13: Vœux

2.8K 548 11
                                    

13

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.


13

Udah hampir 4 hari sejak pendaftaran SNMPTN mulai dibuka dan gue adalah satu dari sekian banyak siswa Indonesia yang belom masukin data.

Apa gue udah punya pilihan? Udah. Tapi labil.

Enggak jauh dari fisip dan fib pada awalnya, sejak gue kelas sepuluh juga niatannya itu.

Lalu fh mulai mempengaruhi seluruh pilihan gue.

Emang kurang ajar.

"Lo masih belom bisa nentuin mau di jurusan apa?"

Gue menoleh ke arah kanan, ada Fika yang juga lagi masukin buku-buku bimbelnya ke dalem tas dan Dea yang ngelakuin hal yang sama.

Gue ngegeleng.

Milih jurusan ini udah berasa pilih pasangan hidup ya. Kalau salah, cuma bisa nyesel dan berharap waktu bisa berputar mundur.

Kenyataan gak cukup baik buat ngebalikin semua hal yang kita sesalin jadi yang hal kita mau.

"Eh gue duluan ya. Yugyeom udah di depan."

Gue dan Fika mengiyakan sebelum Dea menghilang dibalik pintu.

.

.

Kalau gue bilang di detik-detik terakhir ini gue berubah jadi labil banget, laki-laki di sebelah gue juga ga beda jauh.

Udah setahun lebih sejak Jaehyun cerita kalau orangtuanya pengen dia masuk fakultas kedokteran. Dan hingga saat ini, dia belom juga nentuin pilihannya.

"Kalau kata orang-orang sih pilihnya sesuai keinginan kamu aja. Lagipula kan kamu yang ngejalanin."

Ngasih advice ke orang bisa, mengadvice diri sendiri malah nol besar.

"Aku takut malah ngecewain mereka." Jaehyun ngencengin genggamannya sama setir di depannya.

Hampir semua orang pernah ngerasain ini, takut kecewa, baik ngecewain diri sendiri ataupun orang lain.

Mungkin rasa takut ini juga yang bikin gue stuck, belom ngelangkah lagi dan ngambil keputusan tentang fakultas-fakultas ini.

"Tal."

Gue nengok, "Yes, Jay?"

"Kalau aku kuliah di luar negeri gimana?"

.

.

Gue mulai ngestarter lalu mundurin mobil sampai keluar dari garasi.

Rumah udah sepi, Ibu sama Ayah udah masuk kamar. Gitu juga sama Bang Taeil dan Jihan yang entah kemana.

Sesaat setelah Jaehyun nanya pendapat gue kalau dia sekolah di luar negeri, gue speechless.

"Ya ... ya gak apa-apa sih."

Tapi suara gue gak bisa diajak kompromi, banyak banget keraguan di dalem situ.

"Berarti kita bakal ldr?"

"Emangnya di mana?" Tanya gue, nolak ngejawab pertanyaan dia.

"Mungkin Cornell atau UCB," Jaehyun ngegigit bibir bawah dia. "Tapi belom fix kok."

Tapi dia udah nanya, ada rencana, dan tentu aja ada kemungkinan wacana itu berubah jadi fix.

Gue gak ngelarang, malah jadi salah satu orang yang bangga kalau dia berhasil masuk ke universitas-universitas terbaik dunia itu.

Walaupun apa yang gue lakuin sekarang adalah nyetir mobil ini tanpa tujuan, intinya gue biasa aja. Atau setidaknya sedang berusaha biar biasa aja.

Terserah mau hati gue meraung-raung kek, Jaehyun beneran daftar Cornell kek, pokoknya gue bakal baik-baik aja dan dukung semua keputusan dia.

Ah, seandainya segampang itu.

"I Choose ...."Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang