Kesalahan Genre

10.4K 1.4K 710
                                    

Fyi, enggak tahu ya ini penting atau enggak, cuma gue mohon maaf untuk seluruh pembaca Bad Things yang nanya pendapat, nanya soal tanda baca, nanya grup kepenulisan, atau komen lainnya jarang gue bales. Sorry, di Wattpad gue sendiri notifikasi komentar suka enggak muncul (gue juga bingung) dan inbox e-mail suka telat masuk. Jadi, buat yang nanya hal penting bisa tag gue, DM, atau ke wall juga boleh. Sorry ya, bukan enggak mau bales tapi gue sendiri juga bingung kenapa notifnya bolong-bolong (komen di bab x masuk, komen di bab y enggak). Makasih perhatiannya.

_________

Gini, kalian pasti sebagian besar udah paham apa itu genre 'kan? Jadi gue enggak perlu jelasin lagi apa itu genre.

Di sini gue mau bahas kesalahan fatal yang jarang banget disadari bahkan dimaklumi aja. So, what? Pernah enggak sih kalian perhatikan tentang,

Judul : Cowok Idaman
Genre : teen fiction

Blurb : Glenn adalah seorang cowok most wanted di sekolahnya. Bersekolah di sekolah internasional dengan jabatan sebagai ketua basket, anak dari penyumbang yayasan nomor wahid, muka blasteran, otak encer, dan segala hal yang buat kaum hawa klepek-klepek.

Suatu hari, Glenn yang dingin ini bertemu dengan seorang wanita nerd yang masuk sekolahnya saja harus melalui jalur beasiswa, penampilannya yang lugu, membuat Glenn tertarik mendekatinya. Penasaran cerita apa yang akan terjadi? Jangan lewatkan kisah romantis mereka di lapak ini.

Gue cuma elus dada sambil maki-maki dalam hati. What the---

Lu tuh paham gak sih arti dari teen fiction? Artinya tuh fiksi remaja ya kan, terus di sini yang jadi sorotan utama dalam ceritanya adalah kisah percintaan mereka. Oke, gue ulangi sekali lagi, percintaan!

Gini ya wahai teman-teman semua, yang namanya teen fiction tuh kisahnya seputar kehidupan remaja.

"Ya kan, Kak, percintaan tuh kehidupan remaja juga."

Auto lempar bangku ke atas awan :))

Sekali lagi buat pembaca yang budiman, fiksi remaja harusnya diisi oleh kisah mengenai kehidupan remaja, cara interaksi sosial mereka, problem yang sering dihadapi remaja, masa sekolah yang penuh ujian, atau cerita tentang guru lu yang killer juga its ok gitu.

Jangan kaya gini nih, setiap gue buka pencarian tentang teen fiction yang keluar blurb enggak jauh-jauh dari bad boy ketemu nerd, atau bad boy ketemu bad girl, awalnya musuhan, terus baper, pedekate, jadian, ada orang ketiga alias pelakor recehan, terus si cowok sempet berpaling, terus balik lagi ke si cewek ... ya gitu aja terus ampe gue kawin beranak tiga :))

Intinya tuh ya, hal yang didominasi oleh percintaan ya masuknya ke romance, wahai penghuni wattpad. Tapi, percintaan yang gue maksud juga pastinya si tokoh sudah berusia dewasa. Kalian bisa cari tahu ya kategori dewasa itu dari umur berapa? :)

Khusus untuk teen fiction itu memang remaja, tapi ... tapi nih ya, enggak harus lu ngikutin tenpik lainnya yang ngangkat cerita dominasi romantis. Bener-bener salah kaprah dah. Karena hidup seorang remaja enggak berputar di kisah cinta aja, ada yang penuh dengan keambisan, kerja, kuliah, sekolah, masalah keluarga, berantem sama teman karena lupa janji, dan lainnya. Intinya hidup seorang remaja itu beragam dan masih banyak banget topik yang bisa lu angkat selain kisah percintaan remaja. Boleh kok nyelipin, asal jangan menjadikan fokus utama yang membuat remaja awal mikir bahwa kehidupan remaja itu soal pacaran, ketemu cowok kece, main ke rumah doi, duh.

"Kak, lu jomlo ya makanya sensi kalau baca wattpad remaja banyak kisah cinta?"

:)))

Iya, gue jomlo dan gue bangga gue jadi jomlo yang waras. Seenggaknya gue bukan tukang halu yang demennya sama cowok fiksi, mending gue stalk oppa Korea atau liatin mukanya August dah, daripada gue ngayal babu pengen cowok cool, keren, tajir, most wanted, tapi sayang ....

CUMA ADA DI WATTPAD

WKWKWKWK

Jangan lupa vote, komen, dan follow jika menyukainya xixi. 

Bonus pict August (The Single Lawyer)

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Bonus pict August (The Single Lawyer)

[K1] Bad Things in Wattpad ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang