya angin laut kala malam? Ada. Ngalamin semua itu, ditambah pesta barbekyu dan minum es kelapa. Apalagi kalo di kelilingin tiga cewe tjakep, aih, makin sempurna lah liburan gue.
Pesta barbekyu di pinggir pantai depan homestay ini seakan ngebayar rasa pegel luar biasa gara-gara abis gowes sepeda selama perjalanan pulang dari Tanjung Barat. Mungkin karena pas kesananya gue dalem keadaan panik, jadi ga terlalu berasa efek kram di otot betis gue. Eh, pas pulangnya, masaolooohhh... kaki gue sampe gemeter saking ga kuatnya genjot sepeda.
Tapi katanya, laki-laki mesti bisa ngelampauin batasannya sendiri. Dan berhubung gue gengsi ngaku capek di depan yang lain, yaudahlah, paksain terus sampe mampus, yang ujung-ujungnya malah di bonceng Aurel gara-gara kaki gue kram parah, dan malah nyusahin banyak orang. Emang, yang namanya maksain segala sesuatu itu ga baik. Ckckck.
"Makanya, kalo capek tuh ngomong, ga usah gengsi," begitu celetuk Aurel sambil nyodorin gue sepiring penuh sate cumi. "Cobain deh, Agus pinter bakarnya. Enak loh," tambah dia.
Gue nyomot satu, terus langsung nyaplok. Lah iya enak! "Gue ga gengsi," gue ngasih pembelaan atas statemen Aurel tadi, "maksudnya tuh ga mau nyusahin orang. Lagian salahnya tuh gue ga pemanasan tadi."
"Ya makanya, ujung-ujungnya malah nyusahin orang."
"Iya deh yang kesusahan gara-gara boncengin. Ga ikhlas amat lo boncengin gue perasaan."
"Haaahh, Bi... Ebi," Aurel ngedesah berat, "apa sih yang ga ikhlas buat elo? Nungguin lo aja gue rela kok, apalagi cuma boncengin. Remeh itu sih. Gue itu ngasih tau, biar kalo ada apa-apa nanti kedepannya bisa antisipasi, ga bikin kerepotan di tengah jalan. Coba kalo kayak tadi, lo kram terus sampe meringis kesakitan gitu, kita yang ngeliatnya juga kasian kan."
"Iya, bagus ada Bang Agus yang bisa ngasih pertolongan darurat," timpal Devi yang lagi ngipasin bara bareng Agus.
"Ebi sih emang dari dulu suka maksain, udah gitu susah di bilangin. Sukurin itu mah, akibat ngeyel sih," sambung Manda, yang makin nyudutin posisi gue. Hiks.
"Terus gimana kakinya? Udah enakan?" tanya Aurel.
"Kalo udah bisa kabur ngehindarin jitakan lo, berarti udah enakan ya?"
"Kamu sih emang kabur mulu," Manda nyeletuk iseng di sela kegiatannya nyetem gitar, "sama aku aja kabur. Waktu sama Aurel dulu kabur juga ga?"
Oke, gue mulai ambil langkah mundur teratur. Ini kalo di terusin bisa gue lagi yang kena ujung-ujungnya.
"Oh, jadi kamu ditinggal kabur dia juga?" tanya Aurel ke Manda. Terus, si toge ini ngelirik gue, tajem banget.
"Apa?" Gue masih berusaha ngotot, padahal udah jelas salah. "Shit often happen, coy. Can't help, laaa~"
Aurel malah nyerang gue lewat nyinyiran level kritikus yang ada di goodreads.com. Pedes, langsung, dan bikin kuping panas. Dia juga bilang, kalo gue yang sering kabur dan ngilang itu udah kayak orang ngutang terus ditagih debt collector. Wuuushh, ngilang tanpa jejak. Muncul lagi terus langsung ngerasa kayak ga punya masalah.
"Doyan banget sih ga selesein hubungan," omel Aurel lagi.
"Bukan... ga... selesein... cuma," aduh, gue keabisan kata-kata ini, "keadaan... gue kan... haaahhh..."
"Ah, alibi. Keadaan lah disalahin. Senior ga boleh gitu, ckckck," tambah Manda, yang bikin gue ga bisa ngomong apa-apa lagi.
Akhirnya, gue cuma bisa narik napas panjang. Kampret emang ini cewek berdua.
KAMU SEDANG MEMBACA
The MAD Trip
Romansa"Ketika satu liburan mengubah semuanya, dan membuatmu percaya bahwa tiap orang bisa mewujudkan mimpinya." Semesta selalu punya cara unik nan ajaib untuk mengubah hidup manusia. Dan untuk Ebi, perpanjangan tangan semesta itu hadir lewat sebuah libura...