Another Days Without You

2.4K 78 18
                                    


Pik. Kesadaran gue perlahan-lahan mengumpul, seiring rasa ngantuk yang berangsur-angsur ngilang. Mata gue mesti mengerjap beberapa kali, sampe pandangan ga blur lagi. Duh, kepala gue berat banget sih, pening...

Gue pelan-pelan bangun dari tidur, lalu duduk di kasur, punggung nempel sama tembok. Kucek-kucek mata sebentar, di lanjut nguap dan ngulet. Nah, segala persiapan bangun tidur kelar juga. Gue lalu ngelirik jam dinding, mastiin ini jam berapa.

"Ebuset, masa gue tidur cuma 3 jam?"

Jarum pendek di jam dinding nunjuk ke angka 5, sementara jarum panjangnya ada di angka 2. Dan gue inget banget, gue baru tidur jam 2 pagi. Itu pun gara-gara lembur ngerjain tugas kuliah. Tugasnya klise, bikin rupa tiga dimensi. Itu masih gampang. Terus rupa tiga dimensinya di warnain. Itu bagian paling susahnya.

Tuh, tugas gue, anteng ada di meja belajar. Malah, saking pengen khusyuknya gue ngerjain, gue sampe kunci kamar biar Eno sama Tara kagak masuk dan berpotensi ngehancurin karya rupa gue. Wah, kalo sampe ancur mah, bakal gue sleding mereka sampe lulus sekolah.

Karena ini materi baru, jadinya tugas prakteknya masih belom ada konsep. Tema bebas. Ya karena bebas, gue bikin aja rupa beha. Ukuran 36D, kurang dahsyat apa coba. Terus, buat gantiin dada, gue bikin rupa semangka. Abis itu gue kasih bingkai layout instagram, lengkap sama ribuan like dan komen-komennya macem, "wuih, gede yo susune" "kalo ada di tengahnya gimana tuh ya" dan "mantap, rikues yang pake kaos ketat tapi no bra gan".

Gue mah totalitas kalo bikin karya. Masalahnya, entar dapet nilai berapa ini. Ah, yang penting udah kelar lah. Urusan nilai serahin aja sama Yang Maha Kuasa. Sama kayak soal rejeki, maut, sama jodoh.

Eh, jodoh? Ahelah, sekip!

-o-

"Bi, kamu yakin mau tetep ngampus? Itu mata kamu item loh, kurang tidur banget kayaknya," kata Nyokap. Nyokap nyodorin gue segelas susu putih anget, sama sepiring nasi goreng telor mata sapi. "Kamu akhir-akhir ini Mama perhatiin begadang mulu. Ngapain sih emang?"

Aaahh, emang paling enak itu abis mandi, seger, udah siap-siap, dan sebelum berangkat ngampus di sediain sarapan begini. Ntap.

"Insom, Mommy," jawab gue asal. Gue langsung nyantap sarapan gue. Wuih, emak enak nasi goreng si monster bawel ini~

"Insom palalu kotak!" Wadaw, Nyokap langsung teriak, dan suaranya pasti kedengeran sampe ke tetangga sebelah. "Ga usah sok gaul lu jadi anak, kagak ada pantes-pantesnya! Bilang aja kagak bisa tidur!"

"Yaelah, gitu doang. Biar kekinian. Lagian juga kalo begadang emang kenapa? Yang penting bisa bangun pagi, kan?"

"Bisa mati kamu tau ga kalo kurang tidur begitu terus," bales Nyokap, lalu duduk di kursi depan gue. "Mama heran Bi, kamu abis pulang liburan tiba-tiba jadi rajin begini. Jadi nerusin kuliah, cari-cari kerja meskipun cuma freelance, rajin gambar-gambar lagi. Biasanya kamu malesnya ga ketulungan loh."

"Ha hehrus?" Gue ngunyah dulu aja deh, baru lanjutin ngomong. "Bukannya bagus Ma, Ebi jadi rajin?"

"Ya bagus sih, Mama suka ngeliatnya. Tapi... kok mendadak amat? Apa ada sesuatu ya selama disana yang bikin kamu berubah drastis gini?"

Gue menggeleng. Ada sih, cuma ga mau bilang aja.

"Terus... Manda kemana Bi? Kok udah ga ada kabarnya lagi?"

Kunyahan gue berenti, dan sebelum Nyokap nangkep perubahan ekspresi di muka gue, buru-buru gue telen makanan di mulut, minum susu beberapa teguk, lalu udahin sarapan. Gue langsung ambil tas selempang di meja, juga karya rupa yang gue namain "the beha" ini. Ga lupa, gue salim sama Nyokap, terus pamit berangkat.

The MAD TripTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang