-o-O-o-
"Bi, maneh ngigo?" tanya Nandar. Emang suka ga di rem ini cowok kalo ngomong.
"Kok mendadak Bi? Ahelah...." Nah kalo ini si Fatih. Cowok paling ambekan di kelas.
"Seriusan? Berarti sekarang terakhir masuk dong?" Rini, si ketua kelas ikut-ikutan nanya.
"Terus sama Manda gimana?" Kali ini, ditambahin satu pertanyaan krusial dari Merry. Cewek blasteran bule-sunda. Pertanyaan yang paling ga pengen gue jawab.
"Duhilah Bi, hayu lah bikin pesta perpisahan. Kita siapin lampu disko, masukin lagu-lagu ajojing di komputer kelas, terus jejingkrakan sampe sore. Apa mau dirumah aku aja? Muat kok sekelas juga." Kalo yang bilang ini, si Miskha. Cewek hiperaktif yang doyannya jejingkrakan di lantai dansa. Cewek paling gila kedua yang gue kenal setelah Manda. Yang gue kira, otaknya udah gesrek. Sumpah, ga ada jaim-jaimnya jadi cewek.
Selama jam istirahat pertama, gue dicecer abis-abisan sama temen-temen sekelas. Kaget adalah respon pertama mereka setelah gue kasih tau kalo bakal pindah. Beberapa dari temen deket gue ga terima sama kepindahan gue, dan nyaranin buat ngekos aja di kota ini. Usulnya bagus sebenernya, cuma... andai bisa sesederhana itu. Ada yang bikin gue ngerasa berat untuk ninggalin keluarga.
Satu alesan setelah gue ngeliat luka kedua orangtua gue, yang disembunyiin mati-matian dari anak mereka.
"Ga bisa, gue ga bisa jauh dari keluarga. Soalnya, gue anak pertama. Kalo Bokap-Nyokap gue lagi ga bisa jagain adek-adek, siapa lagi yang ada buat mereka kalo gue ga ada?"
Semua langsung diem.
Semalem, gue udah ngambil keputusan. Meski berat, gue seenggaknya coba buat jalanin ini. Coba untuk ambil bagian dan jalanin peran sebagai salah satu anggota keluarga. Gue lahir di keluarga ini, dan seharusnya gue nemenin mereka, Bokap dan Nyokap, ke manapun kepala keluarga ngebawa kita semua. Rasanya, gue pengen mereka bagi sedikit beban yang ditanggung ke anaknya. Cuma biar mereka tau, gue peduli. Meski ga bisa berbuat banyak, tapi sebisanya gue bakal selalu ada. Bareng-bareng selayaknya keluarga.
Meski... kudu pisah sama orang yang gue sayang. They say, ada harga yang harus dibayar.
"Udah ngomong sama Manda?" tanya Merry lagi, masih dengan pertanyaan senada. Gila, ga nyerah juga dia nanya yang kayak gini.
Gue diem. Itu, disitu bagian terberatnya. Gue mesti ngalamin dua kali bagian dimana harus pisah sama orang yang gue sayang. Dulu, gue ga bisa. Terlalu takut untuk bilang, dan malah nyerahin semuanya sama keadaan. Harus gitu ya gue ngulangin kesalahan yang sama, tenggelam dalam ketakutan yang itu-itu aja? Kayaknya engga. Mungkin, gue bisa coba dengan ngejalanin hubungan jarak jauh ini.
Ga ada salahnya dicoba.
"Nngg... nanti pas pulang kali ngomongnya," jawab gue akhirnya. Lirih.
"Berarti sekarang beneran terakhir masuk? Yaoloh Bi...."
"Jangan lupain kita-kita ya."
"Semoga dapet banyak temen di sekolah baru nanti."
"Ah, si Ebi mah kan suka ngabodor, pasti cepet lah dapet banyak temen."
Gaes, gue kira di hari terakhir gue sekolah, bakal dapet pelukan dari temen-temen sekelas. Taunya engga, cuma nada-nada lirih tanda ga mau pisah. Gue pernah liat di film bioskop kalo misal cewek yang pindah sekolah, itu tuh temen-temen ceweknya pada melukin. Bahkan ada yang sampe nangis-nangis. Tapi gue? Ga ada satupun temen cewek gue yang meluk. Ternyata drama di bioskop itu boong adanya. Hemeh.
Dan hari ini, waktu seakan ngebut dengan kecepatan ga terkira. Hari-hari sekolah yang selama ini terkesan berjalan lambat, tiba-tiba berubah ga nyantai. Terlalu ga santai....
KAMU SEDANG MEMBACA
The MAD Trip
Romance"Ketika satu liburan mengubah semuanya, dan membuatmu percaya bahwa tiap orang bisa mewujudkan mimpinya." Semesta selalu punya cara unik nan ajaib untuk mengubah hidup manusia. Dan untuk Ebi, perpanjangan tangan semesta itu hadir lewat sebuah libura...