"Bii, pegangin!"Gue ngulurin tangan ke Manda, terus narik tangannya kuat-kuat. "Buru ah. Ribet nih!" omel gue.
Dalam satu lompatan, Manda nyeberang dari sisi kapal ke landasan beton. Akhirnya, gue dan Manda resmi nginjek pulau Tidung. Gimme applause, gimme applause, yeeeeey~!
Gue merhatiin sekeliling, sementara Manda sibuk nelepon tour guide-orang dari Gino – yang katanya stand by di dermaga, tapi kok ga muncul-muncul juga. Ternyata meski hari Senin, tapi banyak juga yang ke pulau ini untuk liburan. Ada dua kapal kayu gede yang (menurut pengamatan sotoy gue) ke pulau ini; satu yang kita tumpangin, dan satunya yang udah duluan sandar di dermaga. Bagus deh kalo rame, soalnya kalo sepi malah parno sendiri gue nya. Penakut ya? Biarin!
"Dimana orangnya? Udah kesini?" tanya gue.
Manda angkat bahu. "Nomernya ga aktif, Bii. Gimana dong?"
"Lah, terus? Masa kita nunggu sampe malem?" bales gue, panik. Ini mulai ga lucu, sumpah deh.
Manda gandeng gue keluar dari gerbang dermaga, lalu duduk di emperan alun-alun yang berada di lapangan, tepat di belakang dermaga. Gue dan Manda pun istirahat sebentar sekalian nunggu dengan muka bête. Disamping seorang cowok item berambut keriting. Mas-mas gitu. Kayaknya sih orang pulau sini.
"Aku capek. Istirahat dulu aja ya, Bii? Sambil nunggu kan," pinta Manda.
Gue nganggukin permintaannya. Mau gimana lagi? Kan dia yang punya acara. Meski gue masih ngotot soal kejelasan status kita di sini, tapi emang buat sementara ini ga ada yang bisa dilakuin selain nunggu. Yah, sambil nunggu nomer yang dikasih Gino ke kita aktif juga sih. Sementara kita berdua lagi melepas penat, gue inget kalo gue beli rokok Dunhill Mild pas tadi mau jalan dari rumah. Saking gugupnya di liburan ke pulau gue yang pertama, gue sampe lupa buat ngerokok. Waks, am I that nervous?
Sialnya, gue baru inget kalo gue ga ada korek. Mau nyalain rokok pake apa? Gesek-gesek batu? Keburu anta rokoknya entar.
Iseng, gue nanya Manda. "Man, ada korek ga?"
"Ish, emang aku ada tampang perokok apa, Bii?" jawab dia, ketus. Lah, emang korek buat nyalain rokok doang? Bisa aja kan buat... buat apa ya? Sialnya, gue ga nemu kegunaan lain dari korek selain buat nyalain rokok di zaman ini.
Lama gue bengong, sampe akhirnya cowok di sebelah gue ini ngeluarin sebungkus Sampoerna Mild merah dari kantong, berikut dengan koreknya. Dia nyalain rokok, terus dengan baik hati nawarin gue koreknya. Aih, ramah pisan orang pulau mah.
"Makasih Bang," kata gue sambil nyalain rokok. "Nih, koreknya saya ba—"
Belom sempet koreknya gue balikin ke yang punya, Manda sigap nyamber korek di tangan gue, berikut rokoknya. Cepet banget, mirip maling. Terus dia dengan entengnya nyalain sebatang rokok, hembusin tarikan pertama. Lalu senyum cengengesan ke gue. Sejak kapan Manda ngerokok?
"Makasih ya Bang," kata Manda sambil balikin korek.
Gue natap Manda, sinis. Pake banget. "Katanya lo ga ngerokok? Kok—"
Lagi-lagi, Manda motong kalimat gue. "Kata siapa aku ga ngerokok?"
"Loh, tadi ngomongnya?"
"Aku kan cuma nanya 'emang aku ada tampang perokok ya Bi?', bukan 'aku kan ga ngerokok'. Kamu gimana sih. Makanya, jangan suka kebiasaan menyimpulkan segala sesuatunya cepet-cepet," gerutu Manda. "Kesel aku sama kamu," lanjutnya.
Gue cuma bisa diem. Diem nahan KZL. Harusnya gue yang kesel. Seharusnya. Tapi inget, emosi ga akan bawa kita kemana-mana. Untuk ngadepin tipe orang kayak gini, mesti banyak-banyakin sabar. Cuma itu kuncinya. Mau sabar sampe kapan? Itu masalahnya. Kalo misal (ini baru misalnya ya) gue udah abis kesabaran juga udah gue sikat miring-miring ini cewek.
KAMU SEDANG MEMBACA
The MAD Trip
Romance"Ketika satu liburan mengubah semuanya, dan membuatmu percaya bahwa tiap orang bisa mewujudkan mimpinya." Semesta selalu punya cara unik nan ajaib untuk mengubah hidup manusia. Dan untuk Ebi, perpanjangan tangan semesta itu hadir lewat sebuah libura...