Kesalahan Umum dalam Tulisan pt. 2

2.9K 478 13
                                    

Kemarin kita udah bahas banyak ya (padahal cuma tiga wkwk), sekarang gue mau bahasa tentang penggunaan plot twist yang berujung plot hole. Nah loh, apaan tuh?

plot n Sas jalan (alur) cerita (dalam novel, sandiwara, dan sebagainya)

- KBBI

Plot twist adalah perubahan mendadak atau tajam dari arah plot atau cerita.

- Nulis buku.com

Plot hole adalah sebuah lubang atau tidak konsistennya suatu alur cerita ataupun film yang biasanya melawan arus dari logika, tidak relevan. Dan termasuk perilaku dan aksi dari karakter yang berlawanan dari kejadian awal dari cerita atau plot utama cerita tersebut.

- Kompasiana

Jadi, begini pembaca yang budiman. Kalian udah paham 'kan arti dari keduanya? Gue nemu di sini banyak banget cerita yang menurut gue pribadi tuh konfliknya udah bagus, matang, dan emang gue pikir dipersiapkan untuk menjadi plot twist atau kejutan untuk pembaca. Tapi, Saudara sekalian! Banyak dari cerita cerita ini 70% gagal dieksekusi oleh penulis menjadi twist yang apik, dan berujung boomerang bagi mereka; berubah menjadi plot hole.

Sebenarnya mudah-mudah sulit sih membuat kejutan dalam cerita. Sebelum dibahas lebih lanjut, gue mau kasih sedikit materi plot twist dari temen gue.

Dari sumber B ...

1. PLOT TWIST TOKOH

Nah dalam plot twist tokoh ini, yang dijadiin subjek plot twist adalah tokohnya. Contohnya bisa kita lihat dalam novel-novel detektif. Biasanya pelaku pembunuhan atau penjahat sesungguhnya ternyata adalah orang yang sama sekali nggak diduga.
Pasti kalian bertanya-tanya, gimana sih cara bikin identitas pelaku yang tidak terduga? Soalnya emang nggak gampang lho. Tapi ini gue kasih rumusnya (karena cerita detektif biasanya nggak jauh-jauh dari pola-pola di bawah ini)

1. Pelaku adalah si "aku" atau tokoh utama
2. Pelaku adalah tokoh yang penting bagi tokoh utama
3. Pelaku adalah tokoh yang sekilas nggak penting (insignificant) bagi cerita
4. Pelaku adalah tokoh yang emang seharusnya ada di cerita tersebut
5. Pelaku adalah orang yang nggak mungkin melakukannya.

2. PLOT TWIST IDENTITAS

Plot Twist ini hampir ini mirip plot twist tokoh namun lebih dalam. Bukan hanya membuka tabir "siapa si pelaku" namun juga "jati diri si pelaku ini sesungguhnya". Lihat aja semisal film "Shutter", "Fight Club", "Sixth Sense", "The Others" dan "Before I Go To Sleep", hingga "Oldboy" yang semuanya menjelaskan identitas si tokoh utama (atau tokoh lainnya) ternyata tak seperti yang diduga pemirsa selama ini.

3. PLOT TWIST MOTIF

Plot twist semacam ini gue liat mulai berkembang di film horor Korea. Film-film ini mungkin nggak terlalu mengandalkan konsep whodunnit sebab identitas pelakunya sudah jelas. Namun motif yang melatarbelakangi si pelaku-lah yang menjadi plot twist dan mengejutkan pemirsa saat diuraikan di adegan klimaks/endingnya.

4. PLOT TWIST SETTING

Nah, plot twist setting tidak menggantungkan diri pada karakter, melainkan setting, bisa berupa "waktu" dan "tempat".

5. PLOT TWIST ALUR

Plot twist ini menurut gue sangat brilian, namun cuman sedikit cerita yang mengeksplorasinya. Plot twist ini mengandalkan alur dan hubungan antarkarakter, dimana subplot cerita yang berbeda ataupun tokoh-tokoh yang sekilas tidak berhubungan ternyata pada akhir cerita diceritakan memiliki takdir yang saling terkait.

Jadi, sampai sini sudah paham?

Kenapa gue mau bahas plot twist berujung plot hole? Karena, dari sekian jenis alur kejutan itu banyak yang gagal dan malah menambahkan masalah baru (re : alur berlubang).

Jadi, gimana nih Kak caranya buat plot twist supaya berhasil?

Agar plot twist yang kalian buat bisa pas dan sesuai tujuan cerita, perhatikan lima hal berikut ini:

1. Buatlah plot twist yang unik. Plot twist harus dieksekusi dengan cerdas dan dipersiapkan dengan baik.

2. Kamu harus menyamarkan twist tersebut, sehingga ketika terungkap semua akan masuk akal.

3. Keberadaan plot twist harus membuat cerita terus bergerak maju. Plot twist lebih dari sekadar mengejutkan pembaca. Plot twist harus punya fungsi terhadap cerita.

4. Plot twist menciptakan situasi menarik yang membuat pembaca penasaran. Jika pembaca bisa menebak twist-mu sebelum saatnya, twist tersebut harus tetap bisa menghasilkan situasi yg menarik.

5. Plot twist adalah bagian cerita. Fokus membangun twist yang keren memang bagus, tapi jangan sampai mengabaikan bagian lainnya.

Dikutip dari materi Plot Twist oleh Zheitama (gue lupa uname wp-nya)
- klubsastra

Yang mau request bahasan tentang kesalahan umum bisa inline komen.

[K1] Bad Things in Wattpad ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang