Hooaaaaahhmm... kucek-kucek mata bentar, dilanjut ngulet, terus buru-buru ngumpulin nyawa yang masih bleberan, belom balik ke badan. Gue ngelirik ke jam dinding, oh belom subuh ternyata. Hnngg... gue sengaja bangun pagi, nyolong start ngeduluin ayam. Seakan ada yang ngasih tau: kalo hari ini lo ga bakal nyesel bangun pagi. Seperti biasa, rutinitas pagi ini dimulai dengan ngaca. Yah, sekedar ngecek ada kerak iler yang nempel di muka apa engga. Disgusting banget ga sih gue? Yaiks!Pagi ini terasa lain. Yap, gue bisa ngerasain firasat bahwa akan datang sesuatu yang menakjubkan, emejing, keren, dahsyat. Well, agak berlebih ya ekspektasinya. Yah... minimal menyenangkan lah. Seminimal-minimalnya, ga bikin ribet. Terburuknya, ga akan ada yang terjadi. Loh, firasat kok bikin galau?
Nyerempet galau... rasanya, gue lagi ada di fase itu sekarang. Let me tell you this straight, gue ada di fase terburuk dari galau. Dan kalo udah nyampe fase itu, berarti udah parah banget. Gue-udah-ada-di-fase-hampir-ga-bisa-ngerasain-apa-apa-lagi. Satu derajat lebih baik dari mati rasa. Dan buat sekedar catetan aja, galaunya gue beda.
Galau karena pacar? Gue ga punya pacar.
Berarti galau karena jomblo dong? Duh, catet ya.
I'M SINGLE.
Mereka (those love experts) bilang: single itu prinsip, sementara jomblo itu nasib. Gue sebenernya masih ga ngerti sama perbedaan antara singel dan jomblo. Tapi gue curiga, adanya klasifikasi kayak gini tuh murni semata-mata karena soal harga diri. Yailah, bray, coba kita pikir deh. Siapa sih yang mau ngaku kalo dirinya itu jomblo? Gengsi? Woya jelas! Adanya gengsi dan sebagai bentuk pertahanan diri untuk menyelamatkan diri sendiri di muka publik, maka, lahirlah definisi baru dari singel. Terbukti, status absurd itu berhasil jadi pedoman para pacarless di seantero Indonesia untuk membenarkan diri mereka.
Ironisnya, gue termasuk.
Ooh, berarti akhirnya galau karena jomblo?
.....
Tokai onta.
Eniwei, gue selalu punya kebiasaan brainstorming pas baru bangun tidur. Kok? Alesannya sederhana. Kita, manusia, adalah makhluk yang penuh dengan alesan. Salah satu alesan yang paling gampang ditemuin di pagi hari adalah: ga gesit buat memulai aktifitas pagi dengan alesan mesti ngumpulin nyawa. Waktu lo jadi kebuang, dan urusan-urusan yang seharusnya bisa segera dikerjain jadi ketunda. Dan untuk alesan itu, gue udah nemu solusinya. Overthinking di pagi hari bakal akselerasi otak lo buat segera ngumpulin kesadaran. Efek sampingnya, kita semua tau kalo mikir berlebihan itu bisa merenggut kebahagiaan. Dan berhubung lagi ga ada yang bisa bikin gue bahagia, jadi ga masalah kalo kebahagiaan gue kerenggut. Singel mah bisa apa sih, kalo bukan ngebahagiain diri sendiri. Biar ceria ya ketawa sendiri, kalo lagi down ya nyemangatin diri sendiri. Ngenes. Gue malah punya temen, yang saking depresinya karena jomblo, singel, whatever... dia ngirim SMS ucapan selamat malem ke nomernya sendiri.
Akhir dari proses overthinking gue pagi ini: jangan ngeremehin dampak dari kesendirian. Saking ga pengennya orang ngelaluin segala sesuatunya sendiri, orang bahkan rela ngelakuin apa aja asal bisa ditemani.
Acielah. Gue ya... masih pagi, belom cuci muka apalagi mandi, tapi otak udah gaduh gini. Dan gue macemnya orang bego, baru sadar ngomong sendiri di depan kaca-di waktu pagi buta.
Iseng, gue nengok ke kalender. Tanggal 11, hari Minggu. Oh, Minggu. Gue masih inget, siklus apa yang rutin gue lakuin beberapa bulan lalu, tiap akhir pecan ini:
Bangun siang -> Sarapan -> Ditelepon pacar -> Mandi -> Jemput pacar dirumahnya -> Nungguin doi berhasil bikin alis yang sempurna -> Jalan -> Berantem -> Nganterin pulang -> Makan -> Baikan lewat BBM -> Tidur
KAMU SEDANG MEMBACA
The MAD Trip
Romance"Ketika satu liburan mengubah semuanya, dan membuatmu percaya bahwa tiap orang bisa mewujudkan mimpinya." Semesta selalu punya cara unik nan ajaib untuk mengubah hidup manusia. Dan untuk Ebi, perpanjangan tangan semesta itu hadir lewat sebuah libura...