bakat /ba·kat /n 1 alamat (tanda-tanda bahwa sesuatu akan terjadi): -- hujan; 2 dasar (kepandaian, sifat, dan pembawaan) yang dibawa sejak lahir: ia memiliki -- melukis (menyanyi dan sebagainya); 3 bekas; kesan; tanda-tanda (luka dan sebagainya): -- banjir yang melanda kampung itu masih tampak jelas; -- pasang di pantai;
- Kamus Besar Bahasa Indonesia
Menulis itu bakat?
Coba komen di bawah, menurut kalian menulis itu bakat bukan?
Actually, semua hal yang kita lakukan ini pasti berdasarkan bisa atau tidak bisanya. Maksud gue gini, lu ngelukis nih ya, nah lu kalau emang bisa dan sanggup pasti bakal telaten sampai akhir. Lain halnya kalau lu orang yang setipe sama gue, yang mana gue kalau gambar bukannya menghasilkan seni malah jadi gambar enggak jelas bentuknya.
Soal bakat, menurut gue sih ya, bakat itu seperti yang tertera pada KBBI nomor dua, yaitu kepandaian. Maksudnya tuh, lu niat enggak niat melakukan sesuatu, pasti hasilnya bagus karena bakat. (Cmiiw)
Jadi tuh, kalau nulis itu menurut gue pribadi ya, menurut gue sih dibilang bakat ya gimana ya, tapi kalau diremehkan juga gimana ya?
Mungkin bukan bakat nulis sih tepatnya, bakat mengolah kata atau bakat berdiksi. Kalau nulis nih semua orang pasti bisa 'kan? Buktinya sekarang cerita wattpad udah banyak ragam, banyak gaya penulisan, banyak pola-pola, ya intinya mah setiap orang bisa nulis. Cuma, cuma nih, yang mampu mengolah kata dengan baik itu sedikit banget, ditambah yang bisa nulis, bisa ngolah kata, paham kepenulisan, itu wahh ... dikit banget kali (khusus di wattpad ya).
So, gini deh, gue open semua pendapat, kritikan, saran, hujatan, asal pakai bahasa yang sekiranya masih sopan lah. Urusan yang mau diskusi bareng, sok atuh, komen aja ya.
Untuk bagian ini, gue khususin semua orang bebas berkomentar. Kalau nanti udah banyak komentar, gue buatin satu part kesimpulan dari komentar kalian. Masalah orisinil dari komentar kalian? Tenang, gue enggak suka nyolong, pasti gue tag lah.
Komentar gue tutup pada 31 Agustus 2018.
Yang mau rekomen part selanjutnya mau bahas apa, bisa inline comment di sini.
KAMU SEDANG MEMBACA
[K1] Bad Things in Wattpad ✔
No FicciónC O M P L E T E D Buku pertama. [Harap mem-filter segala hal yang berada pada lapak ini, jangan menelannya bulat-bulat] 15+ Mengupas hal-hal yang sering kita temui di Wattpad. Bagi yang merasa kurang cocok dengan konten, silakan pergi dari lapak ini...