Hamas : Ad, pulang kuy lah!Saad : Bentar lagi...
Hamas : Yaelah baca Quran-nya di rumah aja sik!
Hamas bete. Ini hari Kamis dan tadi siang dia puasa. Mereka habis makan malam di pecel ayam di dekat perapatan tak jauh dari kampus, dan Saad malah ngajak mampir lagi ke masjid kampus. Segala shalat tasbih plus khatam Al Kahfi bareng Bima, Shidiq, dan Ben.
Ini masjid kampus rasa hotel, sumpah. Fajar malah pernah nginep di masjid kampus pas ribut sama bokapnya.
Ben : Kenapa kita disunnahkan baca Al Kahfi ya tiap malam Jumat?
Shidiq : Kenapa ngga?
Hamas : Apa sik lu, Diq, kaga banget jawabannya!
Saad : Kasih tahu, Bim...
Bima : Biar akhi Shidiq yang kasih tahu, Ad...
Hamas : Batu lo semua. Orang nanya malah dilempar-lempar.
Shidiq : *ketawa*
Saad : Karena ada hadits-nya atuh, Ben. Ibadah tanpa dalil ya pasti tertolak.
Ben langsung mengeluarkan ponselnya. Siap mencatat.
Saad : Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum'at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum'at. Hadits riwayat An Nasa'i dan Baihaqi.
Bima : Dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shohihul Jami' nomor berapa ya... gue lupa.
Saad : Ya segitu lah. *cengengesan*
Ben : Disinari di dua Jumat itu apa?
Ben pertanyaannya banyak. Udah kayak mualaf.
Bima : Maksudnya, wajah antum bercahaya.
Shidiq : Meski jelas lo udah cakep sih. Perawatan gitu lho! He he he.
Saad : Bersinar itu ngga selalu ganteng. Karena ketampanan itu kan relatif. Disinari di sini bisa dimaksudkan dengan dimudahkan dalam mencari jalan. Tahu headlamp? Sinarnya di kening, tapi fungsinya menyinari jalan kita. Semacam itu.
Ben : *angguk-angguk* Tapi kok pada baca sekarang? Kan Jumat baru besok?
Shidiq : Sekarang juga udah masuk Jumat, sob. Kan udah bakda Magrib. Sampe besok lagi sebelum Magrib. Bagusnya sih kelar sebelum shalat Jumat.
Ben : Gitu ya? *ambil mushaf* Surat berapa deh?
Kata delapan belas terlontar dari Bima.
Hamas yang manyun. Sebab dia ingat, dia ngga semudah Ben dalam memahami suatu hadits. Malah sempat ribut dulu dengan Saad gara-gara Hamas keukeuh udah ganteng, jadi ngga perlu cahaya lain lagi di dua Jumat.
Hamas : Ngga jadi pulang nih?
Saad : Bentar lagi, Mas. Jam sembilanan kelar.
Shidiq : Mau ke mana sih lo? Buru-buru amat. Lagian, pulang mah pulang aja sih. Rumah lo sama rumah Saad beda kan?
Hamas tambah manyun.
Hamas : Diem lu, Diq. Gue mau nginep di kontrakan Saad.
Ben : Nginep mulu lo di rumah Saad. Ada apaan sih di sana?
Hamas : Kepo aja lau!
Bima : *cengengesan* Udah jangan ribut. Ganggu orang Tilawah aja!
Duduk bersila, berdekatan, dengan punggung melengkung dan kepala merunduk...
Kelimanya kembali fokus ke mushaf masing-masing.
Menghiasi yang wajib dengan yang sunnah.
Selamat membaca Al Kahfi bagi yang disempatkan :)
Hamas : Baca Al Kahfi 1 kali
Saad : Disinari di 2 Jumat
Bima : Yuk, baca Al Kahfi!Gw : Kuy lah adek adek emeshiiin '~')/
KAMU SEDANG MEMBACA
[✓] HAMASSAAD Ukhayya Habibi
SpiritualSeason 1 Hamas : "Weh, sebagian bab diunpublish, yang mau lengkap, beli dong novelnyeheheew!" Saad : "Tapi dahulukan yang penting ya." Hamas : "Lah, kita kaga penting, nyet???!" Saad : "Astaghfirullaahal'adzhim..." *elus...