Tanda Baca Itu Penting?

6.2K 1.2K 180
                                    

Tanda baca tuh penting enggak sih?

"Kak, tanda baca tuh penting enggak sih?"

Kalau ada yang nanya ke gue sih, enggak usah mikir ampe bolak-balik lebaran langsung gue jawab; PENTING!

Pengertian tanda baca :

Tanda baca adalah simbol yang tidak berhubungan dengan fonem (suara) atau kata dan frasa pada suatu bahasa, melainkan berperan untuk menunjukkan struktur dan organisasi suatu tulisan, dan juga intonasi serta jeda yang dapat diamati sewaktu pembacaan.

- Wikipedia

Jadi, gini ya pembaca yang budiman, tanda baca tuh salah satu hal atau komponen yang mendukung dalam dunia sastra. Oke, gue tahu sastra tuh luas banget ya. Tapi, sekarang fokus dalam tulisan gue ini adalah prosa, yang mana dalam prosa ini tanda baca sangat penting (cmiiw).

Contoh deh :

Contoh A
Ucup sedang terbaring diatas tanah lapang yang sangat luas. Ia menatap pada langit berharap bahwa hujan tiba dan menerpa dirinya yang malang ini sampai kalau bisa diharapkan si Ucup akan sakit esok harinya.

Contoh B
Ucup sedang berbaring di atas tanah lapang yang luas. Ia menatap pada langit; berharap bahwa hujan tiba. Mungkin dirinya menginginkan hujan deras itu menerpa dirinya, lalu esok hari ia dapat berasalan bahwa ia tak enak badan.

What do you think about it? Kalian lebih nyaman baca contoh A atau B? Coba deh kalian buka part Viewers vs Kualitas Cerita di situ gue kasih satu contoh cerita yang bikin sakit mata, sakit pikiran, sesak napas, menangis tersedu, kepala pening (oke gue lebay) dan kalian perhatikan deh. Jujur aja, meski tulisan gue masih dalam tahap berkembang, tapi ya seenggaknya gue udah lumayan paham dengan tanda baca ini.

Buat kalian yang emang nulis karena asal, gue minta tolong nyambi belajar tanda baca enggak ada salahnya 'kan? Enggak rugi buat kalian juga.

Buat yang tulisannya udah terbit dan menyempatkan diri mampir, gue cuma mau bilang terus berlatih ya. Apalagi sampai tulisan lu udah terbit tapi lu enggak paham tanda baca sama sekali, aduhh.

Kalau gue nempatin tanda baca tuh kaya gini, lu masak sayur asem tapi gak kerasa gurih sama asemnya, jadi hambar. Nah, tulisan yang tanda bacanya mengenaskan itu ibarat sayur asem yang rasanya cuma air tawar doang, hambar cuy!

Oke, karena gue lagi berbaik hati, yang mau nanya seputar tanda baca, komen aja ya. Nanti gue jawab sebisa gue di lain part atau di komentar kalian.

[K1] Bad Things in Wattpad ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang