Truth is Painful, Fearful... (I)

2.1K 82 1
                                    

Kapal kayu kecil yang kita naikin kini merapat, berbarengan sama datengnya kapal-kapal kayu gede yang angkut wisatawan domestik ke pulau ini. Ada dua kapal baru yang merapat ke dermaga, sementara dari kejauhan sana satu kapal keliatan menuju kesini. Ga heran sih, besok tanggal merah. Pantes banyak orang pengen liburan.

Setelah merapat sempurna, gue giring ketiga cewek ini naik ke dermaga beralas beton. Sekarang, gue ngerti rasanya jadi gembala. Buat ngurusin satu domba aja susah banget, apalagi sekarang; ada tiga domba ngeyel yang ribet. Domba bersusu besar pengen makan mie rebus, domba langsing mau mandi, sementara domba berbokong bulet pengen ke pantai.

"Ga bosen-bosennya lo ya sama pantai. Di bawa pulang aja pasirnya buat maen dirumah," kata Aurel sinis. Nadanya sinis. Kalimatnya sinis. Pandangannya sinis.

"Pasirnya ditaro di bak, terus dikasih wangi-wangian gitu ya," celetuk Manda, nambahin.

Aurel sama Devi diem dulu sebentar. Butuh beberapa detik buat otak konslet mereka cerna ledekan terselubung Manda. Gue? Jelas langsung ngerti. Jangan remehin kemampuan nge-bodor gue ya. Yeah, cuma itu yang bisa gue banggain soalnya.

"Buat tempat e'ek kucing dong?! Emang aku kucing apa!" Akhirnya, Devi sadar juga. Aurel langsung ketawa ngakak, mungkin lagi ngebayangin juga apa jadinya kalo ada kucing berpantat bulet. Pasti berat hidupnya, di incer pejantan buat kawin mulu. Ckckck.

Setelah gue bujuk dengan berbagai sepik, akhirnya Aurel dan Devi mau juga buat tunda kepengenan mereka, dan ganti baju juga bersih-bersih dulu. Bentar, kenapa juga gue ngurusin liburannya orang lain? Lah gue aja punya liburan sendiri yang belom kelar kok. Apalagi, semuanya balik ke tempat yang sama; homestay gue sama Manda. Ini mereka berdua kan punya cottage, bagus lagi, kenapa malah milihnya ke tempat gue sih?

"Bang Agus, abis ini kita ngapain?" tanya gue. Lupa susunan rundown-nya ish.

"Istirahat dulu, terus nanti makan siang. Saya bawakan nanti ke homstey. Sorenya, nanti kita ke Tanjungan Barat. Jalan-jalan naik sepeda sekalian liat sunset," kata Agus.

Wih, asik dong ya naik sepeda~

Akhirnya, kita semua sampe di depan homestay. Devi sigap ngeluarin kunci dari kantongnya, terus langsung buka pintu. Berhubung tadi pagi gue sama Manda tinggalin mereka, jadi gue serahin urusan homestay ke Devi. Manda langsung ngacir ke kamar mandi, disusul Devi. Untuk beberapa saat, gue juga berniat pengen nyusul mereka; untung aja gue buru-buru eling.

Agus pamit pergi untuk urus sepeda dan makan siang. Jadilah cuma gue dan Aurel yang tersisa, bengong di depan homestay. Gue ga ngerti kenapa sama ini cewek, tapi semenjak dari villa Pak Salim tadi, Aurel keliatan aneh. Dia yang biasanya galak ke gue sekarang malah kalem. Malahan, gue rasa... dia berusaha jaga jarak. Entah kenapa.

Kami saling duduk di lantai teras, terjebak di suasana hening. Sama-sama buang muka, ga natap satu sama lain. Eh, engga sih. Gue masih sesekali tatap muka Aurel kok. Ada perubahan dari mukanya emang, dibanding dulu. Lebih cantik. Aurel yang sekarang juga pinter dandan. Disamping perubahan yang siginifikan, masih kesisa beberapa hal yang masih sama dengan yang dulu. Aurel masih suka ngebelo-beloin matanya yang sipit. Kalo dulu dia bilang, 'biar mirip sama cewek Jepang'. Ah, tapi emang sebenernya dia ga sipit-sipit amat sih. Cuma, cewek ini aja yang kurang pede.

"Bi, gue mau nanya?" Di ujung hening, akhirnya Aurel bersuara.

"Nanya apaan? Kalo yang aneh-aneh gue ga mau jawab ya."

"Engga kok," Aurel geleng kepala. "Ini serius sih. Tapi gue malu nanya nya."

Gue hampir aja ga bisa nahan ketawa ngakak kalo aja ga inget jarang-jarang Aurel bersikap kayak gini. Tumbeeeeen amat dia malu, apa yang mesti dibikin malu coba?

The MAD TripTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang