Dikendalikan oleh khayalan atau mengendalikan khayalan?
kha·yal n 1 lukisan (gambar) dalam angan-angan; fantasi: apa yang diceritakan itu -- belaka; 2 yang diangan-angankan seperti benar-benar ada: cerita --;
kha·yal·an n 1 yang dikhayalkan; hasil angan-angan; fantasi; rekaan; 2 angan-angan: ia hidup dalam dunia ~;
- Kamus Besar Bahasa Indonesia
Simpelnya gini, kalian nulis itu jadi budak khayalan atau kalian tuan dari khayalan itu?
Banyak yang langsung bilang jadi tuan 'kan? Tapi, pernah enggak sih kalian tuh mikir kalau kalian jadi budak dari tulisan kalian sendiri. Misal gini ya, kalian tuh nulis, punya tokoh, biasanya kan ada outline* tuh, nah harusnya si tokoh ini mati, karena kebawa suasana jadi si tokoh ini hidup dan akhirnya happy ending.
:))
Di sini bukannya lu itu jadi budak tulisan lu sendiri? Sadar enggak? Kalau versi orang gila mengatakan bahwa lu merasa tokoh lu ngomong sama lu. Ya, ini sih creepy bagi gue ya. Karena gue tuh kalau nulis, ya gue penulisnya, gue yang punya kehendak, gue juga yang handle tulisan gue, bukan sebaliknya. Apalagi sampai ada request dari pembaca yang bilang, "Kak, jangan bunuh dia lah."
Di sini gue yang nulis, kalau emang udah dari awal gue mau dia mati, ya bakalan konsisten sampai akhir. Ini juga nih yang buat beberapa cerita yang gue baca ya, awalnya bagus, sedih senangnya dapet, terus tuh akhirnya malah maksain kaya sinetron gitu. Aturan nih kalau logika orang normal, kalau dia udah kena penyakit stadium gitu-gitu ya mati 'kan? Mungkin emang bisa hidup, tapi kudu jalanin terapi ini itu. Untuk sembuh total juga kalau ada keajaiban doang, dan perbandingannya tuh paling 1% kali. Terus ini, dia udah stadium 4, stadium 4 breh! Terus akhirnya dia sembuh dan hidup normal.
AUTO LEMPAR BANGKU KE AWAN-AWAN!
Gini ya pembaca yang budiman, secinta apa pun kalian sama tulisan kalian, jangan buat tulisan yang kesan fiktifnya tuh kebangetan (kecuali tulisan lu fantasi) dan nih ya, jangan gampang kepengaruh sama pembaca dan setan-setannya. Karena semua kendali adalah milik penulis, bukan milik orang lain :)
So, jangan mau dikendalikan oleh khayalan lu, tapi kendalikanlah khayalan lu!
Selamat menulis semua :)))
Note :
Outline adalah kerangka, regangan atau garis besar. Jadi outline merupakan rencana penulisan yang memuat garis besar dari suatu karangan yang akan digarap dan merupakan rangkaian ide-ide yang disusun secara sistematis.Sc : google
KAMU SEDANG MEMBACA
[K1] Bad Things in Wattpad ✔
Non-FictionC O M P L E T E D Buku pertama. [Harap mem-filter segala hal yang berada pada lapak ini, jangan menelannya bulat-bulat] 15+ Mengupas hal-hal yang sering kita temui di Wattpad. Bagi yang merasa kurang cocok dengan konten, silakan pergi dari lapak ini...