Our Farewell

2.8K 100 54
                                    

Haaahhh, hari ketiga. Akhirnya, sampe juga kita semua di penghujung liburan ini. Ada banyak banget yang gue alamin selama dua hari kemaren, dan semua itu seakan nyadarin gue akan jalan yang selama ini gue lupain karena sibuk lari dari kenyataan. Hiks. Tapi Ebi yang tukang lari itu kini udah berubah kok, jadi Ebi yang pemberani. So, bring it on, troubles! I'm all fired up!

Kayak biasa, gue jadi orang pertama yang bangun. Gue ngelongok ke layar hape, oops, jam setengah 5. Entah ya, gue ga pernah ngerti apa alesannya gue bisa selalu bangun pagi. Kalo gue inget-inget, kebiasaan ini dimulai dari pas jamannya gue lagi rajin-rajinnya belajar tiap abis subuhan. Dulu, waktu udah balik lagi ke Jakarta. Karena gue pindah di waktu yang mepet dan mau Ujian Nasional, gue mesti dapet nilai di atas rata-rata di tiap mata pelajaran supaya gue bisa lulus dan jadi modal buat kuliah. Dan katanya, belajar pas subuh itu lebih efektif dari belajar malem.

Maka jadilah kegiatan itu berlanjut ke kebiasaan. Bahkan sampe sekarang, pas kuliah gue ancur-ancuran, kebiasaan bangun pagi itu ga pernah bisa ilang. Seringnya, banyak waktu yang gue pake buat bengong; mikir ga jelas yang ga ada juntrungannya.

Cuma... kali ini kayaknya gue mesti pake waktunya buat mikir sesuatu: kejelasan hubungan gue sama Manda. Semalem, orangnya sendiri yang nanya apa yang mau gue lakuin ke dia...

Katanya, apapun keputusan gue, itu nentuin keputusannya juga...

•••

Manda ngajak gue ngomong penting, cuma berdua sementara yang lain udah mulai tidur gara-gara kecapean. Kadang, gue masih bisa kaget kalo dia nunjukin muka seriusnya di antara semua ekspresi konyol dia. Obrolan sepenting apa yang bisa bikin muka sampe dia ketekuk gitu?

"Ini apa lagi yang mau di bahas sih?" tanya gue, bingung.

Manda ga jawab. Dia cuma natap gue lama, saking lamanya sampe bikin gue naik tingkat dari kebingungan jadi mencoba peka dengan mikir gue salah apa sama dia. Apa ini gara-gara gue tadi mutusin senar gitarnya jadi dia ga bisa main gitar kali ya?

"Bi, aku serius mau nanya," kata dia, akhirnya.

"Ngomong aja sih nanya apaan," gue celingukan sebentar, suasana pantai malem ini makin sepi, dan gue makin ngerasa ga nyaman di luar malem-malem gini, "tumben banget sih lagian. Biasanya juga apa-apa tinggal nyeplos aja."

"Ini soal kita."

Oke, gantian gue yang diem. Diem, diem, diem, terus... gue senyum tolol. Ini... 'kita' ini maksudnya apa ya?

"Aku lumayan kaget loh, aku kira pas aku bilang mimpi kita udah ga sama lagi, kamu mau nyerah. Tapi kenapa kamu masih mau nyari aku?" lanjut dia.

"Lah, pertanyaan apaan itu? Bukannya udah jelas--"

"Yang itu ga usah di jawab," potong Manda. Sumpah, Manda kalo versi serius gini malah bikin gue grogi. Matanya natap lurus ke gue, ga pernah sekalipun berpindah fokus. Seakan, kayak lagi nyari jawaban yang muncul di sorot mata gue. "Aku seneng, karena kamu ga kayak dulu. Kalo dulu, kamu akan langsung nyerah sama keadaan. Itu yang bikin aku kecewa sama kamu, dulu. Tapi aku rasa sekarang kamu udah cukup berani untuk makin maju ke depan. Nah, karena itu...

"Kamu berani ga untuk maju lebih jauh lagi?"

Oke, sekarang gue masuk fase pengo. Bengong. "Maju lebih jauh lagi ini maksudnya gimana?" tanya balik gue, polos nyeplos apa adanya.

"Kamu... berani ga, rebut aku dari tunangan aku? Dan lagi, kamu berani ga nanggung resikonya? Apa kamu berani untuk anggap aku seberharga itu?"

.....

Oioi, tolongin gue ini. Gue mesti jawab apaan?!

Sejujurnya, gue mau banget bisa balikan sama Manda, mau jadi orang yang ada di sisi dia, dan sebaliknya. Cuma gue ga bakal sampe tega hati ngerusak hubungan yang udah tercipta lama. Gue ga mau egois, cuma mikirin perasaan sendiri. Serius, hubungan setara pertunangan itu ga main-main, itu ngelibatin dua keluarga di dalemnya. Kalo mau di pikir pake logika dan hati (acielah hati, eh serius!) perasaan gue ke Manda seberharga perjuangan yang gue lakuin buat dia. Tapi, di atas semua itu, Manda sendiri adalah yang paling berharga dari semuanya. Kalo misal gue ngerusakin hubungan yang udah ada, yang jelek bukan cuma gue doang, tapi Manda juga. Dan gue ga bisa ngeliat orang yang gue sayang nerima semua itu.

The MAD TripTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang